Selasa, 16 Oktober 2012

Power Rangers - An Everlasting Kids' Superheroes

sumber: williambrucewest.com
Siapa yang tidak kenal dengan superhero yang satu ini? Power Rangers adalah salah satu acara tv anak yang masih eksis sampai sekarang. Keeksisan acara ini bermula dari tahun 1993 yang diprakarsai oleh munculnya Mighty Morphin Power Rangers. Kemudian, berbagai seri Power Rangers terus bermunculan sampai sekarang. Tetap dengan identitas Power Rangers, tetapi dengan konsep yang berbeda-beda.

Nah, berdasarkan kekagumanku atas Power Rangers, aku ingin mengulas hal-hal mengenai Power Rangers.

FAKTA-FAKTA

1. Ranger merah selalu menjadi pemimpin, kecuali di serial Mighty Morphin Power Rangers di mana ranger putih (Tommy) ditunjuk sebagai pemimpin.

2. Formasi umum Power Rangers terdiri atas tiga orang laki-laki dan dua orang perempuan.

3. Sosok Zordon (orang dalam tabung yang membimbing para rangers) eksis dari serial Mighty Morphin Power Rangers sampai Power Rangers in Space. Di edisi selanjutnya, dia tidak dimunculkan lagi karena dia mengorbankan dirinya dengan menyumbang energi untuk menghapuskan kejahatan di episode terakhir Power Rangers in Space. 

Zordon
4. Alpha 5, robot pembantu para rangers, eksis dari Mighty Morphin Power Rangers sampai Power Rangers Turbo. Dia dikenal dengan jeritan khasnya "Aye-yi-yi-yi-yi!"

Alpha 5
5. Power Rangers sudah dua kali diangkat ke dalam bentuk film, yaitu Mighty Morphin Power Rangers The Movie (1995) dan Turbo: A Power Rangers Movie (1997)

6. Monster-monster yang menjadi musuh Power Rangers selalu membesar apabila sosok ukuran normalnya sudah dihancurkan.

7. Lagu utama Power Rangers adalah "Go! Go! Power Rangers" yang dipakai untuk soundtrack Mighty Morphin Power Rangers, Mighty Morphin Alien Rangers, Power Rangers Zeo, dan Power Rangers Samurai. 

8. Terhitung ada empat serial Power Rangers yang mengambil tema alam/hutan/binatang sebagai konsep ranger mereka, yaitu Power Rangers Lost Galaxy, Power Rangers Wild Force, Power Rangers Dino Thunder, dan Power Rangers Jungle Fury. Power Rangers Mystic Force juga berhubungan dengan alam, tetapi tema mereka lebih menonjol pada mistik/sihir.

9. Para rangers sering berbalik ke belakang apabila musuh sudah dihancurkan.

10. Ranger merah, kuning, dan biru selalu ada di setiap serial Power Rangers.

11. Quantum ranger hanya muncul sekali, yaitu di Power Ranger Time Force. 

12. Power Rangers selalu mempunyai robot di setiap seri.

Nilai moral yang dapat diambil dari serial ini...

Kerjasama
Power Rangers selalu menekankan pentingnya bekerja sama dalam menghadapi masalah. Anggap saja para monster itu adalah masalah, maka Power Rangers bersatu dalam menghadapinya dan mereka selalu menang (jagoan kan nggak pernah kalah ya =))).

Mengabdi pada masyarakat
Para rangers juga digambarkan sebagai sosok yang mementingkan kepentingan umum daripada kepentingan mereka sendiri. Mereka menjadi rangers untuk mengabdi dalam membasmi kejahatan yang dapat mengganggu orang banyak. Nilai pengabdian ini paling menonjol di Power Rangers Lightspeed Rescue dan Power Rangers SPD. 


Pantang menyerah

Setiap kali para rangers mendapat tekanan yang berat dari musuh-musuhnya, mereka mendapat kesulitan yang berarti. Ini membuat mental mereka diuji. Namun, mereka tetap berusaha untuk kuat dan bangkit kembali untuk melawan musuh mereka.

Kepemimpinan
Ranger yang menjadi pemimpin untuk setiap seri ini digambarkan sebagai sosok yang paling menonjol. Biasanya, dia adalah juru bicara/perwakilan dari para ranger yang dia pimpin. Dia merupakan orang yang paling bijak dan paling bisa memotivasi teman-temannya untuk terus maju.

Partisipasi masyarakat
Power Rangers adalah figur yang sangat dipercaya oleh masyarakat. Maka dari itu, masyarakat yang mendukung Power Rangers juga ikut berpastisipasi dalam melawan kejahatan. Ini sangat terlihat di episode terakhir Power Rangers in Space di mana saat itu kekuatan Power Rangers benar-benar hilang dan mereka tidak bisa berubah. Kemudian mereka berbaur di tengah kerumunan orang. Saat Astronema bertanya tentang keberadaan Power Rangers, satu persatu warga di sana mengaku sebagai Power Rangers untuk melindungi ranger yang sebenarnya.

Yang tidak perlu dicontoh...


Berpakaian terlalu ketat

Kostum Power Rangers memang terlalu ketat. Pakaian ketat berakibat tidak baik bagi tubuh.


Berpose sebelum menyerang musuh

Pose-pose keren yang ditunjukkan Power Rangers hanya sebagai hiburan semata, biar keren aja. Kalau ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka kita akan diserang duluan sebelum selesai berpose.


Oke, cukup sampai di sini dulu review soal Power Rangers. Apabila teman-teman menemukan fakta lain ataupun hal-hal yang perlu diperbaiki dari tulisan ini, bisa beri komentar di bawah tulisan ini.


Untuk info lebih lanjut mengenai Power Rangers, kalian bisa akses:
* Wikipedia Bahasa Indonesia
* English Wikipedia
* The Official Power Rangers Website



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...