Jumat, 28 Desember 2012

Yang Menarik Saat SMA (Part 3)

Namanya juga Pribadi Bilingual Boarding School. Kalo udah ada kata "Boarding", itu berarti ada program pengumpulan siswa sekolah dalam sebuah bangunan untuk menjalani suka duka bersama dalam suatu aturan yang ditetapkan oleh atasan. Kata lainnya adalah asrama. Jadi, untuk siswa yang berasal dari luar Bandung, tidak perlu khawatir kalau kalian akan tersesat dan tak tau arah jalan pulang. Tinggal bayar uang asrama, trus tinggal. Beres. (kelihatannya mudah banget gitu ya bilang kayak gini)

Di part ini, aku akan mengulas fakta-fakta mengenai asrama. Tapi perlu dicatat juga bahwa asrama yang aku bahas ini cuman asrama cewek. Kalo mau tau tentang asrama cowok yaa tanya anak cowok lah.

Check it out~!

1. Asrama utama terletak di Komplek Cikutra Baru
ini asramanya. sekarang warna catnya ungu (bayangkan sendiri)

2. Khusus untuk anak kelas 12 yang akan mengikuti ujian nasional dan ujian masuk universitas, disediakan tempat khusus yang disebut "Rumah UN", terletak di Cikutra Baru Permai.

3. Tidak semua siswa Pribadi menetap di asrama. Untuk kelas 12 cewek aja hanya 15 dari 43 yang tinggal di asrama. Ini dikarenakan lokasi sekolah Pribadi yang berada di perkotaan sehingga mudah dijangkau. 

4. Agar kegiatan di asrama terawasi, disediakan beberapa pembina asrama yang umumnya berasal dari Turki, Indonesia, dan negara-negara Asia Tengah (Turkmenistan, Kazakhstan, Tajikistan, dan sejenisnya). Kami memanggil mereka "Abla" yang berarti "kakak perempuan" dalam bahasa Turki. 

5. Untuk yang beragama Islam, kegiatan shalat berjamaah rutin dilaksanakan. Setelah shalat, biasanya ada pembacaan tesbihat (semacam wirid gitu deh, tapi versi Turki) 

6. Agar belajar lebih terkontrol, biasanya ada kegiatan self-study pada pagi dan malam (dua sesi). Kegiatan ini disebut etut. Diadain tiap hari, kecuali weekend.
kira-kira begini kegiatan etutnya. ada ruangan khusus.
7. Untuk memenuhi kebutuhan ngemil anak asrama, disediakanlah "Kantin Jujur Asrama". Dinamakan kantin jujur karena tidak ada yang menjaga kantin ini. Jadi, ngambil sendiri, bayar sendiri, kembaliannya juga ambil sendiri. Yang penting jujur. 

8. Bagi yang ingin berolahraga, tersedia jogging track di area asrama.
jogging track
9. Tiap tahun ada foto asrama (maksudnya anak-anak asrama ngumpul buat foto bareng, sebagai kenang-kenangan)
Ini contohnya.
10. Biasanya ada kegiatan sohbet (sejenis rehberlik, tapi yang ngadain pembina asrama. Kalau belum tahu rehberlik itu apa, bisa baca yang part 2). Sekarang sih jadwalnya nggak nentu, tergantung pembina asrama pengen ngadain kapan. 

11. Anak asrama wajib tidur pukul 22.00. Jam segini biasanya abla-abla sudah berpatroli keliling kamar. Bagi yang berkepentingan di atas jam itu, misalnya nonton bola (ehem), izin dulu gan. 

kamarnya kurang lebih begini lah
12. Bagi yang senang ngegosip nggak usah takut ketinggalan berita. Ada TV di ruang makan yang siap untuk ditonton. 

13. Anak asrama sering diundang buat makan di rumah guru Turki. Kalau menerima undangan seperti ini, perut harap dikosongkan karena biasanya ada tiga sesi sekali makan. (Pengaruh budaya juga sih)

14. Sofa asrama cukup unik. Soalnya selain bisa jadi sofa, bisa juga jadi tempat tidur. Sofa ini disebut koltuk.
LIHAT SOFANYA AJA YA

Koltuk versi Google

begini loh bentuk koltuk-nya kalo dijadiin tempat tidur
Apabila ada hal-hal yang masih belum dimengerti, perlu ditambahkan, atau yang ngelanggar privasi, kasih feedback aja ya. Fakta-fakta mengenai asrama cukup sampai sini aja. Masih ada kok part-part lain mengenai SMA ini yang masih belum dibahas. Jadi, sampai jumpa di part selanjutnya yaa~~

Thanks to:
- Sri Rizki Ananda a.k.a Abla Kiki
- Situs Pribadi Bandung
- Google Images 
atas foto-fotonya
- Nur Annisa Fitri, atas saran dan koltuk-nya :p




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...