Minggu, 18 Agustus 2013

Mengungkap Identitas "Anokata" (Part 1)


Sebagai penggemar manga Detective Conan, rasanya sudah lama sekali aku mengikuti perkembangan cerita ini. Dari mulai SD sampai sekarang (lulus SMA), manga ini masih belum menemui titik terang untuk mengakhiri ceritanya. Shinichi Kudo masih berbentuk Conan, Ran Mouri masih nunggu Shinichi, Kaitou Kid masih belum ditangkap, dan misteri terbesarnya adalah: identitas dari bos Black Organization (BO) yang sampai sekarang masih belum terungkap juga. Bos ini biasa disebut dengan nama “Anokata” atau “That Person”.

Kemisteriusan sosok Anokata dalam anime ini membawa dampak yang tidak biasa bagiku. Aku yakin, Aoyama Gosho benar-benar pintar ngebawaku ke kehidupan Conan Edogawa dalam anime ini. Pada saat aku insomnia pada suatu malam, yang bikin aku ngeri bukannya hantu atau pencuri, tapi aku malah mikirin si Anokata. Aneh ya?

Nah, daripada Anokata dibikin galau sampai insomnia, mending aku bahas aja di post ini. Para penggemar Detective Conan merapat yuuuk!
Sebagai pembukaan, aku pengen ngebahas estimasi para fans DC mengenai identitas Anokata. Ini semua aku temui dari berbagai forum di internet.

Profesor Agasa


Fans DC banyak yang berpendapat bahwa profesor yang punya banyak penemuan aneh ini adalah Anokata. Alasannya sebagai berikut:

  1.  Pas dia nemuin Shinichi pertama kali dalam bentuk Conan, dia langsung meminta Shinichi untuk menyembunyikan identitasnya dari orang lain agar BO tidak membunuhnya atau mengincar nyawa orang-orang yang ada di dekatnya. Banyak yang berspekulasi kalau tujuan Agasa untuk menyembunyikan Shinichi adalah untuk melihat perkembangan obat APTX 4869 yang diminumin Gin buat Shinichi.
  2. Dia senang sama lagu Seven Children yang merupakan nada tombol nomor telepon untuk menghubungi bos BO.
  3. Mobilnya mirip sama Gin.

Pas mendengar pendapat yang ini, aku kaget banget. Masa iya, sih? Alasan-alasan yang tepat buat menentang teori yang satu ini adalah:
  1. Selama ini, Profesor Agasa banyak berperan dalam membantu Conan dan Grup Detektif Cilik dengan ngebikinin alat-alat canggih, bahkan sering banget ngajak mereka piknik. Masa, sih, bos BO yang berdarah dingin dan terkesan sangar melakukan hal ini?
  2. Ingat sama insiden permen karet penyadap milik Conan nempel di sepatunya Rena? Nah, dari penyadap aja Conan bisa tahu kalau Rena ternyata agen CIA. Masa, sih, Conan nggak ada nangkap gelagat mencurigakan Profesor Agasa? Padahal dia sering banget ketemu Profesor Agasa.
  3. Trus kalau dia bos BO kenapa dia nggak ngebunuh Conan dan Ai dari awal? Terutama Ai yang merupakan pengkhianat organisasi . Yaa mungkin kalau dibunuh dari awal ceritanya jadi cepat selesai dong.
  4. Kalau ngebilangin Agasa adalah bos BO berarti sama aja ngebilangin bahwa musuh terbesarnya Sherlock Holmes adalah Dr. Watson. Nggak banget ya?

Tapi akhirnya aku lega. Soalnya Aoyama Gosho-nya sendiri udah ngumumin secara resmi kalau Profesor Agasa bukanlah si Anokata. Hehehe.

Kogoro Mouri

Kenapa tiba-tiba nama Kogoro Mouri muncul?
  1.   Dia senang mabuk-mabukan. Soalnya, codename dari anak-anak BO pake nama minuman keras kayak Gin, Vodka, atau Bourbon.
  2.  Dia senang sama cewek. Apalagi, kan, dibilangin kalau anak kesayangan Anokata itu si Vermouth.
  3. Dia nggak senang kalau Ran dekat sama Shinichi.
  4. Trus ada yang bilang pas adegan si Gin pengen nembak si Kogoro gara-gara alat penyadapnya Conan ketemu di sepatunya Rena merupakan manipulasi mereka buat memancing Shinichi ataupun Shuichi Akai.

Tapi kalau dia benar-benar Anokata, kenapa dia:
  1. Nggak nyadar kalau dia dibius sama Conan selama ini?
  2. Harus menjalani profesi sebagai orang yang melawan kejahatan (dari polisi sampai detektif)?
  3. Nggak punya aura pembunuh?

Yusaku Kudou

Naaaah, kalau teori yang ini jadi lebih aneh lagi. Orang-orang bilang ayahnya Shinichi ini adalah Anokata karena:
  1.  Perkataan Haibara yang bilang kalau Shinichi udah masuk agenda BO sejak lama.
  2. Karena Yusaku adalah pengarang novel Night Baron yang merupakan nama sebuah virus komputer.
  3. Karena dia sering bepergian ke luar negeri, katanya untuk menghindari kecurigaan Shinichi kepadanya.

Bantahannya begini:
  1. Aoyama Gosho ngegambarin Shinichi-Yusaku itu like father, like son. Kalau Shinichi aja begitu, pasti diturunin dari ayahnya.
  2. Ayahnya sering mecahin kasus pembunuhan juga. Masa, sih, dia suka ngebunuh orang?
  3. Kalau dari awal si Yusaku adalah bos BO, kenapa dia harus beliin Shinichi novel Sherlock holmes sampai dia keranjingan trus terobsesi banget buat jadi detektif?

Subaru Okiya

Ini adalah sosok mencurigakan yang tiba-tiba muncul pas kasus kebakaran apartemen. Banyak yang mengira bahwa dia adalah Bourbon. Tapi tidak menutup kemungkinan juga kalau dia adalah bos BO yang langsung blusukan buat nyari si Sherry gara-gara nggak percaya lagi sama bawahannya. Masa?
Tapi belakangan ini udah diketahui bahwa Subaru Okiya ini sebenarnya adalah Shuichi Akai yang didandani sama ibunya Shinichi buat nyamar. Jadi, dia bisa langsung dicoret dari daftar ini.

Hattori Heiji

Si detektif Osaka berlogat Kansai ini dicurigai karena:
  1. Kemunculannya di kantor Detektif Mouri buat nyari Shinichi. Bisa aja alasannya buat adu analisis cuman buat nutup-nutupi kalau sebenarnya dia curiga dengan hilangnya Shinichi Kudo karena dapat laporan dari Gin.
  2. Dia pernah ngasih Conan arak Cina buat nyembuhin flu. Kan, bos BO ngasih codename bawahannya nama-nama minuman keras.

Yang ngebantah bilang kalau:
  1. Heiji itu juga kerjaannya detektif, buat mecahin kasus kejahatan.
  2. Dia juga senang ngebantuin Shinichi nyari-nyari info soal BO. Ada, kan, pas Conan pengen tau asal-usul Eisuke Hondo?
  3. Masa, sih, dia nggak langsung ngebunuh Conan pas udah tau kalau dia itu Shinichi?

Ayumi

Sebenarnya ini konyol banget kalau sampai Ayumi yang jadi bos BO. Teorinya: dia minum APTX 4869 buat dia, trus nyamar jadi anak SD. Pas dia tahu kalau ada murid pindahan yang bernama Conan, dia langsung tau kalau itu Shinichi Kudo, makanya dia suka nempel sama si Conan.

Tapi, kan, Ayumi polos banget… Dia yang menginspirasi Haibara untuk tidak lari dari kenyataan. Dia juga yang ngasih Inspektur Shiratori gelang bunga sakura dari bungkus sedotan sebagai hadiah karena telah memecahkan kasus, yang akhirnya mempertemukan Shiratori dengan cinta pertamanya, Kobayashi-sensei.

Gin

Salah satu komplotan BO yang cukup cemerlang. Ada yang bilang kalau dia senang nyebut-nyebut Anokata cuman sebagai kamuflase doang, padahal sebenarnya dialah yang merupakan bos. Tapi kalau dia adalah bos BO, ini berkebalikan banget dengan kenyataan bahwa bos BO paling senang dengan agen Vermouth, sementara Gin sendiri sering beradu argumen dengannya.

Vermouth

Anak kesayangan bos BO ini juga kerap kali dicurigai sebagai sang bos. Bisa aja, kan, kalau dia ngaku-ngaku anak kesayangan si Anokata padahal dianya sendiri yang jadi bos? Ciri-ciri si bos di manga ini juga sebagian besar diungkapkan oleh Vermouth. Namun, pas Conan diculik oleh Vermouth, Conan sempat ngeliat Vermouth menghubungi Anokata lewat HP yang pakai nada bait awal lagu Seven Children. Kecurigaan pada tokoh ini jadi agak pupus.  

Jirokichi Suzuki

Ini, lhooo, si engkongnya Sonoko yang terobsesi banget buat tampil di halaman depan koran dengan mengajukan tantangan buat Kaitou Kid. Dia dicurigai karena kaya dan sudah tua. Tapi, buat aku nggak banget, sih.

James Black

Naaaah, kata orang-orang juga, sih, si James Black yang merupakan anggota FBI ini paling memungkinkan buat jadi bos BO. Alasannya:
  1. James itu nama depannya James Moriarty, musuhnya Sherlock Holmes.
  2.  Nama belakangnya “Black” yang mengacu pada Black Organization.
  3. James dan Vermouth lama tinggal di Amerika.
  4. Haibara bilang kalau BO ngerjain project mereka itu udah setengah abad. James kayaknya cukup tua buat itu.
  5. Meskipun penyusupan Akai gagal gara-gara agen Camel, tapi kayaknya BO udah tau identitas Akai dari awal, atau setidaknya udah curiga karena mereka nggak percaya sepenuhnya sama dia. Sebagai anggota FBI, James pasti tahu soal ini.
  6. James bilang dia lahir di London, di district yang sama dengan Baker Street (tempat Holmes tinggal), tapi dibesarkan di Chicago, tempatnya Capone. Si James bilang Capone dengan ekspresi yang aneh. Haibara juga pernah bilang kalau gengnya Capone agak mirip sama BO.
  7. BO sering pake kode atau password berdasarkan misteri maupun sejarah. Ketika James memperkenalkan diri, dia ngomongin soal Holmes (tokoh novel misteri) dan Capone (tokoh sejarah).
  8. James bilang kalau Conan itu Cool Guy, sama seperti cara Vermouth ngejulukin si Conan.
  9. Pas pertama kali liat Sera dari foto, dia langsung tau kalau Sera itu cewek sementara Jodie dan Camel nyangka kalau dia itu cowok. Instingnya tajam.

Wah, numpuk banget, ya, kecurigaan kita sama James Black kalau melihat kenyataan-kenyataan ini. Beberapa argument buat ngingkarinnya:
  1. James Black itu kelihatannya bijak.
  2. Bisa jadi namanya hanya sebagai sarana buat ingat sama musuhnya, layaknya Jodie-sensei senang ngomong “A secret makes a woman woman” buat ingat sama Vermouth yang ngebunuh ayahnya.

Tokoh ini kayaknya perlu diselidiki lebih jauh.

Atsushi Miyano

Dia adalah ayahnya Haibara yang juga kerabatnya si Profesor Agasa. Selama manga ini dijalankan, kita nggak pernah ngeliat penggambaran sosoknya secara langsung, hanya melalui cerita-cerita doang. Karena Aoyama Gosho bilang kalau bos BO adalah orang yang nggak disangka-sangka oleh Haibara, bisa jadi dia adalah si bos. Apalagi Haibara sama kakaknya bisa direkrut oleh BO. Tapi, kalau dia Anokata, masa, sih, dia pengen ngebunuh anaknya sendiri?

Genichirou Kaneshiro

Dia pernah muncul di kasus Night Baron. Si pemilik perusahaan komputer berumur 74 tahun yang (katanya) berhubungan dengan Crow Organization (organisasi yang pernah disebutin di kasus berkumpulnya para detektif untuk mencari harta karun di Villa Emas. Lupa judul kasusnya).

Aoyama Gosho

Naah, kalau yang ini agak absurd. Penggemar DC biasa menghadapi kenyataan yang di luar dugaan. Kali aja si penulis DC ini tiba-tiba masuk ke dalam cerita dan jadi bos BO, hehehe.

Yang aku paparkan ini baru spekulasi-spekulasi yang aku dapat dari:

conanlicious.tumblr.com
kaskus.us
aptx4869.org
forums.dctp.ws
tvtropes.org
FP Facebook Detective Conan Fans Club of Indonesia Lovers
www.detectiveconanworld.com
Komen-komenan di FB

Terima kasih buat sumber-sumber yang ngebantu saya~!

Untuk pembahasan mengenai Anokata lebih dalam, kita sambung ke part 2.


13 komentar:

  1. Sebenarnya aku ada analisa sendiri mngenai bos BO.tp sebelum kita bahas lebih jauh,ada baiknya kita lihat kebelakang sebentar.kita semua tahu,alasan aoyama sensei bkin komik DC krn terinspirasi dr sherlock holmes.hanya saja ceritanya dibuat kebalikan dr sherlock holmes.beberapa kebalikan itu antara lain:
    1. Sherlock itu yatim piatu,hanya kakaknya satu2nya keluarga dekat yg dimilikinya,jd sherlock itu anak kedua dr 2 bersaudara.nah kalo shinichi anak tunggal,dan kedua orang tuanya masih hidup.
    2. Kehidupan sherlock amat sangat sederhana,tdk berlimpah harta bahkan tempat tinggal tetap dia gak punya.kalo shinichi kita semua tahu,dia anak dr pasangan yusaku kudo sang novelis terkenal dan aktris terkenal yukiko.bs dibilang hidupnya serba berkecukupan.
    3. Sherlock tdk pernah dkt sm cewek,walaupun sempat terpesona sm irene adler,tp toh cinta holmes tak terbalas,irene adler lbh memilih pria lain.nak kalo shinichi gak perlu dibahas lg kan?kt smua tahu siapa cewek yg selalu menantikan kepulangannya.

    Mungkin kalo saya bahasa lg,terlalu panjang ceritanya.tp inti dr cerita conan itu kebalikan dr sherlock holmes.nah analisa saya ada di poin yg ini:
    - kt tahu sherlock holmes bersahabat dgn seorang dokter,yaitu Dr. Watson,dan musuh bebuyutannya adalah seorang profesor yaitu Prof. James Moriarty. Dalam cerita DC,justru sebaliknya,conan/shinichi justru bersahabat dgn seorang profesor yaitu prof. Agasa.dlm cerita DC karakter yg berperan sbg dokter adalah Dr. Araide. Kalo analisisku sih,Dr. Araide inilah sebenarnya big bos BO (anokata).yah,ini hanyalah analisisku.siapa sebenarnya BO,hanya aoyama sensei yg tahu.thanks

    BalasHapus
  2. Akhirnya aku bisa mengungkap bos BO yang sebenarnya yaitu aku .di sekolahku ada yang ngejek aku dengan kata"kamu adalah bosBO .sama jeleknya dengan anggotaBO lain" lalu aku bilang kalo orang yang buat blog randomanization. Hahahahahaha mungkin ga lucu kali ya.....×_×semoga aoyama sensei kasih tau bos BO Arigatou gozaimasu telah kasih aku info ini

    BalasHapus
  3. Viska Lindi Dara15 Oktober 2014 13.48

    kalo menurutku sih bos BO bukan orang asing lg bagi Conan , eemm pokonya dikenal baik sama Conan gt .. tp masih belum tau siapanya hehe
    tp yg pasti harus happy ending doonk :D

    BalasHapus
  4. episode brp yg muncul anggota organisasi angota jubah hitam?
    AHMADNOTES

    BalasHapus
  5. Lagi ngebayangin klo pak Mouri itu Anokata...karena cuma dia yg gak pernah manggil Conan dgn menyebut namanya...haha

    BalasHapus
  6. malah sebenarnya sherlock holmes itu 3 bersaudara.
    sherlock,mycroft,sama enola.tapi enola ini yg buat penulis lain kalo gak salah.

    BalasHapus
  7. Mungkin spekulasi ini agak abstrak/aneh ane menduga bod dari bo adalah Ran. Kenapa??
    1. Ran orang paling deket sama shinichi dan beberapa kali dia duga kalau conan itu shinichi
    2. Menurut aoyama bos bo adalah orang paling deket sama conan dannn kita pasti tahu siapa orang itu, betull ran
    3. Ran ada di tropical land waktu shinici dihajar gin pdahal waktu itu vodka tdk tau kalau ada yang membuntutinya bisa aja gin dikasih tau ama si ran kalau shinici melakukan gerak yg mencurigakan.

    BalasHapus
  8. Klo Ayumi Bosnya terus dya memang minum APTX 4869,artinya dari awal dia tahu dong si conan a.k.a shinichi itu tubuhnya mengecil gk mati,dya bisa langsung ngebunuh conan dong coretan Ayumi! !
    #CoretAyumiDariDaftarTersangka

    BalasHapus
  9. Kalo pendapatku sih ada 2 orang yang mungkin jadi boss bo, yang pertama shukichi haneda,laah dia kan pacar yumi kok bisa jadi boss bo sih? Ya mungkin aja .. Waktu itu pernah kan sera sama yumi ngomongin soal shukichi(sebagai pacar yumi dan kakak sera) dan rupanya semua penjelasannya sama. Lah terus apa buktinya kalau dia boss bo? Coba pikir, di kamar sera ada seorang anak perempuan yg dipanggil mary yang kemungkinan besar dia adalah anak dari Shuichi akai dan kakak haibara(lupa namanya) jadi kemungkinan besar juga kalo sera sudah tahu soal conan dan organisasi hitam.nggak mungkin sera bisa ngerawat anak itu tanpa tahu asal-usul nya. Akai adalah agen fbi yg sedang mengejar bo,dan koji haneda kakak shukichi yang meninggal karena dibunoh bo.
    Bila betul mereka semua adalah saudara shukichi ,tidak mungkin shukichi tidak tahu soal bo sedikitpun karena semua saudaranya tahu soal bo, walaupun dia bukan bossnya pasti dia ada hubungannya dengan bo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah orang yg nama ny marry itu bukan ank dari shuichi akai, tapi memang ibu Shuichi akai, shukichi haneda, koji haneda & sera..aku rasa mereka sekeluarga juga korban dr BO sih jadi agk gimana gitu kalo bilang salah satu dari adalah big bos ny BO

      Hapus
  10. Kalo menurut ane yusaku kudo harus dicurigai, karena saat di episode dia menyamar menjadi BO menggunakan topeng untuk menjahili conan dia berkata "karena rahasia organisasi yg paling penting".
    Dan jangan lupa ketika dia menyamar menjadi Okiya subaru atas permintaan conan untuk mengecoh bourbon, saat rencana 100% berhasil dan bourbon pergi, dia bilang pd conan "lalu apakah agen fbi yg kubantu ini akan kembali kerumah ini ? " conan menjawab "ya, karena ada seseorang yg ingin dia lindungi" yusaku pun pergi dan akai kembali ke rumah conan dan dia menerima email dari Kir yg isinya "sesuatu yg berbahaya telah terjadi, aku tak ada waktu untuk menjelaskannya" itu adalah ucapan RUM kepada anggota BO dan kir menginformasikan nya kepada akai.
    RUM pasti tahu bahwa akai masih hidup, dan siapa lgi orang yg mencurigakan yg tau akai masih hidup selain yusaku kudo.

    BalasHapus
  11. Aku kira yg jdi Bos BO itu Saguru Hakuba
    Kenapa dia?
    Coba kalian bisa baca ulang chapter 704 (online).
    Di sana ada Gin yang menodongkan pistolnya ke arah Kir. Karena masih curiga kalau Kir belum membunuh Akai. Dia dan bos ngira kalo Kir bunuh Akai itu dgn suatu trik. Tapi tiba-tiba si Vermouth dateng. Dan kemungkinan besar menyampaikan pesan pada Gin buat menghentikan aksinya.
    Gin : Apa kau mendapat izin dari orang itu?
    Vermouth : Ya, Bos selalu berhati-hati.
    Nah terus aksinya dihentikan. Dia juga gak nodong pistol lagi ke arah Kir.
    Gin : Orang itu selalu saja melakukan sesuatu yang di inginkannya, orang itu selalu saja menggangguku.
    Kir : Eh, siapa maksudmu?
    Gin : Seperti yang baru kau katakan. Seseorang yang kau inginkan hanya ada dalam novel. Detektif hebat seperti Sherlock Holmes.

    Dari percakapan Gin diatas, bisa kita asumsikan kalau bos BO itu seorang detektif... atau seseorang yang bisa memecahkan kasus dgn hebat seperti sherlock holmes. Awalnya aku ngira kalo Yusaku kudo. Tapi kesannya gak cocok. Akhirnya aku baca ulang DC dari awal.
    Dan ngira kalo Bos BO itu Saguru Hakuba. Lagipula saguru hakuba memecahkan kasus lebih banyak daripada shinichi kudo dan Heiji. Dijepang dia udah nylesein 500 kasus. Di inggris? pasti lebih banyak lagi. Udah gitu saguru hakuba tinggal di Inggris, dan punya burung elang bernama Watson. Tahu juga kan kalo sherlock holmes ditemenin seorang dokter bernama watson?

    Saguru hakuba belum pernah bertemu sama Haibara. Jadi Haibara belum bisa merasakan 'aura' yg ada di dalam diri Saguru Hakuba. Tapi dia udah pernah ketemu sama Conan 2x. Lantas kenapa Conan tidak bisa merasakan 'aura' dalam diri Hakuba? Seperti sebelumnya, yang bisa merasakan 'aura' adalah si Haibara semata. Sama seperti kejadian pembajakan bus. Yang bisa merasakan kehadiran Vermouth juga cuma si Haibara.

    Password dari PC Pisco adalah "shellingford", merupakan nama yang diberikan sir arthur conan doyle kepada sherlock holmes sebelumnya. alasannya karena apotoxin 4869 pada saat ini masih dalam bentuk prototype, jadi penamaannya harus seorang detektif terkenal sebelum sherlock holmes.
    Sebelum Conan meledak di pasaran dan terkenal seperti sekarang. Kita semua juga tahu kalo seri magic kaito sudah lebih dulu dibuat oleh Aoyama Gosho. Dan detektif terkenal sebelum Conan/Shinichi yg ada dalam seri magic kaito yaitu Saguru Hakuba.
    Lagipula, saguru hakuba itu orang kaya. Anak dari Instruktur Jendral Kepolisian. Tapi tidak disebutkan kepolisian mana. Entah itu benar kepolisian atau sebuah organisasi besar. Bisa saja kalo ayahnya Instruktur Jendral Kepolisian, anaknya merupakan bos dari sebuah organisasi besar seperti BO.
    Selain itu apa kalian tidak merasa aneh? Semua yang berperan dalam seri DC pasti memiliki pasangan. Shinichi-Ran, Heiji-Kazuha, Yusaku-Yukiko, bahkan Kid juga punya pasangan si Aoko. Nah, kalo Saguru Hakuba? Apa mungkin kesayangan dia itu si Vermouth? Asal kalian tahu, Vermouth awet muda karena minum aptx 4869. Dan orang organisasi tidak ada yg tahu hal itu. Bahkan orang organisasi yg tahu Conan dan Haibara yg mengecil itu pun hanya Vermouth. Jadi mana mungkin kalo si Bos tahu Conan mengecil? Itulah sebabnya, Saguru Hakuba bersikap biasa dan tidak menaruh curiga pada Conan.

    Nah, ini terakhir... Mungkin masih ada yg janggal dari spekulasi ini. Saguru Hakuba kan detektif, kok ngira dia bos BO?
    Yang masuk anggota BO kan bisa dari kalangan mana saja. Contohnya Vermouth yg artis terkenal, Bourbon yg detektif polisi, Akai yg menyusup dari FBI. Lagipula kita tidak tahu, Saguru Hakuba itu benar2 detektif atau hanya sebagai penyamaran saja. Berpura-pura memecahkan kasus dgn otaknya yg cerdas. Lagipula, yg aneh disini... kenapa yg akrab dengan conan dan sering membantu conan itu si Kid? Bukannya Saguru?

    BalasHapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...