Minggu, 18 Agustus 2013

Mengungkap Identitas "Anokata" (Part 2)


Misteri yang ada di anime Detective Conan ternyata bukan hanya terletak pada isi ceritanya, tetapi alur ceritanya juga kerap kali menjadi misteri.

Ini adalah sambungan dari post Mengungkap Identitas “Anokata” (Part 1). Kali ini, aku pengen mencoba terjun ke dalam cerita untuk ikut-ikutan menganalisis siapa sosok Anokata yang sebenarnya.

Sebagai pedoman pemecahan, ada dua jenis clue yang dikasih buat kita, yaitu clue dari cerita serta clue dari Aoyama Gosho-nya sendiri.

Clue dari cerita
  1.  Untuk menghubungi si bos, anak buahnya menekan tombol #969#6261 yang merupakan nada awal lagu Nanatsu no Ko atau Seven Children.
  2. Kode area nomor itu (bisa jadi) di daerah Tottori. Tapi yang ini masih belum pasti banget.
  3. Kejam. Dia tidak segan-segan membunuh anak buahnya yang membuat kesalahan kecil dalam melaksanakan misi.
  4. Vermouth adalah anak kesayangan si bos dengan alasan yang tidak diketahui. Hal ini dibuktikan dengan dikasihnya Vermouth kebebasan untuk melaksanakan misinya secara independen.
  5. Kata Vermouth, dia adalah orang yang sangat berhati-hati.
  6. Dia dekat sama Vermouth dan Gin.
  7. Orang yang dianggap berbahaya buat BO, seperti Shuichi Akai, dijuluki Silver Bullet.
  8. Dia ngasih codename nama-nama minuman keras buat anak buahnya. Kayaknya dia suka mabuk-mabukan deh.
  9. Menurut penjelasan Haibara, BO sudah melaksanakan project setengah abad lamanya. Bisa jadi bos BO ini umurnya sudah tua.
  10. BO suka pake password dll berdasarkan kisah misteri dan sejarah. Kalau bosnya juga berperan dalam hal ini, bisa dipastikan bahwa si bos senang banget sama kisah misteri dan sejarah.
  11. BO disebut begitu karena orang-orangnya senang berpakaian hitam, layaknya burung gagak.
  12. Menurut FBI, si bos itu merupakan orang yang forward thinker.

Clue dari Aoyama Gosho 
  1. Bosnya udah pernah muncul di manga-nya! Tapi masih belum pasti apakah dia muncul secara utuh atau cuman disebut-sebut doang.
  2. “Black Organization” itu bukan nama resmi dari organisasi itu sendiri.
  3. Si bos ngasih codename jenis alcohol buat agen-agennya, tapi nggak punya codename buat dirinya sendiri.
  4. Bosnya ini merupakan orang yang tidak disangka-sangka oleh Haibara.
  5. Bosnya itu bukan Profesor Agasa!

Berdasarkan ciri-ciri di atas, hanya ada dua nama yang muncul di pikiranku:

James Black

Kecurigaan terhadap dia sudah banyak disebutin di part sebelumnya. Ciri-ciri Anokata banyak yang cocok dengan karakternya dan aku sebagian besar setuju dengan teori itu. Sepertinya kita perlu petunjuk lain untuk memastikan. Tapi, aku kira si Aoyama Gosho nggak bakalan ngeluarin clue semudah itu deh, hehehe.

Atsushi Miyano

Ayahnya Haibara yang (katanya) sudah meninggal. Tapi kita nggak mendapat kepastian apakah dia benar-benar meninggal atau gimana. Bisa jadi dia ada di sebuah tempat dan menjalankan BO. Aoyama Gosho sendiri, kan, bilang kalau bos BO adalah orang yang tidak diduga-duga oleh Haibara. Berarti, ada kemungkinan besar Anokata mempunyai hubungan kuat dengan Haibara, bisa jadi keluarganya atau kerabatnya di BO. Ini langsung mengarahkan kecurigaanku ke ayahnya Haibara. Kita masih belum bisa mencocokkan tokoh ini dengan ciri-ciri lainnya karena dia ngga pernah muncul secara langsung seperti James Black.

Ini hanya perkiraanku saja. Tepat atau nggaknya terserah yang ngebikin Conan. Soalnya, Detective Conan ini aku akui susah ditebak. Pas awal-awal kemunculan Shuichi Akai di manga ini, aku kira dia adalah bagian dari BO gara-gara pake pakaian hitam, ternyata dia agen FBI. Jodie-sensei juga awalnya mencurigakan. Aku juga nggak nyangka kalau ternyata Dr. Araide pernah diperankan oleh si Vermouth. Pokoknya ceritanya complicated aja. Bisa jadi nanti jalan menuju terbongkarnya identitas Anokata bakalan serumit itu juga. Kita sebagai fans DC hanya bisa menebak-nebak.


Sejauh kemampuanku buat nebak, cuman ini aja yang bisa aku paparkan. Jangan ragu buat diskusi yaaaa~

UPDATE!

Ternyata, pembahasan soal Detective Conan cukup populer di blog ini. Tau-tau, aku nemuin dua komentar dari pengunjung blog yang juga ikut-ikutan nebak identitas Anokata.

1. Anonymous (28 November 2013, 21:42)

Akun ini bilang:

Sebenarnya, gw juga punya teori sendiri.. gw mikir kalo Kuroba Toichi itulah BOS besar BO. sebenarnya ia lolos dari maut, dan pda saat hampir cerita klimaksnya, Kid dan Conan akhirnya dipaksa melawan mereka, Kid yang hatinya tentu terombag-ambing menangani ini, akhirnya rela membunuh ayahnya karena rasa kecewa dengan bantuan conan, dan FBI.
2. Pejuang (21 Januari 2014, 00:24)

Nah, kalau prediksi dia ini aku rasa masuk akal banget. Ketahuan maniak Conan dan Sherlock! Dia bilang:

Sebenarnya aku ada analisa sendiri mngenai bos BO.tp sebelum kita bahas lebih jauh,ada baiknya kita lihat kebelakang sebentar.kita semua tahu,alasan aoyama sensei bkin komik DC krn terinspirasi dr sherlock holmes.hanya saja ceritanya dibuat kebalikan dr sherlock holmes.beberapa kebalikan itu antara lain:
1. Sherlock itu yatim piatu,hanya kakaknya satu2nya keluarga dekat yg dimilikinya,jd sherlock itu anak kedua dr 2 bersaudara.nah kalo shinichi anak tunggal,dan kedua orang tuanya masih hidup.
2. Kehidupan sherlock amat sangat sederhana,tdk berlimpah harta bahkan tempat tinggal tetap dia gak punya.kalo shinichi kita semua tahu,dia anak dr pasangan yusaku kudo sang novelis terkenal dan aktris terkenal yukiko.bs dibilang hidupnya serba berkecukupan.
3. Sherlock tdk pernah dkt sm cewek,walaupun sempat terpesona sm irene adler,tp toh cinta holmes tak terbalas,irene adler lbh memilih pria lain.nak kalo shinichi gak perlu dibahas lg kan?kt smua tahu siapa cewek yg selalu menantikan kepulangannya.

Mungkin kalo saya bahasa lg,terlalu panjang ceritanya.tp inti dr cerita conan itu kebalikan dr sherlock holmes.nah analisa saya ada di poin yg ini:
- kt tahu sherlock holmes bersahabat dgn seorang dokter,yaitu Dr. Watson,dan musuh bebuyutannya adalah seorang profesor yaitu Prof. James Moriarty. Dalam cerita DC,justru sebaliknya,conan/shinichi justru bersahabat dgn seorang profesor yaitu prof. Agasa.dlm cerita DC karakter yg berperan sbg dokter adalah Dr. Araide. Kalo analisisku sih,Dr. Araide inilah sebenarnya big bos BO (anokata).yah,ini hanyalah analisisku.siapa sebenarnya BO,hanya aoyama sensei yg tahu.thanks

24 komentar:

  1. Klo mnurut saya kogoro adlh bos bo.1. d bku 67 vermouth blg 'bos org yg sgt berhati-hati terlalu berhati- hati sampai kadang bisa merugikan'.
    kogoro mgkn sbnrny pura2 bodo smpe ekonomi kluargny kebakaran. 2. D bku 49 kmgknan besar cm vermouth doang yg tau spa bosny, trus knp vermouth kaget pas gin ubah target k kogoro. Mgkn krna kogorolah bos bo ny. Dia jga mncegah gin yg mau bunuh kogoro. Vernouth jga bela kogoro pas kogoro dkra kerja sma fbi

    BalasHapus
  2. INI DARI BLOG TETANGGA BAHWA IDENTITAS "ANOKATA" ADALAH PROF. AGASA DAN AKHIR DETECTIVE CONAN :

    Seluruh dunia tercengang setelah mendengar akhir cerita detektif conan. Seorang wartawan telah menemukan beberapa naskah di meja Aoyama Gosho, ketika ia hendak mewawancarai Aoyama. Ternyata naskah itu adalah akhir cerita conan Voumel 500. Tanpa basa-basi ia langsung mengambilnya dan memasukanya kedalam tasnya tanpa sepengetahuan Aoyama. Dan Wartawan itupun mempublikasikannya lewat internet. Begini Akhir Ceritanya :

    1. Ternyata Ketua Organiasi Hitam yang sesungguhnya adalah Prof Agasa (nama Agasa ternyata dalam bahasa Yunani adalah Pimpinan Hitam)
    2. Ayah Sinichi adalah sepupunya Kaito Kid
    3. Kazuha dan Miwako ternyata Adik Kakak

    Identitas shinichi ketahuan oleh organisasi hitam, lalu gin berusaha untuk melenyapkan ran yang sangat di cintai shinichi. Shinichi yang tau hal itu lari dan menolong ran, namun ternyata ran sudah disandra oleh gin...kemudian dengan rela hati shinichi menawarkan dirinya untuk ditukar dengan ran. Lalu gin nembak shinichi (masih bentuk conan) ran tak ngerti kenapa conan rela di tembak ia pun menjerit ketakutan.....

    Tiba-tiba haibara ,kogoro, bu jody dan fbi datang langsung meringkus gin. Conan di bawa ke Rumah Sakit. Akhirnya Haibara pun menceritakan siapa sebenarnya conan kepada ran.

    ran nangis...


    dia nunggu conan sadar.......

    setelah sadar haibara memberiakan obat penawar racun...


    lalu...


    BLAAAAM !


    conan berubah jadi shinichi lagi......

    dan di suatu sore di atap rs...shinichi menyatakan cintanya pada ran.......
    dengan di iringi hujan rintik-rintik ..
    ran puun mememeluk shinichi dan mendapat ciuman pertamanya.


    SAYA TIDAK TAW APAKAH BENAR ???

    BalasHapus
  3. menurut saya ini yaa, big bossnya itu vermouth sendiri
    alasan :
    1. bourbon pernah keceplosan bilang "lagipula bossnya adalah kau", eh si vermouth malah nodongin pistolnya ke bourbon. berarti, ada kemungkinan kalo si vermouthlah pemimpinnya. bourbon tau kalo vermouth big bossnya, karena dia ahli dalam analisis
    2. anggota BO yg lain ga ada yg berani sama dia. karena alasannya, dia orang terdekatnya "orang itu". padahal, seperti yg kita semua tau, identitas anokata itu yg tau cuma si vermouth doang. berarti, ada kemungkinan dong dia sebenernya bossnya.
    3. vermouth memiliki sejuta rahasia dalam hidupnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu terjemahan bahasa indonesiany slah, klo komik dlm bahasa inggrisny kan ditulis "you are the boss's" apostrophe s itu digunakan utk menyatalan kepunyaan jdi intinya si bourbon itu lagi bilang "kamu kan****nya sih boss"

      Hapus
    2. kalau menurutku, vermouth itu ada hubungan khusus sama si boss. mungkin dia istri atau anaknya si boss.
      iya itu terjemahannya yg salah, maksudnya bourbon, "kau itu kan, itunya boss...." jadi kayaknya si vermouth ini entah pacar, istri, anak, ponakan,sepupu, atau siapanya si boss gitu.

      Hapus
  4. Kalo diliat dari clue nya Gosho Aoyama
    1 kalo dibilang "sudah pernah muncul", berarti bos nya muncul di manga volume awal dan pd volume slanjutnya hampir tidak pernah muncul...
    2 menurut Aoyama sensei,boss nya gak diduga sama Haibara,berarti si Haibara kenal dgn orang itu..kalo si James Black sepertinya Haibara blm mengenalnya, kalo bapaknya sendiri jadi bossnya,bisa jadi sih...karena kematian bapaknya masih menjadi misteri
    3 Atau jgn2 bossnya si pak Mouri...karena dia suka miras terlebih lagi jangankan si Haibara, conan pun juga pasti gak nyangka kalo dia itu big boss nya..hahahaa

    BalasHapus
  5. Atau jangan2 Yoko si idolanya bapak Kagorou wkwkwk bisa jadiiiiii dia yg plg mecurigakann

    BalasHapus
  6. Menurut saya James Black cukup masuk akal dan saya setuju dia bosnya. Tetapi saya masih mempunyai pendapat kalau bosnya adalah:
    "Fusae Campbell/Fusae Kinoshita" karena sesuai clue dari Aoyama sensei:
    1. Ia pernah muncul di manga vol.40
    2. Ia adalah wanita, karena Aoyama hanya mengatakan anokata, berarti tidak hanya pria yang dicurigai
    3. (Biasanya dalam cerita tokoh antagonis pasti memiliki hubungan masa lalu dengan tokoh protagonis)Ia adalah cinta pertama Prof. Agasa ( karena Aoyama mengatakan bukan Prof. Agasa pelakunya ), tentu saja Haibara tidak menyangka karena sangat dekat dengan profesor
    4. Ia sudah tua seperti Prof. Agasa, sesuai kata Haibara bahwa proyek BO sudah lama berdiri
    5. Karena Prof. Agasa pernah terbukti tahu lagu nada awal lagu Nanatsu no Ko atau Seven Children, maka sang kekasih pun pasti tahu lagu tersebut.
    6. Wanita terkadang bisa menjadi sangat kejam, mungkin ia pernah dikhianati oleh Profesor tersebut.
    7. Karena Prof. Agasa kenal dengan Kogoro Mouri, mungkin ia juga kenal, jadi
    ia terinspirasi memberikan codename dengan minuman keras.
    8. Conan dapat menjadi hebat karena penemuan alat-alat canggih dari Prof. Agasa, tentu saja Bos BO juga memiliki penemuan luar biasa seperti obat APTX 4869 yang menyusutkan badan Conan, selain itu BO juga mengincar
    penelitian obat misterius.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling logis

      Hapus
    2. yg menemukan aptx 4869 itu orang tuanya haibara.,

      Hapus

  7. min, apakah mimin nggak curiga sma bapak nya heiji... soalnya dari beberapa forum yg telah gw kunjungi belum ada sekalipun yg curiga sama orang ini, ini alasan gw
    1. pas ketika heiji ingin bertemu dengan shinichi di tokyo, kenapa dia membawa bir paikar?? apalagi episode setelahnya heiji kelihatan tidak pernah minum minuman beralkohol?? mungkin dia mendapat saran dari bapaknya yang curiga sama kemunculan conan dan terkenalnya mouri kogoro secara tiba-tiba, dan dia tahu bahwa penawar dari racun itu adalah bir tersebut. jadi dia (heizou) menyarankan heiji untuk membawa bir paikar dan menyuruh conan meminumnya kalau memang heiji ingin bertemu dengan shinichi
    2. password dari PC Pisco adalah "shellingford", merupakan nama yang diberikan sir arthur conan doyle kepada sherlock holmes sebelumnya. alasannya karena apotoxin 4869 pada saat ini masih dalam bentuk prototype, jadi penamaannya harus seorang detektif terkenal sebelum sherlock holmes. menurut perkiraan gw hattori heizou adalah seorang polisi yang pintar dan kepintarannya menurun ke anaknya yang akhirnya menjadi detektif. bisa saja heizou menganggap dirinya sebagai shelling ford dan heiji adalah sherlock holmesnya.
    3. soal nama anggota organisasi yang semuanya merupakan nama minuman keras. seperti yang gw bahas di poin nomor 1. bisa saja hattori heizou jga penggemar minuman keras. klo memang tidak, kenapa dia yang seorang kepala kepolisian membiarkan heiji membawa minuman keras padahal dia masih dibawah umur.
    4. soal dana yang dipakai serta perlengkapan untuk organisasi sangat mudah diperoleh heizou yang menjadi kepala kepolisian osaka.
    5. heizou menyuruh vermouth untuk menyelidiki conan dan haibara untuk memastikan apakah dia benar-benar kudo shinichi dan shiho miyano. tapi ia tidak ingin untuk membunuhnya, karena shinichi dan heiji adalah sahabat baik dan heizou tak ingin melihat heiji bersedih dan menyelidiki organisasi tersebut.

    itulah pendapat gw

    BalasHapus
  8. Clue dari om aoyama
    -sudah pernah muncul
    -kagak punya codename
    -orang yang nggak disangka oleh shiho(haibara)
    -bukan profesor agasa

    Kalo james black kan shiho belum kenal
    Kalo bapaknya shiho kan shiho belum pernah liat (tapi mungkin sih) plus dia punya julukan

    Jadi mungkin ... Miyano akemi kakaknya shiho
    di manganya gue pernah baca kata haibara waktu lagi ngomingin soal aptx 4869 sama conan di bilang dalam hati "tapi bukan itu sebenarnya obat yang ingin mereka aku buat"
    Jadi mungkin si shiho ini berhasil ngebuat obat yang ingin organisasi buat cuma nggak dikasih tau ke shiho obatnya berhasil trus dikasih ke akemi trus pas ditembak ama gin dia tinggal pura pura mati aja deh plus kan nggak dikasih tau dimakamkan atau nggak
    Kalau dimakamkan mau pake nama apa? Kan hirota masami cuman nama samaran
    Kalau dimakamkan kok shiho nggak pernah ngunjungin makam kakaknya?
    Mungkin dia memang nyuruh vermoth supaya nggak ngebunuh shiho karena masih sayang
    Kalo soal gin sih gampang dia kan waktu gi atap guadang alkohol belum nembak mungkin ntar dia bilang "cih sayangnya aku tidak bisa mambunuhmu"

    Jadi mungkin (MIYANO AKEMI)

    BalasHapus
  9. kalo menurut saya bos BO itu Okita
    soalnya di episode 13 itu hirota masami alias miyano akemi
    diperalat olehnya (Okita) dan mengancam untuk berhenti dan pergi keluar negeri tapi saya ragu soalnya okita adalah pelaku pembunuhan di episode ini dan ditangkap polisi.

    BalasHapus
  10. kalau boss BO saya ngak tau tapi kalau gin saya curiga dengan shiratori ninzaburo sebab di memiliki banyak minuman minuman keras mungkin di rumahnya boss BO memberikan nama anak buahnya dengan nama minuman keras vodka karna terinspirasi dari shiratori dan mukanya hampir mirip dengan GIN .dan saat inspektur meguri memperkenalkan shiratori dengan conan tentang ketelitiannya pada movie 1 conan bilang cuman kebetulan shiratori bilang ya banyak sekali kebetulan sambil melihat sinis seperti gin. mungkin itu saja analisa gue..

    BalasHapus
  11. orang yang tida diduga oleh haibara. Hmmm. Pmain bola idola nya ai chan kali hehe

    BalasHapus
  12. Prediksi saya kuat ,,
    Bapak nya ai haibara (shiho miyano)
    Pake logika sederhana ajah kok,

    Lalu, gadis kecil rambut kuing yang tinggal drumah sera itu adalah mak nya haibara,,

    Kita liat ajah nanti,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. cewe rambut kuning yg tinggal d rmh sera itu emak sera...
      emak sera minum obat sejenis aptx4869

      Hapus
  13. Bagaimana jika cerita yang sebenarnya itu begini..

    Semua hanya ada di dalam alam kubur Shinici, termasuk berubah jadi anak kecil, menyamar jadi Conan, bekerja sama dengan FBI.

    Sinichi sebenarnya sudah tewas saat di pukul dan diminuumin racun Gin di Tropical Land.

    Semua hanya ada di dalam khayalan Sinichi, yah di alam kubur, Sinichi yang ingin jadi detektif terkenal di seluruh dunia belum mau mati jadi ia masih terus terbayang-bayang akan keinginannya untuk menyamai ketenaran Sherlock Holmes (walaupun Sherlock itu fiktif)

    Twist banget kan? Hahahahahangacoooo gue

    BalasHapus
  14. Menurut gue anokata itu adalah Takagi.

    Alasannya pikir saja sendiri. Pasti cocok kalau di beri teori apa pun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok apanyaaaaaaaa

      Hapus
  15. Bagaimana kalau Touchi Kuroba ?
    Pas di magic kaito episode 24 dia muncul dengan jubah hitam dan burung gagak

    BalasHapus
  16. Bosnya bukan Profesor Agasa, Yusaku Kudo, Eri Kiaki, Conan Edogawa, Ran Mouri, Vermouth, Ninzaburo Shiratori, Shinichi Kudo, Aoyama Gosho, James Black, Sonoko Suzuki, DETECTIVE BOYS, Gin, Samizu Kichiemon, ataupun Toichi Kuroba
    Sumber trusted, sesuai pernyataan Gosho Aoyama-sensei
    www.detectiveconanworld.com

    BalasHapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...