Kamis, 03 September 2015

7 Tempat Makan Favorit Saya di Bandung


Di tulisan mengenai perantauan di Bandung (cek Perantauan 2: Kumaha Damang? :)), aku sudah paparkan bahwa Bandung adalah surganya kuliner. Berat badanku bertambah gara-gara tinggal di Bandung. Selera makanku juga bertambah. Mungkin juga karena akumulasi efek jamu beras kencur yang sering aku minum sewaktu kecil, hehehe.

Selama di Bandung, aku udah menjelajah beberapa tempat makan. Tujuh yang aku paparkan ini merupakan tempat atau makanan paling berkesan, paling ngangenin, dan paling pengen dikunjungi lagi tiap kali balik ke Bandung. Berikut Top 7 tempat makan favoritku di Bandung:


7. Braga Permai

sumber: www.laughonthefloor.com

Jenis makanan: Western, Italian, Indonesia, dessert
Alamat: Jalan Braga No. 58 Bandung

Kalo pengen ngerasain suasana jadul tapi classy khas-khas Eropa, tempat ini bisa jadi opsi yang tepat. Seperti namanya, tempat ini terletak di Jalan Braga yang sepanjang jalannya terdapat arsitektur peninggalan Belanda yang sudah dimodifikasi. Aku tahu tempat ini gara-gara info dari blog yang bilang bahwa di tempat ini ada berbagai macam es krim. Ketika aku ke sana, pelayannya langsung nganter gelas yang biasa buat minum wine gitu, tapi diisinya pake air putih, hehehe. Pokoknya berasa lagi di Eropa da! Apalagi tempat ini juga sering didatengin sama bule.

6. Tokyo Connection

sumber: pergidulu.com

Jenis makanan: makanan Jepang
Alamat: Jalan Progo No. 5, Bandung - Braga City Walk (Jln Braga)

Di antara banyaknya restoran Jepang yang tersebar di Bandung, Tokyo Connection adalah favoritku. Makanan yang disediakan adalah makanan Jepang, seperti don, ramen, dan sushi. Selain itu juga tersedia dessert kalo emang seret makan yang asin-asin. Yang nggak bikin kecewa, gambar makanan yang ada di menu sama dengan aslinya. Percaya, deh! 

5. Tahu Brintiiik

sumber: bandung.panduwisata.id
Jenis makanan: jajanan, snack
Alamat: Gramedia (Jl. Merdeka No. 43) - Pasar Baru Trade Center (Jl. Otista No.70) - Cihampelas Walk (Jl. Cihampelas No. 160) - Bandung Super Mall Lantai 3 (Jl. Gatot Subroto) - Bandung Trade Center (Jl. Dr. Junjunan) - Braga City Walk (Jl. Braga) - Bandung Indah Plaza Food Court (Jl. Merdeka) - Be Mall Food Court (Jl. Naripan) - Metro Indah Mall Food Court (Jl. Soekarno Hatta) - IBCC Food Plaza (Jl. A.Yani) - Riau Junction (Jl. LLRE MArtadinata) - Kings Shopping Center (Jl. Kepatihan) - ITC Kebon Kelapa (Jl.Moh.Toha) - Giant Pasteur (Jl. Dr. Junjunan) - Carrefour PVJ (Jl. Sukajadi) - Carrefour Kiara Condong (Jl. Soekarno Hatta) - Borma Antapani (Jl. Terusan Jakarta) - Borma Setiabudhi (Jl. Setiabudhi) - Toserba Yogya Kepatihan (Jl. Kepatihan) - Toserba Griya Pahlawan (Jl.Pahlawan) - Toserba Griya Setrasari (Jl. Setrasari) - Indomaret Maranatha (Jl. Sarijadi) - Kampus ITB (Jl. Ganesha) - Sekolah Bina Bankti (Jl. Bima) - LBPP LIA (Jl. LLRE MArtadinata) - Sekolah Taruna Bakti (Jl. LLRE MArtadinata) - Pesantren Daarut Tauhid (Jl. Gegerkalong) - 18th Park (Jl. Sumatera) - Stasiun Kereta Api Bandung - Dago Plaza (Jl. Ir H Juanda) 

Ini bukan restoran, sih. Cuman sekadar stan makanan aja. Dari sekian stan Tahu Brintiiik, aku paling sering beli yang di depan Gramedia Jalan Merdeka. Tahunya sumpah renyaaaaah banget. Rasanya beli seporsi aja nggak cukup, deh. Tersedia rasa BBQ, keju, dll. Lumayan pedes. Recommended banget buat dimakan langsung setelah dikasih sama si penjual. Kalo dingin udah nggak terlalu enak lagi soalnya. Bisa ditambah saus dan mayonaise. Menu favoritku adalah tahu stik mayo. 

4. Clemmons

transstudiomall.com
Jenis makanan: Western
Alamat: Bandung Indah Plaza (Jln Merdeka 56) - Bandung Electronic Center (Jln Purnawarman No 13-15)

Mau nyoba ayam saus melon? Di sini tempatnya! Beberapa orang sudah mencoba. Di antaranya Rofi, Aidah, Chusna, Sofi, dan Yunita. Beberapa orang udah tertarik dan bertanya, "Kamu udah makan ayam saus melon, nggak?" kepada temannya yang di Bandung. Sebenarnya, selain ayam saus melon, di sini juga tersedia banyak jenis ayam goreng dan steak. Tempat ini ditemuinnya di foodcourt, karena bukan restoran yang berdiri sendiri. 

3. The Kiosk

thekioskfoodmarket.blogspot.com
Jenis makanan: makanan Indonesia, jajanan
Alamat: Braga City Walk (Jln. Braga No.99) - Balubur Town Square (Jln Tamansari) - Ciwalk (Jln Cihampelas) -Jl. Ir. H. Djuanda (Dago) No 48 Bandung - Jl. Setiabudi No. 46 Lt 2 Bandung 

Berada di restoran ini berasa berada di taman. Aku seneng banget sama interiornya yang unik dan elegan. Restoran ini merupakan tempat berkumpulnya jajanan-jajanan kota Bandung. Jadi, kamu bakal nemuin banyak pedagang dalam satu restoran. Berasa foodcourt, tapi berada dalam satu instansi lah ibaratnya. Ada berbagai macam makanan Indonesia di sini, seperti mie kocok, gudeg Jogja, mie Aceh, iga bakar, es campur, coto Makassar, dan lain-lain. Bingung, deh, milihnya! 

2. Mujigae

anakjajan.com

Jenis makanan: makanan Korea
Alamat: Cihampelas Walk Young Street, Jalan Cihampelas No.160

Kalo nonton drama, aku biasanya suka ngiler pas tokohnya lagi makan. Entah apa itu nama makanannya. Kimchi lah, kimbap lah, bibimbap lah. Pada akhirnya, keinginanku buat nuntasin rasa penasaranku terwujud di restoran ini! Jujur, aku emang baru sekali, sih, ke sini. Cuman, aku udah langsung nancep banget dengan restorannya. Pertama, pesannya pake tab yang sudah disediakan di meja pesanan. Menu juga udah tersedia di sana. Tinggal pencet-pencet, ntar pelayannya datang buat konfirmasi pesanan. Kedua, pelayannya unyu! Hehehe. Pada pake kacamata bolong gitu. Emang didesain Korean-style banget dah. Ketiga, dengan tab yang sudah disediakan di meja, kita bisa main-main sembari nunggu pesanan. Mau request lagu kek, foto-foto kek, pokoknya asyik deh. Cuman, request-nya itu terbatas hanya per pesanan aja. 

1. Kedai Selasih

blog.ceritaperut.com

Jenis makanan: Indonesia, Western, Japanese, Arabian, Snack, Dessert, aduh macam-macam lah!
Alamat: Jalan Cikutra Baru VI/34


Ini dia kedai yang paling bersahabat dengan kantongnya anak asrama! Terletak di Cikutra, kedai ini cukup dekat dengan sekolahku waktu di Bandung. Di sini juga biasanya acara kumpul-kumpul diselenggarakan. Di sini juga biasanya orang pacaran kepergok (upsss). Jadi, kalau kamu ke kedai ini pas hari biasa, kamu bakal terbiasa liat cowok-cewek berbaju merah atau biru di sini. Hehehe. Tempatnya juga enak banget. Sederhana tapi asri. Di tempat ini, aku biasa pakai wifi gratis jadi enak berlama-lama di sini hehehe. Dan kalau menu, kamu bakalan bingung sebingug-bingungnya orang bingung. Seperti yang udah aku paparkan di profil, jenis makanannya emang bermacam-macam. Dari yang satuan sampe paketan, dari Indonesia sampai luar negeri, dari makanan utama hingga makanan penutup. Kamu kalo seharian di sini bisa pesan sarapan, makan siang, dan makan malam dengan menu yang berbeda. Serius deh! That's why, ini adalah kedai yang paliiiiiing aku kangenin. Berharap banget kedai kayak gini juga ada di tempat perantauan yang lain. Menu favoritku di tempat ini adalah Paket Hemat Chicken Katsu, Spagetti Bolognaise, Omelet Keju, Dadar Srikaya, dan Oreo Shake.


Gimana? Tambah bingung milih tempat makan di Bandung? Hehehehe.

Yang pastinya, tempat makan yang udah aku ulas ini murni pendapatku. Kalau emang beda selera, kalian bisa jelajahi tempat lain. Tempat makan di Bandung masih banyak, kok! :)


2 komentar:

  1. Audi, postingan 'Kumaha Damang?' nya kok ga bisa dibuka ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibuka kok kak. Tapi emang gambar awalnya hilang sih hehe

      Hapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.