Kamis, 03 September 2015

7 Tempat Nongkrong Favorit Saya di Bandung

Lapangan Cinta, 18 Agustus 2015
Ketika SMA, mood-ku masih nggak sestabil sekarang. Sekali aku badmood, aku pasti ngerepotin orang-orang sekitarku. Mungkin sering juga mereka capek buat menghadapi aku yang kayak gini. Maka dari itu, aku berusaha mencari waktu buat sendiri dan menghindar dari orang-orang yang mengenalku. Dari sinilah hobi jalan-jalanku muncul.

Yap, aku suka banget jalan-jalan sendiri di Bandung. Orang banyak bilang bahwa kota besar itu rawan kriminalitas sehingga kegiatanku ini sebenarnya cenderung mengkhawatirkan. Toh sampai sekarang aku baik-baik aja kok. Alhamdulillah dijagain sama Yang Di Atas. Dari hobi jalan inilah aku mendapatkan beberapa tempat nongkrong favorit. Cekidot~

7. Bandung Electronic Center (BEC)

sumber: beautifulbandung.com
Jenis tempat: pusat perbelanjaan
Alamat: Jl. Purnawarman No. 13-15

Well, sebenarnya tujuanku ke tempat ini bukan buat manjain mataku dengan aneka laptop atau gadged keluaran terbaru. Kalo aku ke sini, aku pasti langsung naik ke lantai atas. Foodcourt. Karena ada ayam saus melon.... Oke, emang melenceng, sih, dari fungsi utamanya hehehe. Yang pastinya, kamu ke sini biasanya pengen ngurus hal-hal yang berhubungan dengan elektronik. Bisa laptop lah, gadget lah, kamera lah, pokoknya macem-macem da. Pilihannya juga banyak. Baru-baru ini, aku mengunjungi BEC buat meet up sama teman SMA. Sekarang udah gabung sama Lotte gitu. Yah, pokoknya udah banyak berubah lah. Bahkan dengar-dengar foodcourt juga direnovasi sehingga ayam saus melon nggak ada di sana....

6. Rumah Buku

sumber: imajikata.riftom.com

Jenis tempat: toko buku
Alamat: Jln. Supratman No. 96

Tempatnya lumayan asyik buat nyari buku. Tiap kali aku ke sini, pasti ada aja obral buku yang mulai dari harga 5000-an. Tempatnya lumayan dekat dari asrama. Tinggal naik Caheum-Ledeng sekali dan bayar 2000. Dulu. Dan tempat ini juga sebelahan sama rumah teman sekelasku. Aish... iri banget, serius. 

5. Togamas Supratman

sumber: panoramio.com
Jenis tempat: toko buku
Alamat: Jln Supratman No. 45

Dan tampaknya temanku itu beneran beruntung banget punya rumah di Jalan Supratman, Bandung. Tak jauh dari Rumah Buku, cukup nyeberang dan jalan dikit, maka kita akan nemuin toko buku lainnya. Yup, Togamas! Well, it's actually my favorite bookstore ever but unfortunately I can't find it in my current city. Banyak banget buku diskonan di sini. Rata-rata diskonnya 15%. Kemudian, kita juga bisa nyampulin buku yang kita beli. Gratis! 

4. Kampus Institut Teknologi Bandung

sumber: thebandungtour.com
Jenis tempat: kampus, institusi pendidikan
Alamat: Jln. Ganesha No. 10

Entah mengapa aku merasa bahwa tempat ini adalah magnet dengan kutub yang berlawanan terhadapku. Salah satu kampus tertua di Indonesia, kampus yang pernah disambangi oleh Soekarno dan BJ Habibie. Tiap kali ke sini, ada aura berbeda--aku nggak ngomongin dunia lain yak--yang membuat tempat ini penuh dengan misteri dan teka-teki. Tempatnya sejuk. Arsitekturnya menarik. Nama-nama tempatnya unik. Jalannya kadang bikin bingung sehingga aku sering banget nyasar di sini hehehe. Dan... banyak makanan..... Tiap kali aku ke sini, aku dibikin takjub. Seperti punya rasa bahwa aku tuh pengen banget memiliki tempat ini. Lebay ya? Wkwkwk. 

3. Balubur Town Square (Baltos)

sumber: wikimapia.org
Jenis tempat: pusat perbelanjaan
Alamat: Jalan Tamansari No. 3

Pernah aku tulis di Yang Menarik Saat SMA (Part 2) bahwa tugas sekolah di Pribadi Bandung banyakan disuruh bikin project kayak mading atau karya sejenisnya. Nah, temanku nyaranin tempat ini sebagai tempat buat nyari keperluan bikin project, kayak karton dan segala macam dekorasinya. Aku juga cari bahan buat bikin scrapbook di sini. Harganya cukup bersahabat dengan siswa. Pilihannya pun banyak. Selain itu, aku juga betah di foodcourt-nya, hehe. Ada suatu tempat di foodcourt yang menghadap pada jendela dan dari sana aku bisa melihat jembatan layang Pasoepati beserta dinamika Taman Jomblo. Duh, ngebayangin diriku makan Belgian waffle ditemanin dengan Ice Nutella Blended sambil liat pemandangan tersebut udah lumayan bikin aku ngebet pengen balik ke Bandung lagi. AAAAAA....

2. Gramedia Jalan Merdeka

sumber: wikimapia.org
Jenis tempat: toko buku
Alamat: Jalan Merdeka 43

Ini adalah saksi bisu di mana Audi menyelesaikan sebuah buku dari siang sampai malam menjelang Isya. Wkwkwk. Lumayan dah baca gratis. Sebenarnya isinya juga sama kayak Gramedia pada umumnya. Cuman yaa lebih sering aku tongkrongin, dan itu bukan buat beli buku wkwkwk. Duh. Oh, ya, kalo tiba-tiba kelaperan pas liat-liat buku, di sini banyak juga jajanan pengganjel perut, kayak takoyaki, sushi, McFlurry, dan tentu saja snack favoritku, Tahu Brintiik. Tapi tetep aja sih bakal dicegat sama Pak Satpam kalo bawa makanan ke area buku, heuheu. 

1. Jalan Braga

sumber: sebandung.com
Jenis tempat: jalanan
Alamat: sepanjang Jalan Braga

Bandung 0 km. Kamu bakal nemuin itu di sini. Ketika kamu menelusuri jalan ini, kamu bakal ngerasa diri kamu terlempar ke bagian dunia yang lain. Sungguh. Dilihat dari tata kota dan arsitekturnya, tempat ini seperti replika jalanan di Eropa. Menurutku, lebih baik lagi kalo kendaraan bermotor dilarang buat masuk ke daerah ini biar wisatawan maupun penggemar nostalgia bisa dimanjakan. Tempat favoritku di sepanjang jalan ini adalah Braga Permai dan Braga City Walk. Well, I once had a sudden date with someone here, karena itulah mungkin tempat ini memiliki kesan lain. 


Gimana, tertarik buat menelusuri Bandung lagi? :)

7 komentar:

  1. Wow, sayangnya saya blm pernah ke bandung :(
    Ditunggu kunjungan baliknya ya di http://www.dzikirsm.web.id/2015/06/tanda2-datangnya-bulang-ramadhan-puasa.html
    .
    .
    #Blogwalking #SalamBlogger

    BalasHapus
  2. penasaran dengan rumah buku

    BalasHapus
  3. Favorit banget sama Togamas Supratman! walaupun sempit karena bukunya banyak banget, tapi selalu jadi toko buku favorit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju bangeeet! dapet sampul gratis lagi :)

      Hapus
  4. BEC, Baltos sama Gramedia yang sering aku datengin. Penasaran sama Rumah Bukunya

    BalasHapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...