Selasa, 08 September 2015

7 Tempat Paling Berkesan Buat Saya di Surabaya


Seperti yang udah aku paparkan di Perantauan 3: Kota Pecinta Jangkrik, aku nggak terlalu sering nongkrong gara-gara kendala transportasi. Tetapi, aku tetap memiliki beberapa tempat yang pernah aku kunjungi dan pengen banget aku datengin lagi seandainya nanti aku balik lagi ke Surabaya. Mungkin ini juga bisa jadi referensi buat yang pengen jalan ke Surabaya. Cekidot!



7. Bandara Internasional Juanda 

sumber: bumn.go.id

Jenis tempat: bandar udara, transportasi
Alamat: Jalan Ir. Haji Juanda

Sebenarnya bandara ini bukan di Surabaya, sih, tapi di Sidoarjo. Tetep aja orang-orang nyebut ini Bandara Juanda Surabaya. Hehe. Anyway, yang pastinya bandara ini sukses bikin aku jadi ngerasa "orang penting". Pas teman-temanku pulang rata-rata naik kereta dan lewat jalur darat, aku pulang naik pesawat sendiri~ Temanku yang orang Blitar bahkan pernah bilang, "Ih pengen deh pulang-pergi naik pesawat gitu!" Sepanjang penjelajahanku dari satu bandara ke bandara lain, aku paling senang sama Bandara Juanda. 

 

6. Togamas Petra

zeezhalone.blogspot.com

Jenis tempat: toko buku
Alamat: Jln. Pucang Anom Timur No. 5

Ini adalah tempat pertama di Surabaya yang aku kunjungi secara mandiri. Ceritanya begini, habis ospek fakultas di Unair kan ada dua minggu tenang, nih, sebelum masuk kuliah. Berhubung teman-teman kosan rumahnya sekitar Jatim, ya pulanglah mereka semua. Sisa aku sendiri dan Mbak Fitri yang lagi sibuk ngerjain tesis. Karena bosan di kamar, aku langsung nanya Mbak Fit soal toko buku terdekat (karena emang pengen nongkrong di toko buku). Dan tempat inilah yang jadi rekomendasi. Pertama kali ke tempat ini naik becak dong! Yeay~ Dan biasanya habis dari sini aku selalu bawa snack ayam Korea buat dimakan di kosan.

5. Taman Bungkul

liputan6.com

Jenis tempat: taman, ruang publik
Alamat: Jalan Raya Darmo

Aku dua kali didatengin oleh temanku di Surabaya. Pertama, rombongan Maulinda dkk yang mau ikut Medspin di FKUA. Kedua, Dhiya dan adeknya yang mau tes mandiri di Unair. Dan permintaan kedua pihak tersebut waktu ke tempatku sama, "Bawa kami ke Taman Bungkul, dong!" Taman ini pernah dinobatkan sebagai taman terbaik se-Asia pada tahun 2013. Ini juga mungkin yang bikin rasa penasaran mereka muncul. Oh, ya, disaranin banget buat ngunjungin taman ini pada malam hari. Karena lumayan rame dan banyak lampu hiasnya.  


4. Gramedia Expo

www.transsurabaya.com

Jenis tempat: toko buku
Alamat: Jl. Basuki Rachmat No. 93-105

Pertama kali liat tempat ini, aku langsung bilang "Waaah!" Aku kagum banget sama bentuk bangunannya yang unik. Dan itu menurutku cukup megah buat sebuah toko buku. Bangunan ini merupakan salah satu karya terbaik walikota Bandung, Ridwan Kamil. Seneng banget keluyuran ke sini! Tempat ini juga dekat dengan Tunjungan Plaza. Habis baca buku biasanya langsung nge-mall, wkwk. Hedon amat yak.


3. Balai Pemuda

sumber: fotografer.net

Jenis tempat: gedung, cagar budaya, perpustakaan
Alamat: Jln. Gubernur Suryo No.15, Surabaya Timur

Aku pertama kali ke sini gara-gara Adien ngajakin ke sebuah festival seni yang diadakan di tempat ini. Bangunan ini dari luar tampak Belanda kuno banget. Karena emang ternyata tempat ini salah satu peninggalan zaman Belanda. Gedungnya sering dipakai sebagai pusat pagelaran seni dan budaya. Selain itu, di tempat ini juga terdapat perpustakaan yang menurutku lumayan nyaman. Buku-bukunya pun lumayan banyak.

2. US Consulate General

Foto bareng abis training jurnalistik VOA (sumber: Facebook)

Jenis tempat: kantor, konsulat jenderal
Alamat: Jl. Citra Raya Niaga No. 2

Memasuki tempat ini, aku pun merasa sudah berpergian ke luar negeri! Aku ingat yang dibilang guru PKN-ku: wilayah kedutaan itu adalah wilayah dari negeri asal kedutaan tersebut. Aku ke sini pertama kali gara-gara mengikuti training jurnalistik bersama VOA. Ketika masuk ke tempat ini, beberapa barangku nggak bisa masuk. Termasuk HP. Ketika masuk ke tempat ini, emang udah nggak ada rasa Indonesia lagi, hehehe. Dan jujur aku nyesel banget cuman bisa main dua kali ke tempat ini selama di Surabaya. Padahal, Konjen AS sering banget ngadain acara yang seru banget. Duuh. Selain itu, di sini juga ada buku-buku berbahasa Inggris yang bebas buat dibaca. 


1. American Corner 

Kondisi terakhir di Amcor sebelum aku ninggalin Surabaya

Jenis tempat: perpustakaan
Alamat: Jln. Dharmawangsa Dalam, Kampus B Universitas Airlangga

Duh berasa jadi antek Amerika, gara-gara dua dari tujuh tempat kesukaanku di Surabaya berhubungan sama Amerika. Tapi, ya, gimana lagi, tempat inilah yang paling berkesan buatku, American Corner, yang terletak di lantai tiga perpustakaan Kampus B Unair. Saking seringnya aku ke sini, mbak dan mas penjaga perpus sampai hafal sama aku. Aku biasa ke sini kalo lagi suntuk di kosan atau pas nungguin jam kuliah. Kadang jadi tempat belajar. Kadang tempat buat ngelamun dan ngegalau. Tempatnya nyaman banget sampai-sampai aku sering ketiduran di sini. Aku sering juga ikut acara-acara Amcor kayak English Conversation Club atau sharing mengenai beasiswa US dsb. Aku sering banget dapat buku dan flashdisk dari sini hehehe. 


BONUS!

Mungkin ngeliat daftar tempat berkesan di atas bikin kalian terheran-heran. Kali aja ada yang ngedumel, "Banyak kali tempat yang lebih keren dari ini di Surabaya!" FYI, referensiku mengenai tempat di Surabaya cukup dikit karena aku cuman setahun doang di sana. Ada beberapa tempat terkenal yang belum pernah aku kunjungi selama di Surabaya. Dan kalo main ke Surabaya, aku pengen banget ke sana. Tempat-tempat itu adalah:
  • Cafe Suoklat
  • Gedung kesenian Cak Durasim
  • Kantor konsulat jenderal negara lain selain Amerika
  • Surabaya Town Square
  • Tugu Pahlawan
  • Perpustakaan C2O
  • Perpustakaan Bank Indonesia
  • Jembatan Suramadu
  • Hutan Mangrove
  • Ciputra Water Park
  • Rumah Batik
  • Pantai Kenjeran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.