Rabu, 06 Januari 2016

3 Lagu Rekomendasi Buat Ningkatin Pede!


Ahmad Rifai Rifan, penulisan buku best seller 'Tuhan Maaf Kami Sedang Sibuk", pernah mengutarakan resep produktifnya. Salah satunya adalah menghilangkan lagu-lagu "cengeng" dari pendengaran kita. Lagu tersebut memiliki potensi baper yang lumayan tinggi. Dan biasanya kalau udah terlanjur baper, air mata pun menitik, lalu kita akan memikirkan penyesalan, sakit hati, merendahkan diri, dan banyak pikiran negatif lainnya sehingga terkadang hal itu bisa merusak mood dan menghambat produktivitas. Well, tentunya itu bagi yang masih belum terlatih dalam menghandle bapernya. Termasuk aku, sih.

Jadi, ada baiknya lagu-lagu genre begituan dihilangkan dan diganti dengan lagu-lagu yang bikin semangat. Lagu-lagu tersebut bakal bikin kita mengalami efek sebaliknya dari lagu galau. Nggak percaya? Mas Rifai sempat ngasih challenge kayak gini, "Coba antum dengerin satu lagu galau dan setel berulang-ulang. Trus besoknya dengerin lagu yang lebih bersemangat dan setel berulang-ulang juga. Pasti efeknya bakalan beda."

Aku sendiri udah ngebuktiin kok. Dengerin lagu galau itu efeknya emang jelek. Sekali lagi, ini bagi yang masih belum professional buat ngehandle baper. Berbeda ketika aku dengerin lagu yang liriknya ceria. Suasana hatiku bakal ikut kebawa menjadi ceria. Suasana hati juga berdampak pada performa dalam kegiatan yang aku ikuti.

Permasalahan utama yang aku hadapi adalah percaya diri. Dari gesture tubuh aja sebenarnya udah kalihatan. Aku sering dapat masukan dari ortu tentang punggungku yang kerap bungkuk kalau duduk ataupun jalan. Aku juga lebih senang memandang tanah kalo jalan layaknya orang yang lagi nyari duit kececer. Aku memang orang yang pemalu plus nggak pede. Ditambah lagi kalau aku liat orang lain yang aku anggap melebihiku. Aku dapat berpikiran, "Dia mah kelebihannya banyak. Aku mah apa atuh..."

Untungnya aku ingat kata-katanya Mas Rifai tadi mengenai musik yang dapat mempengaruhi performa. Maka, aku langsung ngesearch beberapa lagu yang aku rasa bisa bikin pemikiranku "aku mah apa atuh" berubah jadi "aku juga bisa gitu keleus, lebih jago lagi!"

Dan akhirnya aku dipertemukan dengan tiga lagu di bawah ini....

Who Says - Selena Gomez


Kita pasti pernah pada suatu waktu mendapat judge dari orang. Judge itu seperti, "Kamu, tuh, nggak bisa kayak gini. Harusnya kamu tuh kayak gitu!" atau "Kalo kamu begini, pasti kamu bakal kayak gini!" That's okay kalo emang judge itu tujuannya buat ngebangun. Tapi nggak sedikit juga yang ngejudge itu buat ngejatuhin, atau bahkan menghasut. Ini juga yang (anggap saja) dialami oleh Selena Gomez dalam lagu Who Says. Ceritanya, dia dapat judge dari orang. Tetapi kemudian dia menegaskan bahwa, "I wouldn't want to be anybody else!"

Pada intinya, dia ingin bilang bahwa kita nggak usah dengerin apa kata orang-orang. Selama kita merasa bahwa diri kita mampu, just follow the dream. Kata-kata penyemangat pede itu sudah muncul ketika Mbak Selgom bilang, "I'm no beauty queen. I'm just beautiful me." dan bagian reff juga merupakan puncak dari chant pendongkrak semangat tadi.

Lirik lagu lengkapnya dapat dibaca di sini.
Jangan lupa dengerin lagunya juga di sini.

Beautiful - Cherrybelle


Lagu kakak-kakak Chibi ini intinya kurang lebih sama kayak lagunya Mbak Selgom. Bedanya, Mbak Selgom mengekspresikan dirinya secara tegas sedangkan Kakak Chibi lebih ke arah berusaha menenangkan diri sendiri. Ibaratnya, Mbak Selgom bilang, "Lu ngapain sih ngatur-ngatur gue?? Gue bisa sendiri!" sementara kakak Chibi bilang, "Udah, yang sabar aja, deh. Gue bisa, kok." Menurutku, ya.

Kakak Chibi juga bilang kalo cantik itu nggak cuman tampilan luar. Kita bisa cantik karena kepribadian kita, kok. Dan jangan takut buat berbeda. Karena berbeda itu...... ISTIMEWA!!

Lirik lagu lengkapnya dapat dibaca di sini.
Jangan lupa dengerin lagunya juga di sini


Gue Kece - Lil' Rascal


Tbh, aku dapat dikatakan sebagai salah satu fan acara talkshow "Sarah Sechan" di Net TV. Kalo nonton dari awal (pukul 13.00), terhitung dari lagu pembuka, maka kita bakal ngedengerin sebuah rap yang bikin addict: Gue Kece!  Menurutku, karakter lagu ini cocok bangeeet sama si Teteh Sarah Sechan. Soalnya, kan, si teteh pas lagi talkshow juga senang nyisipin kenarsisannya. I don't know why, but I think it could be the point of beauty. 

Mengenai lagu "Gue Kece" sebagai peningkat pede ini, aku rasa ini emang yang paling subyektif dibandingkan dengan rekomendasi lagu sebelumnya. Karena aku gemar nonton Sarah Sechan, maka lagu ini jadi identik dengan si teteh. Well, Teh Sarah emang memiliki beberapa karakter yang pengeeeeen banget aku adain dalam sosok aku, yaitu pede, talkative, ramah, dan pokoknya bikin banyak orang pengen deket sama dia. Makanya, biarpun lagu ini emang narsis banget, tapi lumayan buat meningkatkan pede. 

Tapi lagu ini maknanya nggak sekadar cuman narsis doang kok. Menurutku, lagu ini mengajarkan kita buat bersyukur kepada Tuhan tentang bagaimanapun kita diciptakan. Meskipun emang agak sarkas, sih. Baca aja quotes yang udah aku post di awal tulisan:
Gue kece dari lahir. Ya beginilah, udah takdir.
Kesimpulannya, kita semua itu emang tercipta sebagai orang kece, sis!

Lirik lagu lengkapnya masih nggak nemu pas disearch di internet. Ntar aku post sebagai bonus di blog ini.
Jangan lupa dengerin lagunya juga di sini


Semoga rekomendasinya bermanfaat dan beneran ningkatin pede. Kalo kalian punya lagu lain yang worth listening banget dengan purpose yang sama seperti lagu-lagu tadi, tolong dibagikan di kolom komentar, ya! Terima kasiiiih ^^


2 komentar:

  1. Halo Audi. Aktif ngeblog juga yah ๐Ÿ˜‚. Kukira Lil' Rascal itu orang barat eh ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai dayu. Iyaa akhir2 ini lumayan aktif lah gara2 gada kerjaan wkwk. Iyap mereka rapper Indonesia kok. Masih imut lagi

      Hapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.