Rabu, 17 Februari 2016

17 Things About Seventeen That Successfully Bring Me Back To Fangirl World!

Sudah baca tulisanku tentang 21 Hal Yang Aku Lalui Sampai Menjadi Fangirl Akut?

Di akhir tulisan, aku bilang bahwa aku sempat ilfil dengan kpop gara-gara beberapa alasan. Di akhir tahun 2015, aku memutuskan untuk kembali terjerumus ke dunia ini! Tanda-tanda yang aku sebutin di tulisan tersebut mulai bermunculan lagi.

Penyebabnya adalah ini......



Industri hiburan Kpop memang kejam banget, guys. Setiap tahunnya selalu ada banyak grup idol yang debut. Namun, hanya sedikit yang bisa bertahan. Selebihnya banyak yang nggak dikenal orang, lalu hilang begitu saja. Biasanya itu dari agensi yang kurang dikenal. Jika idol yang debut berasal dari agensi terkenal semacam SM, YG, dan JYP biasanya langsung melesat. Beneran, lho. Tapi untuk debut di agensi tersebut pun perlu kesabaran dan kerja keras. Ada yang training bertahun-tahun baru bisa debut. Untuk jadi trainee aja pun seleksinya ketaaaaat banget. Bakat entertaining-nya harus sudah bisa memukau para juri. Kalaupun bukan bakat, setidaknya penampilan luar yang harus oke. Makanya dokter bedah plastik laku banget di sana.

Untuk tetap bertahan di industri yang kejam itu, kalau tampil biasa-biasa aja bakal tenggelam. Jadi, nggak jauh beda juga sama Indonesia, beberapa grup idol ada yang berusaha mencari sensasi. Contohnya dengan menerapkan konsep 19+ pada MV, dance, ataupun outfit-nya. Fortunately, ada beberapa grup yang emang dari sononya bagus dan punya ciri khas sehingga mereka nggak perlu gitu-gitu amat buat populer.

Dan salah satu grup idol yang aku unggulkan adalah Seventeen!

Love at the first sight nggak berlaku bagiku buat mereka. Mencintai emang perlu proses (eaa). Dulu sering denger perihal Seventeen. Pernah ditunjukin sama temanku salah satu MV-nya. Tetapi reaksiku biasa aja. Cuma ngangguk sambil bilang dalam hati, "Halah, paling sama aja kayak yang lain."

Perhatianku pada Seventeen langsung tersita saat lagi iseng youtube-walking membuka MV milik idol grup terbaru. MV yang bikin aku jadi kesengsem sama mereka adalah Mansae. Lagunya ear-catching, bikin mood jadi bagus, trus membernya lumayan cakep-cakep imut gitu. Dan setelah aku browsing sana-sini, akhirnya aku temukan juga 17 hal mengenai Seventeen yang akhinya sukses membawaku balik lagi jadi fangirl!

1. Namanya Seventeen tapi membernya nggak se-seventeen namanya


Coba hitung ada berapa orang di sini (sumber)

Ini sebenarnya yang jadi Frequently Asked Question kebanyakan orang pas dengar kata Seventeen. "Anggota grupnya ada 17 orang, ya?" Salah besar! Jumlah anggotanya cuman ada 13. Rinciannya: 13 member, 3 sub-unit, dan 1 tim. Jadi, 13 + 3 + 1 = 17. Maksa sih. Tapi bodo amat, yang penting Seventeen!  

2. Punya tiga sub-unit


Subunit Seventeen, atas-bawah: performance team, hiphop team, vocal team.
Sumber

Dalam acara K-Popular yang dihadiri oleh Vernon dan Joshua, mereka pernah ditanyain gini, "Kan Seventeen membernya banyak banget, pastilah ada 1-2 orang yang paling menonjol di antara yang lain. Pernah ngerasa iri, nggak?"

Joshua menjawab, "Pasti ada, lah. Tapi kalaupun pengen menonjol, kami udah terbagi menjadi tiga sub-unit. Yaitu vocal team, hiphop team, dan performance team. Jadi, kami bisa unjuk diri dari unit tersebut."

Penjelasannya gini. Seventeen itu merupakan satu grup idol yang terdiri atas 13 orang. Kemudian, dari 13 orang tadi dibagi lagi jadi tiga sub-grup: vocal team (bagian vokal), hiphop team (bagian ngerap), dan performance team (bagian perform). Di album, selain punya lagu gabungan sebagai Seventeen. Mereka juga punya lagu sendiri-sendiri sebagai sub-unit.  

3. Self-producing Idol!

 

Woozi kerja di studionya (sumber: Dailymotion)

Ini, nih, yang paling ngebedain Seventeen dengan grup idol lainnya. Baik dari musik, lagu, rap, dan dance yang ditampilkan oleh Seventeen itu bikinan mereka sendiri! Di sinilah sub-unit jadi punya peran penting. Vocal team, terutama Woozi yang juga berperan sebagai produser, bertanggung jawab untuk musik dan lirik lagu secara keseluruhan. Hiphop team membantu dengan membuat lirik rap dalam lagu tersebut. Sedangkan performance team ngebikin dance yang bakal ditampilkan dengan lagu itu. Hasilnya, seperti yang sudah kita lihat sendiri.

4. Membernya nggak cuman orang Korea


Vernon/Hansol, salah satu member berkewarganegaraan asing (sumber)

Kpop emang udah terkenal mendunia. Yang pengen jadi artis Kpop pun nggak cuman orang Korea. Banyak orang non-Korea yang menjadi terkenal berkat Kpop. Nickhun 2PM (Thailand) dan Victoria f(x) (Tiongkok) hanyalah contoh kecilnya saja. Di Seventeen, ada empat orang member yang memiliki kewarganegaraan asing, yaitu Jun dan The8 dari Tiongkok serta Joshua dan Vernon dari US. 

5. Baru debut udah banyak award


Seventeen ketika mendapat penghargaan di Golden Disk Award 2016 (sumber)

Pada bulan Oktober 2015, situs Billboard mengumumkan 21 Under 21 yang menyebutkan beberapa musisi yang sukses di umur kurang dari 21 tahun. Seventeen berhasil menduduki peringkat 18! Tak hanya itu saja. Seventeen juga mendapatkan beberapa penghargaan sebagai artis pendatang baru terbaik (Rookie award) di beberapa ajang bergengsi seperti Seoul Music Award dan Golden Disk Award. Chukkae! ^^

6. Punya ciri khas dalam koreografi lagu utama


Menurutku, dance Kpop yang baik adalah dance yang bersahabat dengan para penontonnya. Maksudnya bersahabat di sini adalah memiliki part yang paling dominan dalam gerakannya serta bisa diikuti oleh semua orang, bahkan yang nggak bisa ngedance sekalipun. Contohnya adalah Gangnam Style-nya Psy. Siapa, sih, yang nggak bisa niruin gerakan menunggang kuda ala Psy habis bagian "oppa gangnam style!"?

Di single-nya Seventeen juga ada, lho! Ini cuplikannya....






7. Membernya mudah dibedain


Kalo orang yang agak awam sama Korea, ngeliat muka-muka boyband/girlband Korea tuh rasanya sama semua. Betul, nggak? Wah, jangankan yang awam. Aku yang seneng Korea aja juga masih susah ngebedain muka member grup idol. Tetapi, kesusahan ngebedain muka member grup idol itu nggak aku temui di Seventeen! Padahal jumlahnya ada 13 orang, lho. Hal ini karena setiap member Seventeen memiliki ciri khas pada muka atau posturnya. Misalnya, nih, S.coups itu memble, Woozi paling pendek, Jeonghan rambutnya paling panjang, Joshua gigi kelinci, Vernon muka bule, Hoshi matanya sipit ngebentuk 10:10, Mingyu punya gingsul, Seungkwan pipi chubby, dan macem-macem, deh. 

Buat yang nggak suka Korea, nih aku kasih challenge. Coba, deh, perhatikan gambar di bawah ini selama satu menit...

Kemudian tonton video di bawah ini...




Udah bisa mengenali member-membernya, nggak? Nggak perlu hapal namanya, yang penting tau muka dulu aja. :D 


8. Outfit-nya kece!


Outfit untuk lagu Mansae (sumber)

Aku yakin, outfit ini juga salah satu faktor yang bikin aku mudah ngebedain muka member Seventeen. Outfit kece ini ada sejak Seventeen mengeluarkan lagu Mansae. Mereka memakai jas yang mencantumkan nama si pemakainya (seperti yang dipakai oleh Joshua di gambar atas) dengan ukuran nama yang cukup besar sehingga mudah dibaca oleh para penonton. Outfit ini pulalah yang membantuku mengingat nama member Seventeen dengan cepat. Jadi, ketika ada member yang nggak aku kenal lagi nyanyiin part-nya, aku nggak perlu nanya temanku, "Ini siapa?" tapi cukup lihat nama yang tercantum di jasnya. Outfit ini tersedia dalam beberapa warna. Di antaranya biru tua, hitam, merah, dan abu-abu. Motifnya juga macam-macam, ada yang polos, garis-garis, dan kotak-kotak.

9. Sampai bingung milih bias


Husband-able detected!

Definisi bias sudah pernah aku sampaikan di postingan 21 Hal Yang Aku Lalui Sampai Menjadi Fangirl Akut. Kalau suka pada sebuah grup idol, biasanya kita punya satu orang yang paling kita sukai di antara yang lain. Masalahnya, di Seventeen aku suka sama semuanya! Serius! Sekali lagi, setiap member punya sisi gantengnya masing-masing. Woozi jago bikin lagu, Hoshi jago bikin dance, The8 jago b-boying, Joshua pinter aransemen lagu (dan suka baca!), Seungkwan berpotensi besar buat jadi bintangnya variety show, S.coups leader yang kebanyakan aegyo, Mingyu pinter masak, dan macem-macem lah pokoknya. Tapi, kalo soal muka siapa yang paling enak diliat, pilihan jatuh pada Joshua. Hehehehehehe.  


10. Woozi ngegemesin!


Woozi, kecil-kecil produser (sumber)

Pertama kali nonton Seventeen, yang paling eye-catching tentunya kehadiran Woozi. Posturnya emang paling imut di antara yang lain. Kalo ngedance juga sering dapet di tengah pula. Kalau kalian pikir dia adalah member paling muda, salah besar! Dia justru tertua ke-7 di grup.

11. Selalu ada yang beda di setiap live stage



Kalau grup idol baru mengeluarkan single, mereka biasanya tampil di beberapa acara live kayak Music Back. Biasanya, lagu yang dinyanyikan ya itu-itu aja dan dance yang ditampilkan juga itu-itu lagi. Nah, Seventeen ini antimainstream menurutku. Soalnya, mereka selalu punya sesuatu yang beda di setiap penampilannya. Entah itu pas opening, isi, atau ending dalam membawakan lagunya.

12. Satu lagu banyak versinya


Adore U Part Switch Version (sumber)

Coba, deh, intip official YouTube-nya Seventeen. Dalam satu lagu, Seventeen ternyata punya banyak versi dari lagu itu, lho! Misalnya lagu Mansae. Selain MV asli, ada juga versi Performance + Behind Cut, dance version, hide version, seek version, part-switch version, Performance Team version, Vocal Team version, dan pokoknya sebanyak itulah! 

13. Jago ngecover lagu


sumber

Seventeen pernah ngecover beberapa lagu. Dan menurutku, lagu yang mereka cover jadi bener-bener kayak milik mereka. Contohnya saja lagu Bang yang aslinya dinyanyikan oleh After School. Pas pertama kali denger kalo Seventeen ngecover lagu itu, aku kira ntar mereka bakal ada bergaya-gaya kemayu ala cewek (karena penyanyi aslinya cewek). Eh, pas aku tonton, ternyata lagunya bisa dibikan boy style banget, dah!

14. Solid!


sumber

Mungkin agak terlalu dini kalau ingin menyimpulkan kesolidan suatu grup. Apalagi kalau buat Seventeen yang baru debut dan membernya masih belum berkarier ke mana-mana. Tetapi, potensi solid mereka itu tinggi banget.

Contohnya aja pas di program Where is My Friend's Island. Di episode 6, setelah makan-makan, mereka melanjutkan acara ke sesi curhat setiap member mengenai apa yang sudah mereka lewati setelah debut. Nah, pas Vernon maju, dia bilang gini, "Aku minta maaf soalnya aku ngerasa greedy banget (karena sebelum debut pernah berpartisipasi di acara Show Me The Money sehingga dia paling dikenal di antara member lain)." Tetapi, yang lain malah bilang gini, "Nggak apa-apa. Justru bagus soalnya bikin grup kita tambah dikenal orang."

Pas interview Joshua dan Vernon di K-Popular juga disebutin kalo member Seventeen itu suka ngumpul abis latihan. Ya, semacam sesi curhat juga. Trus ngeluarin uneg-uneg mereka terhadap segala hal. Pokoknya setiap member diusahakan saling terbuka dengan member lain. 

15. Cute hand-sign


Say the name, Seventeen! (sumber)

Kalau idol grup memperkenalkan diri, biasanya ada ucapan khas yang mengawali perkenalan mereka beserta gaya khas mereka juga. Misalkan EXO bilang, "We are one!" sebelum bilang, "Annyeonghaseyo, EXO imnida. (Helo, kami dari EXO)." Begitupula dengan Seventeen. Mereka biasa bilang, "Say the name, Seventeen!" beserta gerakan tangan yang khas.

Tak hanya itu, mereka juga punya love hand sign sendiri!


Seventeen love sign @ After School Club

16. Persiapan debutnya memang matang



Sebenarnya, Seventeen udah banyak dikenal orang sebelum debut. Hal itu karena mereka punya acara TV sendiri untuk memantau persiapan debut mereka, yaitu 17 TV dan 17 Debut Big Plan. Kita bisa melihat perkembangan mereka mulai dari masa-masa masih jadi trainee sampai udah debut. Terlihat, lah, perkembangan mereka dari hari ke hari. 

17. Dan yang paling penting: youth energy! 


sumber

Sesuai dengan namanya, Seventeen menghadirkan penampilan yang fresh dengan musik ala ABG berumur 17 tahun, meskipun nggak semua member Seventeen berumur 17. Karena Seventeen diproduseri oleh membernya sendiri, maka cukup mudah buat menularkan energi muda mereka ke dalam karya-karya mereka. Harapannya, sih, mereka bisa kayak Backstreet Boys. Walaupun saat ini secara biologis mereka sebenarnya lebih cocok bernama Backstreet Men, tetapi mereka tetep bisa tampil sebagai bapak-bapak berjiwa muda sehingga nama Backstreet Boys masih tetap bertahan hingga saat ini. Begitupula nantinya dengan Seventeen. They will grow up. They will never be 17 years old forever. But I wish their youth energy would always be shown every time they create their song. 


Nah, itulah hal-hal yang membuatku kembali fangirling ria. Sederhana aja ternyata. Cuman gara-gara satu idol grup baru dengan beberapa kelebihan mereka.

So, setelah membaca ini, apakah ada yang tertarik buat jadi fangirl juga? ;)


Baca juga:

10 Fakta Tentang Boyband Seventeen Yang Wajib Kita Tahu

17 komentar:

  1. Sama!!! :'D sebenernya udah mulai lupa kpop dan kembali ke fitrah jpop tapi kemudian negara seventeen dan monstax menyerang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaa duh kayaknya mereka ngasih dampak positif buat narik mantan-mantan kpopers deh wkwk. btw belum pernah dengerin lagu monstax euy. ntar dengerin dah

      Hapus
  2. buat gue masih susah bedainnya -_-
    ntar gue perhatiin baik2 biar bisa bedain :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk dimaklumi, org Korea kayaknya emg mirip semua mbak. Diperhatiin hati2 suka mbak :)))

      Hapus
  3. Hm oke, aku mulai tergiur liat kpop. But hmm.... semacam bilang tobat nis tobat wkwk

    BalasHapus
  4. Duh cowok nya cantik cantik au.. Haha

    BalasHapus
  5. ternyata kelompok Kpop ini kreatif banget ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbaak, self producing soalnya ^^

      Hapus
  6. Kalo kpop sih aku sukanya 2PM titik and Nichkhun is my ultimate bias! Tapi mereka udah senior sementara banyak rookie, aku nggak terlalu ngefans sih sama Seventeen, tapi coba deh liat BTS atau iKON deh ^^

    x
    Dayu | PR.JA

    BalasHapus
    Balasan
    1. BTS udah liat. Keren kok. Tapi ikon belum liat sama sekali wkwk. Ntar coba liat dah

      Hapus
  7. Hi Salam kenal~ suka banget sama postingannya, bener bener sehati ๐Ÿ˜€, soalnya sama bgt ky aku hahaha balik lg jd fangirl gr2 seventeen ini padahal udah 2tahun kebelakang gak update kpop ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    Thx for sharing, Keep writing ya ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah ternyata emang bener Seventeen punya bakat buat narik mantan kpopers lagi wkwk. Okee makasih udah berkunjung mbaaak. Salam kenal ^^

      Hapus
  8. Samaa. Aku mulai suka sama bboy ini wktu habis liatin mv mansea-nya. Sampe sekarang lagu nya masih di posisi pertama dihati. Salam kenal ya๐Ÿ˜€

    BalasHapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.