Senin, 29 Februari 2016

Cara Membuat Menu Blog Pada Sidebar

Pada suatu malam, aku mendapat chat WA dari Tinah. Kurang lebih isinya seperti ini:

Audi, cara bikin widget yang menampilkan menu pada blog yang kayak punyamu itu gimana?

Yang Tinah maksudkan ternyata adalah kolom Jadwal Blog yang aku letakan di sidebar. Sebenarnya, aku pun membuat menu tersebut dengan cara manual. Cara yang sama dengan yang aku lakukan ketika membuat kolom Who Am I (Tutorialnya bisa dilihat di blog Mbak Hana Bilqisthi di sini). Tapi agak lebih ribet karena harus menautkan setiap gambar pada label.


Meskipun ribet, aku bela-belain buat bikin menu blog tersebut untuk memudahkan pembaca menemukan jenis tulisan blog yang pengen mereka baca. Apalagi blog yang aku kelola ini gado-gado banget (Cara mengelola blog gado-gado bisa di baca di blog Mbak Nurul Inayah di sini). Selain itu, aku juga udah menetapkan jadwal sendiri untuk blog ini. Selain blog jadi terlihat teratur, memiliki jadwal blog juga bikin produktivitas ngeblog terjaga. Soalnya berasa punya deadline. Hehe.


Berikut ini rincian langkah-langkah yang aku lakukan untuk membuat menu blog pada sidebar:

1. Pastikan setiap postingan di blog memiliki label atau kategori.

2. Tentukan sebuah ‘judul besar’ untuk label-label yang terkumpul. Judul besar itu harus diikutsertakan di setiap postingan yang dibuat. Misalnya, aku pernah memunculkan label traveling, buku, dan postcrossing. Dari label tersebut lahirlah sebuah menu bernama Dunia Hobi.

3. Setelah memiliki beberapa judul besar, bikin gambar yang nantinya akan diklik oleh para pembaca blog menuju tulisan-tulisan yang mengarah pada judul besar yang dibuat. Aku sendiri membuat gambar tersebut dengan menggunakan Canva.


4. Masuk ke blogger.com dan klik “New Post”

5. Unggah gambar yang sudah disiapkan di langkah nomor 3. Kemudian, masukan ke dalam postingan.



6. Tautkan gambar tadi ke label judul besar yang sudah dibuat. Caranya, klik gambar yang ingin ditautkan. Kemudian klik menu Link pada postingan (kliknya dua kali biasanya) sampai muncul kotak seperti ini.



7. Sebelumnya, copy dulu tautan label judul besar lagi. Kemudian paste tautannya di kotak tersebut. Lalu klik OK. Lakukan itu untuk gambar lainnya.

8. Yang perlu diperhatikan di sini adalah kerapian penyusunan letak gambar. Soalnya itu bakalan ngaruh sama tampilan di sidebar. Untuk merapikan gambarnya, aku membuat gambar tersebut mepet tengah.

9. Setelah semuanya dirasa sudah selesai, langsung klik HTML di pojok kiri pos. Blok dulu HTML-nya, kemudian klik kanan > Copy. Atau cukup tekan CTRL + C saja.



10. Masuk ke menu Layout di Blogger. Pada layout sidebar, klik add gadget > HTML. Paste tautan HTML yang sudah dicopy tadi di sana. Lalu klik Save.




11. Hasilnya akan seperti ini~



Semoga membantu~ ^^

8 komentar:

  1. Makasi atas tipnya yang bermanfaat mbak Audi :)

    BalasHapus
  2. Seru nih ilmu barunya,, makasih ya. Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sama sama. Salam kenal juga ^^

      Hapus
  3. thanks audi :-) cara buat judul besarnya itu bagaimana ya audi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditentukan sendiri aja tin, sesuai blognya

      Hapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.