Senin, 15 Februari 2016

Improve Your English With Bangkok Post Learning!

Logo Bangkok Post Learning (sumber: Facebook)

Sebagai salah satu negara yang tergabung dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), masyarakat Indonesia tentunya sudah harus memiliki modal untuk menghadapi arus perdagangan yang semakin bebas. Salah satu modal tersebut adalah Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Cukup kita menguasai bahasa ini saja, maka kita sudah bisa terbang ke mana-mana. Bisa berkomunikasi dengan siapa aja di belahan dunia mana aja. Karena itulah perlu dicanangkan bahasa ini sebagai bahasa yang wajib dikuasai masyarakat Indonesia. Bahkan, walikota Bandung, Ridwan Kamil, sudah mengampanyekan seruan berbahasa Inggris ini dengan mengadakan program Kamis Inggris di Bandung. 

Dengan terbukanya informasi dan kemajuan teknologi, belajar Bahasa Inggris bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Nggak cuman sekadar duduk dengerin guru di kelas aja, ya. Cara yang paling menyenangkan pastinya dengan belajar sembari melakukan hal yang disukai seperti mendengarkan lagu, menonton film, atau membaca buku-buku berbahasa Inggris. Cara yang paling efektif tentunya dengan langsung berkelana ke negeri yang menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Tapi nggak ada duit... 

Di sini, aku pengen ngenalin salah satu cara yang aku pakai buat melatih kemampuan berbahasa Inggrisku. Siapa tau ada yang satu aliran. Aku senang membaca berita. Sekali-kali aku menyempatkan diri buat berkunjung ke situs berita internasional seperti CNN atau The Guardian. Kalau pengen yang santai-santai, aku biasa nongkrong di Buzzfeed. Dan kalo mau berita Kpop Internasional bisa ke allkpop atau Soompi. Hehehe. 

Dari beberapa situs berita yang aku kunjungi, hanya Bangkok Post yang menyediakan kolom learning!

Tampilan depan Bangkok Post Learning

Jadi, kalau kita berkunjung ke Bangkok Post Learning, kita nggak cuman sekadar baca berita aja. Tetapi di berita tersebut ada beberapa kata yang di-bold atau ditebelin, nantinya kita bisa lihat arti dari kata tersebut apa.



Untuk memudahkan kita, Bangkok Post Learning menyediakan tiga buah kategori utama berita, yaitu Easy, Intermediate, dan Advanced. Kategori tersebut berdasarkan jumlah kata serta tingkat kesulitan kosakata yang ada dalam berita tersebut.

Tak hanya kosakata, kalau kita pengen tahu cara pengucapannya, di bawah berita tersebut nantinya ada audio. Berita yang baru kita baca tadi akan diucapkan oleh native di audio tersebut.



Kalo udah bosen baca berita, kita juga bisa, lho, ngirim tulisan ke sana.


Aku sekalian pengen sharing juga, nih, tentang pengalamanku mengirim tulisan di Bangkok Post Learning. Kebetulan waktu itu lagi heboh-hebohnya soal bom Sarinah. Lalu, aku berusaha "ngerangkum" perilaku masyarakat kita di sosmed dalam sebuah short report. Aku kirim ke e-mail yang tertera di sini.

Ternyata, respon editor lumayan cepat! Mungkin karena yang ngirim juga dari luar Thailand. Kemudian, short report yang aku kirim juga masih anget-angetnya. Karena itulah editor memutuskan buat menerbitkan tulisanku sesegera mungkin!

Tulisan yang aku kirim tentunya berbahasa Inggris. Meskipun ada diksi yang kurang tepat, grammatical error, serta typo. Aku usahain aja biar kesalahan itu dikit. Jadi nggak ngerepotin editor juga, hehehe. Setelah aku kirim, tulisan tersebut dikoreksi terlebih dahulu. Hasil koreksinya bakal dikirim ulang ke kita buat dikonfirmasi kalau editannya itu ada yang mengubah arti dari tulisan kita apa nggak. Nah, setelah direvisi, tinggal tunggu hasil, deh.

Dan hasilnya bisa dilihat di sini.

Tuh, selain cuman baca-baca aja, kita juga bisa improve kemampuan writing kita dengan mengirimkan tulisan ke sana. Lumayan buat numpang nama di situsnya. Tak hanya kita saja, orang yang membaca pun bisa belajar dari kita.

Jadi, jangan ragu lagi. Yuk, belajar bersama di Bangkok Post Learning!




8 komentar:

  1. Langsung bookmarks situsnya,
    And thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. siip sama-sama mas. semoga bermanfaat (y)

      Hapus
  2. Balasan
    1. sip, terima kasih kembali mas. semoga bermanfaat (y)

      Hapus
  3. Bahasa Inggris harusnya dikuasai oleh masyarakat Indonesia, supaya gak ketinggalan dari negara negara tetangga yang menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa kedua nasional mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap. saya setuju banget mas. apalagi udah zaman MEA gini.
      makasih udah berkunjung ^^

      Hapus
  4. Wah keren juga ya. Sama2 negara yg masyarakatnya perlu blajar English.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. kalo soal mempelajari bahasa Inggris, Thailand jadi terlihat lebih niat

      Hapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...