Rabu, 24 Februari 2016

#tarunangeblog Guide Post


Tepat hari ini, 24 Februari 2016, Komunitas #tarunangeblog sudah memasuki umur satu bulan! Yeyeyeyeye~

*nyalain petasan* *tiup lilin* *potong kue*

Untuk merayakan umur yang masih satu bulan, aku bikin postingan ini khusus buat #tarunangeblog. Aku rela nabrak jadwal blog biar cocok sama tanggal jadinya. Hehehe.

Anggap aja aku guide (G) dan kamu adalah turisnya (T), aku akan ngajak kalian berkeliling ke sebuah destinasi komunitas bernama #tarunangeblog! Follow me~


T: #tarunangeblog itu apa sih?
G: #tarunangeblog adalah sebuah komunitas blogger yang menampung minat taruna/i STMKG dalam dunia blogging.

T: Apa latar belakang berdirinya #tarunangeblog?
G: Komunitas ini berdiri atas dasar kesadaran akan dunia yang sudah memasuki era digital. Di era inilah informasi bisa dengan mudah didapatkan hanya dengan hitungan detik. Komunitas #tarunangeblog ingin mendorong anggotanya untuk selalu keep in touch dengan berbagai macam informasi tersebut. Informasi ini akan sangat berguna untuk membentuk pemikiran kritis, mengembangkan kreativitas, serta membangun jiwa entrepreneurship. Itu versi ribetnya, hehehe.
Kalau versi simplenya, #tarunangeblog ingin memberdayakan anggotanya melalui blogging. Karena dari blog, banyak hal yang bisa dipelajari seperti belajar membuat konten, coding, desain, bahkan monetisasi.


T: Awal berdirinya komunitas ini ceritanya gimana?
G: Berawal dari obrolan WA antara Audi sama Isti. Hasil kesepakatan di WA tadi kemudian disebar ke grup angkatan. Yang berminat langsung ditampung di grup WA baru. Anggota awal inilah yang sekarang jadi pengurus #tarunangeblog. Pembentukan "resmi"-nya dilakukan di kosan Danis pada hari Minggu, 24 Januari 2016, dengan mengadakan rapat perdana.

T: Anggotanya siapa aja?
G: Untuk saat ini, anggota dari #tarunangeblog adalah taruna/i STMKG angkatan 2014 (yang sekarang masih nonaktif).

T: Angkatan lain boleh gabung juga, nggak?
G: Boleh, tapi nanti. Kami mau memperkuat internal kepengurusan dulu, baru nantinya akan menerima anggota lagi. Perkembangan komunitas ini bisa dilihat di Twitter, Instagram, dan Official Account Line. Siapa aja boleh ngefollow, kok! ^^


T: Apa aja, sih, kegiatan yang sudah dilakukan #tarunangeblog?
G: Sejauh ini baru dua kegiatan offline yang sudah dilakukan, yaitu rapat perdana (24 Januari 2016) dan Kelas Blogging Perdana (31 Januari 2016). Sedangkan kegiatan online ada kampanye #bloggingeverywhere di Instagram. Selain itu, ada pula kegiatan rutin yang dilakukan secara online seperti berbagi postingan di blog ke sosmed komunitas serta #kultwitngeblor. Untuk kegiatan selanjutnya akan diupdate di sosmed #tarunangeblog. Stay tune!


T: Kalau ngefollow sosmed #tarunangeblog, apa aja keuntungan yang bisa didapat?
G: Yang pastinya informasi dan dokumentasi kegiatan #tarunangeblog, ilmu mengenai blogging (#kultwitngeblor), blogwalking, serta info lomba blog yang bisa diikuti.



T: Apa filosofi logo dari komunitas #tarunangeblog?
G: Logo ini dibuat oleh Madek. Katanya,tangan mengepal melambangkan jiwa taruna yang penuh semangat juang. Kemudian, di nadinya ada huruf T dan logo blogger, T-nya untuk kata Taruna, lambang blog menandakan bahwa kita komunitas blogger. Lambangnya agak minimalis mewakili tujuan kita yang simpel, yaitu sebagai wadah kreativitas para blogger STMKG.

T: Apa filosofi hashtag (#) dari nama #tarunangeblog?
G: Seperti yang kita tau, hashtag merupakan salah satu simbol dari kemunculan era new media. Simbol ini digunakan untuk menandakan sebuah topik tertentu agar mudah dikelompokan dan mudah ditemukan. Begitu pula harapan kami mengenai #tarunangeblog. Diharapkan komunitas ini dapat menjadi simbol pemberbaru semangat taruna/i STMKG dalam menghadapi era digital. Kemudian, melalui komunitas ini, #tarunangeblog ingin "melebarkan sayap" ke komunitas blogger lainnya sehingga komunitas ini nantinya akan semakin banyak dikenal dan mendapat dukungan dari komunitas lain.

T: Ngeblor itu apa?
G: Ngeblor merupakan singkatan dari "ngeblog rame". Kosakata ini ditemukan oleh Madek. Sebagai ciri khas dari #tarunangeblog, ngeblor sudah diabadikan sebagai panggilan untuk para followers #tarunangeblog (Sahabat Ngeblor), sapaan (#salamngeblor), serta kuliah online (#kultwitngeblor). Ngeblor-ngeblor lainnya akan diupdate di sosmed.

T: Selama satu bulan berdirinya #tarunangeblog, sudah ada perkembangan apa saja?
G: Kalau dari sudut pandang Audi, teman-teman kampus, terutama anggota komunitas, jadi rajin ngeblog. Tiap hari pasti ada yang share postingan terbarunya di sosmed. Kemudian, yang tadinya nggak minat menulis jadi terdorong motivasinya untuk banyak menulis. Banyak pula yang mendapatkan pengetahuan baru mengenai blogging sehingga beberapa blog milik anggota yang aku kunjungi jadi makin kinclong desainnya dan kece kontennya. Padahal beberapa di antaranya baru aja bikin blog. Beberapa dari anggota juga sudah maju untuk berpartisipasi dalam lomba blog. Wish them luck, ya! ^^

T: Kalau untuk Audi sendiri, apa yang sudah didapat dari komunitas ini?
G: An irreplaceable happiness! :") Pokoknya, aku selalu semangat kalau #tarunangeblog mau ngadain kumpul. Senang juga bisa kenal dengan teman-teman yang memiliki minat sama. Nyambung, deh, pokoknya. Senang juga akhirnya bisa lihat banyak teman yang termotivasi untuk blogging. Senang bisa belajar bareng. Senang bisa main bareng. Sumber dopamin, lah! (y)

Jika turis ingin bertanya lagi, bisa dilakukan di kolom komentar.

Selamat satu bulan, #tarunangeblog! Long last!


Kandangan, 24 Februari 2016

9 komentar:

  1. Duh, aku gak kekinian, nih...
    Baru tau ada komunitas hebat macam Tarunangeblog.
    Tapi, bagusnya sekarang udah tau tah. WKkwwk

    Selamat satu bulanan, tarunangeblog.
    Semoga makin sukses! :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas ucapannya mbak, semoga sukses juga ^^

      Hapus
    2. Wahhh ada komunitas baru lagi khusus taruna, semoga blognya bermanfaat ya mbak, kali aja nanti anak2ku masuk taruna hehe

      Hapus
    3. aamiiin, terima kasih mbak. :)
      salam buat anak-anaknya hehe

      Hapus
  2. Eh, ada komunitas beginian ya? baru tau aku, ternyata baru :)) semangaaaaat yak :D selamat ulang bulan :D terus solid selalu ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa masih baru hehe. terima kasih mas :)

      Hapus
  3. selamat satu bulanan mbak :)
    semoga kedepannya #TarunaNgeblog bisa lebih maju dan bermanfaat bagi anggota (khususnya) dan bagi juga kepada khalayak ramai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin... Makasih atas ucapannya mbak ^^

      Hapus
  4. Semangat kak.
    Mungkin sekarang lagi ngetren nya video blog. Tapi blog konvensional gak akan pernah mati sampai kapanpun.
    Gak rugi kok jadi Bloger :)


    Goodluck buat Taruna Blog nya yah :D

    BalasHapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...