Kamis, 10 Maret 2016

5 Jenis Kegiatan Tanpa Listrik Yang Perlu Dicoba Ketika Mati Listrik

Ketika aku menulis ini, di kotaku sekarang sedang ada pemadaman bergilir. Pemadamannya pun cukup lama, dari pukul 9 pagi sampai pukul 4 sore. Yang nggak terbiasa hidup tanpa listrik pasti udah serem banget dengar kabar itu, termasuk aku, hehe. Masih untung, sih, pemadaman listriknya itu bilang-bilang dulu. Jadi, sebelum mati listrik kitanya sudah siap nge-charge beberapa barang berharga macam HP dan laptop biar bisa dipakai buat mengisi waktu sembari nunggu listrik nyala. Coba kalau dadakan. Beuuuh.

Nah, bagaimana jika dalam keadaan itu semua barang kelistrikan kita low batt dan nggak bisa dipakai buat ngapa-ngapain lagi? Masa bengong aja? Nah, daripada bengong, berikut ada lima jenis kegiatan tanpa listrik yang perlu dicoba saat mengalami mati listrik:

Outdoor Activity


Mati listrik biasanya bisa bikin suntuk kalau di rumah aja. Mending dibawa jalan-jalan, deh. Seperti bersepeda keliling kota atau pergi ke desa sebelah. Siapa tahu di sana nggak mati lampu, hehehe. Atau bisa juga mengadakan kumpul komunitas bagi yang memiliki komunitas yang tempat kumpulnya nggak jauh dari tempat tinggal. Ngebahas apa, kek. Selain itu, outdoor activity lain yang perlu dicoba adalah berkebun. Bagi yang punya halaman rumah yang cukup luas, tidak ada salahnya dipercantik dengan menanami beberapa tanaman. Atau kalau tetangganya punya kebun, boleh lah bantu-bantu tetangganya buat berkebun.

Literature Activity


Kalau ngeliat judulnya, aktivitas ini berhubungan dengan kepustakaan. Yap, baca buku bisa jadi kegiatan yang bisa membuat waktu berlalu tanpa terasa. Bongkar aja lemari buku, trus cari kali aja ada buku yang belum terbaca, atau buku yang pengen dibaca lagi buat nostalgia. Tak hanya baca aja, di sela-sela menunggu listrik menyala, menulis juga bisa dilakukan. Dengan hanya bermodal pulpen dan kertas. Tulis-tulis-tulis, udah, deh! (kayak mudah banget gitu, ya, menulisnya). Hal lain yang bisa dilakukan dan berhubungan dengan kepustakaan adalah merapikan rak buku. Bisa, tuh, iseng nyoba-nyoba me-niche-kan rak buku. Bisa berdasarkan genre, warna, bahkan urutan abjad.

Art Activity


Aktivitas ini lebih ke arah melatih kreativitas tangan. Bisa dengan menggambar, melukis, mewarnai, mendaur ulang barang, menyulam, merajut, dan banyak lagi, deh! Pokoknya, kegiatan ini nantinya akan menghasilkan sebuah benda yang memiliki nilai estetika atau fungsi yang baru.

Social Activity


Kalau aktivitas ini dilakukan pastinya dengan melibatkan orang lain dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini sederhananya adalah dengan berkumpul dengan orang terdekat (keluarga, teman kos, tetangga, dll) kemudian quality time. Ketiadaan listrik bisa bikin quality time menjadi lebih berasa. Kegiatan sosial juga bisa dilakukan dengan gotong royong, mengasuh anak tetangga, dan lain-lain.

Toy & Game Activity


Punya mainan di rumah? Nggak ada salahnya dimainkan lagi untuk mengisi kekosongan. Mainan yang seru itu bisa kayak main bongkar pasang semacam lego, puzzle, dan rubik. Bisa juga memainkan board game kayak catur, monopoli, dan scrabble.



Lagi asyik-asyiknya buat melakukan kegiatan tagi, tiba-tiba listrik udah nyala aja! Yeaaay. Tapi kalaupun listriknya nggak mati, aktivitas tadi juga boleh dicoba, dong. Kalau mati lampunya di malam hari juga bisa dilakukan, kok. Asal penerangan mencukupi aja. Semoga bermanfaat ^^

16 komentar:

  1. Kalau aku suka outdoor activity, kebetulan di surabaya jarang matlam jd klo pas gitu iseng aja jalan2 lewat gang2, gelap2an hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gelap2an biar kerasa mati lampunya ya mbak? Wkwk

      Hapus
  2. Kalau malem..aku mending natap langit ahayy

    BalasHapus
    Balasan
    1. ....sambil membayangkan wajah si dia...

      Hapus
  3. Kalau mati lampu pas malem-malem, biasanya nongkrong depan rumah. Bisa main sama teman yang sepantaran atau ngobrol-ngobrol sama tetangga yang lebih tua...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, berarti termasuk suka bersosialisasi ya mbak. Sip sip

      Hapus
  4. kalau sedang mati listrik total sedangkan cuaca sedang bagus, saya akan suka keluar, kemudian meotret bintang, star trail :)

    BalasHapus
  5. Salahnya orang jaman sekarang itu badannya udah manja. Kalau nggak pakai AC gelisah terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa keluar rumah aja, cari angin hehehe

      Hapus
  6. saya mah enakan tidur saat mati lampu heheh

    BalasHapus
  7. Sebenarnya ini bukan kegiatan kl mati listrik tp saya kangen banget pas bs ngobrol bareng ortu tanpa TV. kejadian langka itu hanya berlangsung seminggu setelah mama operasi mata dan gak boleh ntn TV. setelah dikasih sama dokter udah bye bye deh ngobrol barengnya :)))))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, hidup tanpa listrik bisa bikin quality time sama keluarga ya ternyata :o

      Hapus
  8. tambahin paranormal activity au ... wkwk :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu aja deh dan. Aku mah ogah ._.

      Hapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...