Rabu, 13 April 2016

Learning List For Blogger


Jika orang-orang mendengar kata blogging, banyak yang mengaitkannya dengan kegiatan menulis. Emang, sih, ngeblog itu kebanyakannya nulis. Namun jika lebih diperdalam lagi, ternyata menulis bukan satu-satunya hal yang dilakukan ketika sedang blogging. Ada beberapa hal lain yang perlu banget untuk dipelajari agar ngeblog semakin kece dan bermanfaat. Hal ini aku rangkum dalam Learning List For Blogger berikut ini:


1. Menulis! 

Merasa tulisan belum bagus? Menulislah. Merasa tulisan sudah bagus? Menulis juga, dong! Ilmu kepenulisan itu menurutku sangat dinamis. Bagaimanapun kemampuan menulisnya, yang namanya menulis itu memang harus selalu digali. Kalau aku pengen belajar tulis-menulis, aku senang baca tulisan blogger lain. Salah satu blogger yang senang banget ngasih tips soal kepenulisan adalah Mbak Carolina Ratri. Menulis juga tak hanya belajar mengenai bagaimana agar tulisan tersebut menarik pembaca, tetapi juga mengenai tata bahasa, tanda baca, bahkan kata baku. Hal ini bisa dipelajari dari beberapa grup Facebook kepenulisan atau akun Twitter penerbit.

2. Fotografi

Ada beberapa pembaca yang nggak betah membaca kalau isinya cuman tulisan doang. Karena itulah perlu ada media pendukung agar tulisan nggak terlalu ngebosenin. Seperti foto misalnya. Teknik fotografi dasar memang sudah seharusnya dikuasai oleh blogger. Apalagi kalau lagi traveling atau menghadiri sebuah event. Contoh blog yang seneng banget aku kunjungi karena fotonya bagus-bagus (karena tulisan juga tentunya) adalah blog milik Mas Agustinus Wibowo.

3. Desain Grafis

Pernah, nggak, pas lagi blogwalking trus nemu blog yang latarnya warna-warni rame ceria tapi tulisannya nggak bisa kebaca? Kan, percuma saja kalau tulisan bagus tapi susah dibaca. Untuk itulah ilmu-ilmu desain grafis perlu juga untuk dipelajari. Nggak perlu desain yang bagus-bagus banget. Minimal buat bikin pembaca blog jadi bisa baca dulu, deh. Baru kemudian bisa belajar lebih lanjut lagi mengenai desain grafis ini jika emang diperlukan. Seperti bikin header blog atau bikin gambar tambahan untuk blog. Kalau aku, sih, senengnya desain di canva.com. Soalnya emang easy buat digunakan oleh pemula kayak aku ;)

4. Bahasa Pemrograman

Karena blog itu terhubungnya dengan komputer dan internet, maka blogging juga nggak lepas dari program komputer. Bagi beberapa orang, kegiatan programming atau coding mungkin nggak terlalu kepake kalau memang sudah puas dengan bentuk blognya. Jika pengen punya blog yang berasa website, mungkin sudah saatnya buat belajar bahasa pemrograman. Minimal dasar-dasar HTML atau CSS. 

5. Marketing

Nah! Ini, nih, ilmu yang penting banget buat dipelajarin bagi yang pengen ngeblog tapi bisa sambil nyari duit juga. Kita juga mesti tau, nih, gimana caranya buat menarik banyak viewers, menarik sponsor, menaikan SEO, dan lain-lain. Untuk itulah blogger juga perlu buat belajar marketing

6. Hal-hal sesuai tema blog

Kita semua pasti punya bahasan yang berbeda-beda di blog. Mungkin ada yang senang bahas fashion, keuangan, lifestyle, Kpop, bahkan gado-gado, tergantung dari apa yang diminati. Tema-tema tersebut juga tentunya didapatkan dari hasil pembelajaran. Baik secara teori maupun langsung praktik di lapangan.

7. Lainnya?

Menurutmu, apakah ada hal lain yang belum tercantum di sini tapi diperlukan oleh blogger? Let me read your comment and I'll be ready to learn together! :)

12 komentar:

  1. Setuju :D
    dari blogging kita jadi belajar banyak hal :D

    BalasHapus
  2. Semakin bnyak nulis makin terasah ya mbak apalagi kl bisa sharing ilmu sama blogger lain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mbak! sharing ilmu juga bisa tambah ilmu sekalian hehe

      Hapus
  3. Dulu ada emak2 blogger yg sering juara lomba blog krn ilustrasinya gambar lucu2 ttg kehidupan seorang ibu. Gambarnya pakai tangan & pensil warna, terus di scan. Itu menjadikannya sangat menonjol krn yg lain melakukan cara yg sdh mainstream, beliau beda sendiri. Skrg beliau aktif berdakwah keliling Indonesia jadi jarang muncul karena sibuk. Mungkin itu bisa menginspirasi bg yg pengin tampil beda di blognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, baru tau ada emak seperti itu. thanks atas infonya ya mbak (y)

      Hapus
  4. Kalau saya sedang belajar satu hal yang sampai sekarang belum khatam, yaitu KONSISTENSI. :D

    Ya! Saya masih termasuk blogger yang kurang konsisten alam menulis. Ketika melihat Mbak Audia bisa secara teratur begini, sebetulnya saya jadi Mupeng... hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga kadang2 masih kurang konsisten kok, kebentur kerjaan kantor juga soalnya hehe

      Hapus
  5. konsistensi dan fokus, duh perlu belajar banyak ke kamu pas balik kampus pokoknya. banyak hal yg pengen kutanya, ajarin yaaah ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa ntar sama2 belajar juga istii. Ilmuki masih cetek :")

      Hapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...