Selasa, 26 April 2016

Review MV Seventeen - Pretty U


Seumur-umur aku berkecimplung di dunia per-kpop-an, baru kali ini aku ngerasa excited keterlaluan saat menyambut idol yang comeback. Well done, Seventeen! Grup idol yang satu ini emang berhasil bikin sesuatu yang beda dalam kpop. Bahkan, beberapa pembaca yang berkomentar di 17 Things About Seventeen That Successfully Bring Me Back To Fangirl World juga mengakui kalau Seventeen juga sudah menarik mereka balik lagi buat suka Kpop. 

I think I'm falling in love with their talent. And talent is not a waste. Buat aku, lagu-lagu mereka memang menggambarkan semangat anak muda. Cocok banget dijadiin moodmaker. Pembawaan mereka juga enjoy waktu tampil. Didukung oleh faktor self-producing juga, sih. Karena lagu beserta dance yang dibikin sendiri, mereka juga jadi terlihat lebih lepas dalam membawakannya. Sering dimodifikasi lagi.

That's why, aku nggak sabar lagi buat menanti karya mereka yang berikutnya!



Hari Minggu, 24 April 2015, aku berkesempatan buat nonton showcase Seventeen secara LIVE di channel Youtube 1TheK. Acara dimulai pukul 6 sore KST atau pukul 5 sore WITA. Seventeen membawakan beberapa lagu yang ada di album baru mereka dalam acara yang berlangsung satu setengah jam ini. Di acara ini pulalah music video (MV) dari track andalan mereka, Pretty U (예쁘다) diperlihatkan untuk pertama kalinya.

Beginilah penampakan MV mereka.....





Okay, let me tell you my honest opinion.

Sebenarnya ketika teaser MV ini udah keluar sehari sebelumnya, aku nggak terlalu berharap banyak. Apalagi pas liat Joshua dilemparin pake snack keju. MV ini intinya tentang hura-hura anak muda. Ceritanya, member Seventeen pengen ngadain pesta di sebuah tempat sejenis gudang gitu. Selagi ada member yang menyiapkan tempat pestanya, member lain ada yang menyebarkan kabar mengenai pesta tersebut dengan menempelkan poster ataupun stiker Seventeen di berbagai tempat di kota. Kemudian ada juga adegan-adegan lain yang memperlihatkan "kekacauan" yang dilakukan oleh mereka. Kayak semprot-semprotan saus di restoran atau meluncur di tempat bowling. Dan adegan Joshua dihujani snack keju bola-bola juga tetep weh ada. Pada akhirnya, member Seventeen pun mengadakan pesta di gudang tersebut. Diakhiri dengan saling semprot cat warna sehingga muka-muka unyu mereka pun berwarna-warni.

Ada dua hal yang membuatku nggak betah nonton MV ini berlama-lama.

Pertama, MV ini mengampanyekan vandalisme. Apalagi pas mereka semprot-semprotan saus di restoran. Aku udah nggak tega banget liat makanan dibuang-buang. Joshua juga sampai dilemparin snack. :(

OKE OKE, INI TERLALU SERIUS. Bagi yang nggak suka serius-serius, abaikan saja alasan ini.

Kedua, where on earth is the dance version??? Oke, mungkin aku emang sudah tersugesti kali, ya, kalau MV kpop itu harus selalu disisipi dengan dance. Tetapi, dance itu juga menurutku ngebantu, lho, buat bikin sebuah tanda khusus pada lagu yang dibawakan. Misalnya, ketika pertama kali aku nonton MV Mansae, dance melambai-lambai sambil berputar balik badan dan bilang "manserrr manserrr mansae yeah!" itu nempel banget di kepala sampai terngiang-ngiang walaupun aku nggak lagi dengar lagunya. Feel "kecanduan dengar Mansae" nggak bisa aku rasakan pada lagu ini ketika aku nonton MV ini. Nggak adanya dance di MV ini kayak ngehilangin sisi performance-nya Seventeen. Menurutku, lho, yaaaa.

Maapkeun. Secara personal, aku kurang suka dengan MV baru ini. Jika di kisaran 1-5, aku cuman bisa ngasih nilai 2,5 untuk MV ini dengan rincian:

Nilai 1: Penampilan para member Seventeen yang bener-bener natural dan tambah ganteng! Rambut mereka rata-rata balik jadi hitam. Paling berwarna, ya, pirang agak kecoklatan. Yang paling disoroti penampilannya tentu saja Jeonghan (rambutnya tambah pendek), The8 (tambah ganteng), Hoshi (beda banget), dan Vernon (tambah bule, kayak balik lagi penampilannya ke masa predebut XD).

Jeonghan. Biar tambah pendek tetep weh cantikan dia -__-

Hoshi. Cakepnya drastis, serius.

The8. Bye bye, rambut mie! :')

Vernon. Kok jadi tambah imut gini, ya? XD

Nilai 1: Track utamanya tetep dibikin ceria~ Konsepnya asik banget, kayak cerita bersambung. Lagu Adore U yang jadi track andalan waktu debut itu ceritanya masih kagum. Trus lagu Mansae itu kayak masa-masa pedekate. Nah, lagu Pretty U ini si cowoknya udah menyatakan. Kalau perkiraanku, sih, Seventeen bakalan nerima jawaban si cewek di lagu berikutnya. Soalnya di lirik akhirnya itu agak ngegantung. "Does she love me? Does she love me not? I wonder what the answer is going to be." Nah, loh. 

Nilai 0,5: Usaha mereka, of course.

Oke. Ungkapan rasa kecewanya dicukupkan sampai di sini saja. Kekecewaan itu langsung terobati karena showcase dilanjutkan beberapa detik kemudian dengan lagu Pretty U versi LIVE!



Seventeen emang jarang banget mainstream. Di versi live ini, mereka memakai sofa dan buku sebagai properti pelengkap dance. Dari versi live inilah aku baru ngeuh kalo Joshua, Jeonghan, dan The8 kebagian part nyanyi lebih banyak dari lagu-lagu sebelumnya! Seungkwan juga pamer high note di lagu ini. Dan yang bikin aku teriak kegirangan depan laptop tentunya pas part ini:


 Look at Josh! :') via GIPHY

Tuh, saking senengnya aku sama part-nya Joshua yang ini sampai aku bikin gif di Giphy, wkwk. Barulah setelah nonton versi live ini aku jadi lumayan dapet feel-nya. Terutama pas bagian "Yeppeun maaaaal!". Dance jilat jempol dua kali + injek-injek rumput tetangga pake satu kaki + megang kepala kiri-kanan bergantian sambil bilang "nasi padang" + nunjuk penonton + dadah-dadah sok imut, memberi kesan tersendiri buat aku terhadap lagu ini. Good job!

Ngeliat penampilan live mereka, aku jadi menanti-nanti penampilan mereka selanjutnya. Pengen nonton lagu ini versi live dari angel kamera yang berbeda. Pengen juga nonton dance practice version, part switch version, dan versi-versi lain dari lagu ini. Intinya, nggak masalah dikecewakan sama MV. Tetap saja Seventeen masih punya kejutan yang bisa dipamerin di versi lain. 

Pokoknya, kerja keras Seventeen buat ngebikin full album ini memang patut mendapatkan apresiasi. Aku berharap mereka akan sukses di album ini dan bisa lebih baik di album-album berikutnya. Seventeen fighting! ^^

2 komentar:

  1. yaaaaahh gif my josh kaga bisa di buka eon.. sungguh disayangkan..
    minta ig eonniie dong..

    BalasHapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.