Rabu, 15 Juni 2016

7 Rekomendasi Kegiatan Ketika Mengalami Writer’s Block


Ketika kamu lagi nulis sesuatu, pernah nggak kamu ngerasa nggak punya ide lagi pengen ngelanjutin tulisan itu kayak gimana? Kamu ngerasa kalau dari beberapa jam yang lalu ternyata tulisanmu cuman terpaku di paragraf pertama doang. Kerjaan utamamu cuman hapus-ketik-hapus-ketik aja tanpa ada perkembangan berarti. Jika udah seperti itu, bisa jadi kamu mengalami writer’s block! Yap, sesuatu yang sering terjadi pada orang yang menulis.

Seperti yang aku alami sekarang.

Lha, kalo writer’s block ini kenapa nulis?

Jadi gini nih, aku punya tiga tulisan yang ingin aku selesaikan. Satu buat lomba, satu buat kumpulan cerita, satu lagi buat entahlah-apa-tapi-pengen-aku-selesaikan-pokoknya. Tapi ketika aku berambisi banget pengen ngegarap ketiganya, eh malah nge-blank. Kalau udah begitu, aku lebih memilih untuk melakukan kegiatan lain.

Karena itulah aku iseng bikin tulisan ini. Selain numpang curhat, aku juga pengen nambahin tulisan blog biar blognya tambah rame. Halah. Nggak deng. Kalo ada yang baca trus terinspirasi ya alhamdulillah. Apalagi kalau kegiatan yang aku rekomendasikan ini ternyata ngasih pencerahan juga buat yang lain, hehehe.

Jadi, kalau udah ngerasa nggak bisa ngelanjutin tulisan lagi, aku bakalan....


1. Berdoa

Momen kehilangan ide ini bisa menjadi sebuah teguran dari Yang Di Atas. Teguran untuk selalu ingat siapa, sih, Sang Maha Pemberi Inspirasi? Kekuatan dari mana, sih, yang mampu ngasih inspirasi bejibun saat kita sedang berkarya? So, it’s better for me to take a moment of silent and pray.


2. Nulis!

Writer’s block itu menurutku nggak selamanya stuck menulis. Mungkin aja stuck nulisnya itu pada satu jenis tulisan. Misalkan aja lagi stuck nulis fiksi, maka aku bakalan mengalihkan kegiatanku buat nulis tulisan nonfiksi. Kayak begini aja contohnya. Karena ketiga tulisan yang aku sebutkan di atas nggak terealisasi, maka aku melarikan diri dengan nulis di blog. Atau kalau lagi stuck nulis semuanya, tulis status di Facebook atau Twitter juga boleh. Sekali-kali meramaikan tulisan di blog orang (baca: ngasih komentar, blogwalking). Pokoknya, masih banyak, kok, hal lain yang bisa ditulis kalau emang lagi stuck di satu tulisan.  


3. Membaca~

Kalau emang udah jenuuuuuuh banget sama nulis, aku memutuskan untuk menjadi pembaca saja. Bisa dimulai dengan membaca buku cetak atau e-book. Bisa juga, sih, baca-baca blog orang. Atau bahkan baca blog sendiri untuk mengenang postingan lama hehe. Kalau nggak, ya, online di sosmed (biasanya Twitter) buat memantau timeline. Tapi akhir-akhir ini aku senangnya baca chat grup yang rame. Terutama grup fans Seventeen yang (nggak) sengaja aku masuki. Wkwk.

Baca juga 10 Hal yang Aku Pertimbangkan Saat Memilih Buku.


4. Berinteraksi dengan orang lain

Udah jenuh dengan kegiatan baca-tulis? Waktunya untuk mengalihkan diri ke kegiatan lainnya. Bisa dimulai dengan melakukan interaksi dengan orang lain. Well, sebenarnya kegiatan ini nggak sering aku lakukan, tapi lumayan bisa bikin fresh, lah. Interaksinya itu terutama kalo dilakukan dengan the lovable one (my family, of course) serta dengan orang-orang yang aku rasa memiliki freskuensi yang sama denganku. Interaksinya tak harus secara langsung. Bisa juga dengan iseng ngechat orang di aplikasi chatting atau balas Twitter orang. 


5. Investasi ilmu

....or should I call it "belajar"?

Aku biasanya ngerasa writer's block itu bikin waktu banyak kebuang. Buat bengong terutama. Jadi, kalau aku udah nggak sreg sama kegiatan tadi, aku akan memilih untuk belajar. Biasanya, sih, buka PPT materi kuliah yang udah aku pelajari atau ngerjain ulang soal-soal dari buku Fisika Universitas.

LOL. Nggak segitunya juga, sih. Investasi ilmu di sini maksudnya adalah mempelajari hal yang dirasa bakalan berguna di masa depan nantinya. Misalnya, nih, aku punya rencana buat ikutan TOPIK (semacam TOEFL tapi berbahasa Korea) tiga tahun lagi. Maka, aku akan memanfaatkan waktu writer's block ini dengan mengalihkannya kepada kegiatan yang bisa menunjangku dalam menghadapi tes tersebut nantinya. Kayak nonton drama Korea, dengerin lagu kpop, ataupun nonton video-videonya Seventeen. Hehehehehe. 


6. Me Time

Ketika kegiatan sebelumnya masih juga nggak bikin pencerahan, inilah saatnya aku untuk melakukan pergerakan lain. I don't wanna meet people who recognize me and I also turn off my connection to any social media. Inilah yang aku sebut dengan me time. Aku bisa sendirian di kamar, meluk guling, trus mikirin kenapa bumi berputar etc. atau bisa juga aku tiba-tiba jalan ke suatu tempat tanpa ngasih tau siapa-siapa. Agak serem, ya? Nggak juga, ah. 


7. Tidur

Pikiran udah buntu. Trus juga nggak mood buat melakukan keenam kegiatan tadi. Yaudah, tidur aja.


Apakah kegiatan tadi bikin writer's block-ku teratasi? Jawabannya bisa iya bisa nggak. Tergantung kemampuanku buat nge-handle kebuntuanku juga, sih.

How about you? :)


12 komentar:

  1. Sering sekali waktu mau nulis buat dipost di blog kena writer's block. Bingung mau nulis apalagi. Selain tips2 yang tertulis diatas,saya memilih untuk diam atau mendengarkan lagu. Kemudian lanjut nulis lagi :D

    BalasHapus
  2. Saran saya baca koran mbak. Banyak permasalahan yang bisa dibahas jadi artikel blog di situ. Kalau males baca teks panjang-panjang, baca aja kolom "Surat Redaksi".

    BalasHapus
  3. Khusus untuk investasi ilmu, gak yakin kalau tujuannya untuk ikutan tes TOPIK, palingan demi menyalurkan niat untuk mantengin idola :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok mbak tujuannya, walau cuman sekitar 30% XD

      Hapus
  4. Setuju banget sama poin nomor 5. Aku bisa mantap lanjut kuliah lagi karena berkeinginan besar bisa memperkaya tulisan.

    BalasHapus
  5. setuju banget soal baca dan blog walking :D
    well, hana maah belum coba tips pertama :D makasih ya sharingnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk iyaa sama-sama. semoga bisa bantu ya mbak (y)
      *biarpun kadang aku masih banyak stuck juga*

      Hapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...