Selasa, 28 Juni 2016

Saving Money for Fangirl!


Ada yang kangen tulisannya Audi, nggak? Huhuhu. *pede amat*

It's been a while since the last time I post something here. Padahal postingan terakhir isinya soal writer's block. Kayaknya emang bener-bener stuck jadi baru hari ini nongol lagi. Banyak hal yang terjadi selama seminggu ini, termasuk my happy new year! 

Yup, I'm 2NE1 right now. Seperti tahun-tahun sebelumnya, aku nggak terlalu excited buat ngerayain ultah. Tapi aku ngucapin terima kasih banget buat semua yang udah ngasih ucapan selamat serta doa, apapun niatnya.

Kalau mengenai hadiah, I think the best present that ever be given to me is a longlast life. Karena Yang Punya Hidup masih memberi kesempatan buatku untuk memperbaiki diri, melakukan hal yang lebih baik di masa mendatang, dan mewujudkan impian yang belum tercapai. Klise, ya? Tapi kalo seandainya umurku udah habis sebelum ini, kalian pasti nggak bakalan bisa baca tulisan terbaru Audi lagi. :')

Udah, mah, ini pede banget.


Ngomong-ngomong soal hadiah, terima kasih juga buat beberapa orang yang udah ngasih hadiah berupa materi. I'll use it wisely. Termasuk kantor yang udah ngasih THR dan gaji ke-13! *sungkem* Termasuk juga Seventeen yang suka ngasih surprise di bulan-bulan ini!


Surprise-nya Seventeen banyak banget macamnya. Pernah pas aku lagi suntuk-suntuknya dinas malam, tiba-tiba Twitter rame banget sama Carat. Rata-rata tulisannya nggak nyante. Banyak typo. Capslock jebol kebangetan. Usut punya usut, ternyata official Youtube Seventeen tiba-tiba ngeluarin MV Love Letter yang merupakan salah satu track di album Love & Letter! Tbh, sebenarnya lagu ini nggak masuk daftar lagu favoritku di album Seventeen. Tapi pas nonton MV-nya yang unyu-unyu sweety gitu ya gimana nggak suka coba.... 

Kejutan lain yang bikin jackpot banget adalah berita soal Seventeen yang bakalan ngeluarin album Repackage di bulan Juli. Sebenarnya nggak terlalu kaget-kaget amat, sih. Soalnya udah banyak spoiler bertebaran, hehe. Yang bikin jadi kejutan itu adalah adanya SMS pemberitahuan dari bank kalo ada uang sejumlah ini masuk rekening tak lama setelah baca berita itu! What a beautiful timing! 

Tapi sayang banget, nggak semua fangirl mengalami hal kayak gini. Masih ada yang nggak bisa beli albumnya meski pengen banget. Kebanyakan nggak bisa karena alasan finansial. Mungkin ada juga yang mampu secara finansial tapi niatnya kurang kuat.

Lho, beli album juga musti ada niat, ya?

That's it! Kalau emang bener-bener pengen banget punya album, setidaknya ada niat, lah. Kalau niatnya kuat, biasanya action bakal ngikutin. Hal ini juga nggak cuman berlaku buat beli album doang. Tetapi juga kegiatan lain kayak konser dan semacamnya. 

Selain niat, langkah-langkah berikut ini juga patut dicoba untuk mengatasi krisis finansial para fangirl:  


1. Tentuin prioritas

Diingetin dulu, nih, ya. Terkadang saking pengennya fangirling, jadi nggak mengutamakan hal-hal yang sebenarnya lebih penting. Seperti ngabisin jatah UKT buat nonton konser. Atau bahkan sampai jual ginjal. Mudah-mudahan nggak gitu, yaaa. Pisahin dulu yang mana kebutuhan wajib dan yang mana kebutuhan sampingan. Wajib itu kayak kebutuhan buat menghidupi sehari-hari atau kebutuhan buat pendidikan. Kalau sampingan itu kayak jalan-jalan, nonton di bioskop, dan lain-lain. Kalau memang fangirling itu bisa ganggu kebutuhan wajib, sebaiknya jangan dipaksa. 


2. Bikin perencanaan

So, fangirling nggak ganggu apa-apa, kan? Oke, waktunya menyusun perencanaan. Penyusunan rencana ini buat menentukan hal yang ingin dibeli, target jumlah pendapatan, serta bagaimana cara mendapatkan pendapatan tadi. 

Contoh:
Barang yang ingin dibeli: album kpop
Estimasi harga: 150000 - 700000
Target jumlah pendapatan: 700000
Target waktu pendapatan terpenuhi: 7 bulan
Cara mendapatkan: dengan menyisihkan uang jajan sebesar 100000 setiap bulan. 


3. Jangan remehkan uang receh!

Waktunya kita melirik uang receh. Terkadang kita suka nggak peduli karena uang receh saat ini seperti nggak berarti apa-apa. Cukupnya buat beli permen doang. Atau ngasih pengamen. Eh eh, tapi jangan remehkan kekuatan uang receh! Bahkan pengemis aja bisa kaya gara-gara ngumpulin recehan. Jadi, kalo misalkan belanja di warung trus dapat uang recehan, amankan aja dalam celengan. Ntar kalo udah banyak bisa ditukarkan di minimarket terdekat.

Tips: sebaiknya celengan sudah harus dibongkar paling lambat setahun setelah mulai nabung. Soalnya aku pernah punya celengan dari SD dan ketika dibongkar beberapa tahun kemudian udah banyak recehan yang nggak laku lagi di pasaran. 


4. Bikin akun bank baru

Khusus bagi yang uang jajannya dikirim lewat akun bank, ada baiknya bikin akun bank baru. Akun ini berfungsi sebagai tabungan. Misalkan kamu pengen menyisihkan 30% uang jajan kamu. Nah, 30% ini nantinya akan dipindahkan ke akun bank yang baru ini. Hal ini berguna biar kamu bisa bedain mana uang buat sehari-hari dan mana uang buat fangirling. Selain itu, ini juga merupakan upaya pencegahan agar nggak "khilap" jajan. 


5. Tambah penghasilan

Kalo emang uang jajan masih nggak cukup buat mewujudkan impian itu, waktunya cari penghasilan lain! Bersyukur di zaman ini sudah banyak cara yang bisa ditempuh untuk dapat uang jajan tambahan. Asalkan nggak negatif aja, sih. 

Rekomendasi:
  • Buka online shop atau jadi reseller.
  • Endorse barang.
  • Ikut lomba berhadiah uang tunai/tabungan.
  • Kirim tulisan ke media.
  • Bikin blog trus dimonetisasi.
  • Punya akun Youtube trus dimonetisasi.
  • Jadi guru les.
  • Jadi penerjemah.
  • Kerja part time di restoran/cafe/minimarket.
  • dan lain-lain (sesuai kemampuan yang dimiliki).



6. Sedekah

Nah! Kalau ini urusannya sama Sang Pencipta. Soalnya dijanjikan, lho, kalau menyedekahkan hartanya buat orang lain maka baliknya itu berlipat-lipat. Kalaupun lagi ngumpulin duit, jangan lupa sempatkan dikiiit aja buat sedekah. Banyak lebih recommendedIt's also a note to myself. 


That's all. Belum tentu yang ngasih tips bisa melaksanakan step di atas dengan benar, lho. Tetapi harapannya semoga yang disampaikan bisa membantu. :)

8 komentar:

  1. Setuju nih sama tips2 yg kak audi tulis diatas. Aku msh termasuk fangirl yg mikir2 buat beli album fisik sih hhehe *Carat odong2*

    mskipun beli pakai uang sendiri ortu suka banyak introgasi dan suka ngasih nasihat yg melebar kemana2, kemudian aku merasa jd anak yg jahat.. Makanya skrg gak terlalu mentungin beli stuff. Tp fangirling nya pindah haluan beli kuota. Klo idola kambek ya suport nya dgn segenap kuota yg ku punya *eh malah curhat aku nya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk gapapa sok curhat aja.

      iyaaa kadang2 masih diawasi ortu jadi suka nggak enak. kalo aku mah udah agak dilepas jadi pengen beli apa aja udah bebas :))

      tapi gapapa, tetep support SVT sebisanya ajaaa

      Hapus
  2. fangirl yang mana yah?
    hehe maklum emak2 nggak update kesukaan anak muda :d
    ngomong2 smoga sukes untuk tipsnya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. fangirl korea mbak hehe. makasih udah mau nyasar ke sini ya mbaaak ^^

      Hapus
  3. Sumpahh aku gagal pahaam kali ini sama tulisanmu Hhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gagal paham yang mana ya mbak? wkwk.

      Hapus
  4. Barakallah fi umrik Audi :D
    wah audy fangirling nya niat banget ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak hana :)
      iyaa nggak nyangka juga sih bisa seniat ini wkwk

      Hapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...