Rabu, 31 Agustus 2016

Cara Cepat Menguasai Huruf Hangul


Kalo kita melihat negara-negara Asia Timur, rasanya jarang banget kita nemuin negara berhuruf latin di sana. Seperti Tiongkok, Jepang, dan Korea, mereka masing-masing punya hurufnya sendiri sehingga yang pengen belajar bahasa mereka itu harus ekstra belajar hurufnya juga. 

Jika dibandingkan dengan negara tadi, huruf Korea atau huruf Hangul merupakan huruf yang paling mudah buat dipelajari. Serius! Nggak cuman aku doang, lho, yang bilang ini. Soalnya Hangul ini pake sistem satu-huruf-satu-kata. Beda sama Jepang yang hiragana-katakana-kanji udah beda semua. Apalagi huruf Mandarin yang satu-huruf-satu-kata.

Aku sendiri udah bisa baca huruf Hangul, biarpun bacanya masih kayak anak TK heuheu. Caraku dalam mempelajari huruf Hangul akan aku paparkan setelah ini. 


Sebelumnya--biar lebih termotivasi buat belajar--berikut beberapa manfaat yang didapat jika menguasai huruf Hangul:

  1. Lebih terlihat keren. Bisa baca huruf Korea gitu, lho. 
  2. Karaoke lancar, khusus kalo karaokenya pake lagu Korea, ya. 
  3. Bisa baca nametag pemain Running Man.
  4. Bisa dipakai buat nulis diary. Iya, sih, pakenya huruf Hangul. Biarpun tulisannya bahasa Indonesia hehe. "촌토냐 가약 기니" (Yang belum bisa baca, coba copas kalimat ini ke Google Translate trus klik read phonetically yang ada di sudut kiri bawah kotak)
  5. Bisa nyampah di sosmed in sok keren way
  6. Buat cowok nih biar bisa pedekate sama cewek yang suka Korea. Jadi kalo nembak doi pake surat yang isinya huruf Korea aja biar doi berasa ditembak cowok Korea wkwk. Halah.
  7. Yang pastinya bakalan lebih mempermudah buat belajar bahasa Korea lebih lanjut. Terutama juga buat ngebolak-balik kamus Korea.
  8. Dan lain-lain, sesuai kepentingan masing-masing. 



Oke. Udah termotivasi dengan benefitnya, kan? Kini saatnya langsung ke tahap penguasaan huruf Hangul! Untuk digarisbawahi kalau langkah ini sudah aku praktikan sendiri dan berhasil dalam waktu kurang lebih dua jam! Penasaran? Berikut langkah-langkahnya:


1. Niat

Yang pastinya kalo melakukan sesuatu itu jangan lupa pake niat. Kalo udah punya niat buat belajar, insya Allah pelajarannya lebih bisa masuk, kok. Niat itu bisa dibentuk dari motivasi di atas. Atau terserah, deh, dari mana niatnya. Yang penting mau belajar. Udah punya niat, kan?

Kalo aku dulu punya niat belajar baca Hangul gara-gara frustasi. Aku banyak nonton acara Korea tapi, kok, hurufnya keriting-keriting gitu nggak bisa dibaca. Makanya akhirnya aku memutuskan untuk belajar. 


2. Cari gambar huruf hangul di Google

Kalo udah punya niat, waktunya ambil laptop atau smartphone trus googling "huruf hangul" di Google. Maka akan ada banyaaaak banget gambar huruf hangul di images. Aku download sekitar tiga images. Rekomendasi seperti yang ada di bawah ini. Sumber: kudokuofficial.blogspot.com; hubpages.com; moodymiy.weebly.com.

Image result for huruf hangul

Image result for huruf hangul 

Image result for huruf hangul

Dari gambar tadi, yang baru pertama kali kenal Hangul mungkin udah bisa liat pola penulisannya gimana. 


3. Search video Youtube lagu Kpop yang disertai lirik

Kalo belajar di les, katanya suka disuruh nulis huruf hangul berkali-kali sampai lancar trus sambil nyebutin kayak belajar ngeja gitu. Nah, I'm not that type of person. Aku bisa ketiduran kalo belajarnya kayak gitu. Jadiiii... aku langsung turun ke lapangan! 

Caranya, aku cari video Youtube lagu Kpop yang ada lirik + romanisasi + terjemahan. Kan banyak, tuh, di Youtube. Lirik hangulnya aku tulis lebih dulu. Setelah itu, aku coba buat baca huruf hangul tersebut dengan suara keras sambil liat daftar huruf dari gambar yang sudah didownload. Terkadang suka lupa hurufnya, terkadang juga suka ketukar, tapi itumah udah biasa. Namanya juga belajar. 

Udah nyoba baca sendiri, kemudian aku coba "dibimbing" sama videonya. Sambil belajar baca Hangul, perhatiin juga pronunciation dari penyanyi. Sesekali nyontek baca romanisasinya. Lakukan berkali-kali. Dulu aku mempraktikan ini pakai lagunya Boyfriend and it worked! 

Bagi yang baru belajar, aku merekomendasikan lagunya GFriend - Navillera. Menurutku, suara member GFriend cukup clear dan liriknya juga cukup mudah buat diikuti. Bisa dilihat pada video di bawah ini. 




4. Tonton live performance

Udah ngerasa bisa baca Hangul? Waktunya membuktikan! Cara membuktikannya bisa macam-macam. Kalau aku kemaren ngebuktiinnya sambil nonton live performance seperti Music Bank, Show Champion, dll. Biasanya, kan, ada tuh lirik lagunya di sudut kiri bawah. Nah, aku mempraktekan yang sudah aku pelajari dari situ. Video yang aku tonton waktu belajar ini adalah video live Boyfriend waktu mereka nyanyi lagu You and I. 


Caranya kurang lebih sama kayak langkah sebelumnya. Tulis lirik, baca sendiri, trus bandingkan. Bedanya, kalo sebelumnya dibantu sama romanisasi, yang ini dituntut harus bisa baca sendiri. Bisa? Harus bisa, dong! 


Coba, deh, baca Hangul dari video live Seventeen berikut ini.

 


Setelah menerapkan langkah sederhana tadi selama kurang lebih dua jam, akhirnya aku bisa baca huruf Hangul! Nggak lancar-lancar banget, tapi setidaknya kalo ada huruf Hangul aku nggak lagi liat huruf itu sebagai huruf keriting, hehehe. Selanjutnya tinggal dilatih lagi, deh.

Kemampuan orang beda-beda, ya. Mungkin ada yang bisa lebih cepat, mungkin juga lebih lambat, atau bahkan nggak masuk sama sekali. Cara yang aku lakukan ini juga mungkin nggak semua bisa menerapkan. Tapi semoga worth trying, ya! Jangan lupa bagikan juga pengalaman kamu belajar baca Hangul ;)

22 komentar:

  1. Okeh fix!
    Berarti aku niatnya yang kurang teguh nih!

    Motivasi belajar hangul biar bisa nge-reply tweet-nya bias, tapi Lee Min Ho jarang nge-tweet!
    *aku memang receh!*

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung ngomong lewat direct message aja teh! *ngomporin*

      Hapus
  2. wow niat banget belajar sendiri.. dulu hana ikut kelas korea dasar waktu kuliah .. alhamdulillah beberapa huruf hangul masih inget.. kalau baca name tag pemain running mah masih bisa lah.. hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru banget ada kelas bahasa korea pas kuliahnya :O

      Hapus
  3. Kerwennn dari ngefans doang bisa nambah ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong mbak biar ngefansnya nggak sia-sia wkwk

      Hapus
  4. Wakkk.. mba Audia itu bacaannya apaan?? Saya belajar huruf hijiah aja deh. Hihi..

    Eh tapi keren deh liat mba audia dan teman2 lain pada bisa belajar huruf begituan. Kanji, china, india..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bacaannya bisa cari di google translate aja mbak hehehe.
      makasih mbaak, kalo udah niat mah belajar aja ;)

      Hapus
  5. Waduh kalau saya mah pusing mbak tapi kalau teman tercantik saya mah mungkin langsung dilahap deh okeh saya kasih tau dulu deh mbak biar tambah seneng namun saya tambah pusing karena nanti kalau dia bisa dia malah ngajak ngobrol saya pakai bahasa barunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti masnya juga musti belajar ini juga dong atuh :))

      Hapus
  6. Seketika kepala saya panas karena otak ngebul haha

    BalasHapus
  7. Pusing gue liatnya,,,

    Lebih pusing liat pelaminan nikahan Mantan...

    ERrrrrggg...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuhkan mending pusing belajar ini udah XD

      Hapus
  8. ahhh keren banget... pengen bisa juga, tapi entaran aja abis memulihkan trauma gak lulus les beginner kelas mandarin wwkwkwkwkwk... hurufnya bikin nyerah dan pas ujian cuma bisa ngomong angka 1-10 doang -__-'

    BalasHapus
    Balasan
    1. pulihkan aja traumanya dengan belajar bahasa baru mbak ^^

      Hapus
  9. Aku uda mempraktikannya... Dan berhasil.. Yeay... Ternyata lebih gampang pake cara ini drpd kemarin aku coba hafalin sendiri tp ga nyantol sama sekali hehehe... Makasih tipsnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ALhamdulillah...
      oke mbak sama-sama ^^

      Hapus
  10. makasih tips nya mbak..haha pengen sih tp blm kiyeng blajarnya :D

    BalasHapus
  11. Waaa. Gonna try it sooon! Kemarin aku belajar konvensional sebagaimana dlu belajar bahasa dasar, mayan emmmm :v

    BalasHapus
  12. Waktu sudah agak lancar baca hangul, aku kopas lirik lagu yang aku suka dan aku simak sambil dengerin lagunya. Belajar pelafalan kosa kata bahasa Korea sambil fangirling :D

    BalasHapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.