Selasa, 30 Agustus 2016

My Most Favorite Cover Songs from Boys24 Unit Performance


 CAUTION: BANYAK SPOILER!
(Bagi yang belum nonton acaranya dan punya niat pengen nonton)

Karena masih brokenhearted gara-gara nggak bisa nonton fanmeeting Seventeen, aku jadi mengalihkan fokus untuk sementara ke Boys24. Tapi bukannya fokus sementara, malah keterusan ngefans wkwk.

Fyi, Boys24 itu adalah acara TV di Mnet yang konsepnya survival. Tujuannya buat ngebentuk boy group. Peserta awalnya berjumlah 49 orang yang dibagi ke dalam 7 unit, yaitu Unit Red, Blue, Green, Purple, Yellow, White, dan Sky. Dari 49 tadi terjaring 24 orang dari 4 unit yang diberi kesempatan untuk perform di teater (kayak JKT48 gitu) selama setahun. Baru setelah itu akan ada final member berjumlah 6-7 orang yang akan didebutkan. Begitu kira-kira. CMIIW, yak. 

Selama programnya berlangsung, unit-unit yang ada di Boys24 pastinya disuruh perform dengan tema tertentu di setiap episodenya. Berikut daftar tema perform yang harus ditampilkan oleh setiap unit:

Episode 2-3: synchronized dance
Episode 4: Mix and match
Episode 5: Capture audience’s heart
Episode 6-7: First idol generation
Episode 7: Battle vocal, performance, rap
Episode 8: Final, their own song

Di antara episode di atas, aku paling suka mix and match. Soalnya mereka dituntut untuk bisa ngecover lagu dan nge-mix lagunya dengan genre yang tersedia. Banyak yang kreatif pokoknya! Bahkan beberapa ada yang lebih aku sukai versi covernya daripada yang asli. Maapkeun.

Tapi penampilan kesukaanku nggak sebatas di episode itu doang, kok. Di episode lain juga ada. Karena itulah aku ngerangkum daftar cover song favoritku dalam acara Boys24. Khusus penampilan unit, ya. Dan khusus cover song juga. Urutan daftar ini juga acak. Nomor satu belum tentu paling bagus dari yang lain. Soalnya masing-masing performance punya charming point-nya sendiri.

Untuk diperhatikan, aku juga milihnya tak lepas dari faktor bias. Jadi mohon maaf, ya, kalo daftar ini didominasi sama Unit Yellow dan Unit Green wkwk. Tapi semoga bisa agak ngenalin Boys24 pada kalian~


1. Rough - GFriend (Unit Blue)




Penampilan mereka inilah yang bikin aku tergerak buat nonton Boys24! Padahal lagi iseng Youtube-walking trus video ini tiba-tiba muncul di suggested video. Karena ngecover lagu GFriend yang aku sukai, makanya aku kepo. Gimana, sih, jadinya lagu ini pas dinyanyiin sama cowok? Daaaan begitulah hasilnya!

Performance ini muncul di episode mix and match. Unit Blue memilih buat cover lagunya Gfriend dan dikombinasikan dengan musik tradisional! And it’s not bad. Penampilan mereka jadi unik banget karena milih genre yang nggak terlalu familiar di dunia per-idol-an.


2. Her - Block B (Unit Yellow)


Ini juga munculnya di episode mix and match. Unit Yellow memilih lagu Block B ini dan dikombinasikan dengan R&B. Konsepnya boneka. Dan gara-gara penampilan ini, aku jadi nyadar kalo Jinseok itu ternyata guwwwwwanteng!  unit ini ternyata konsepnya cerah-cerah Seventeen gitu. Soooo boyish! Sinerginya juga keliatan. Kayak udah pernah jadi trainee bareng-bareng dalam waktu lama hehe. Penampilan ini juga highly praised sama para master.

Yang nggak tau Jinseok, doi pake jas merah, ya. ;)


3. On and On - VIXX (Unit Green)


Another cover song from mix and match episode! Lagu dari VIXX ini dikombinasikan dengan musical oleh Unit Green. Lagu ini dibikin pentas drama dengan konsep dual personality-nya Hyde and Jekyll. Menurutku, vokal dan rap Unit Green di lagu ini biasa aja. Tapi penampilan mereka menarik buat jadi tontonan apalagi ada Chani. Dan karena cover ini, nambah lagi lagunya VIXX di playlist-ku. 


4. Gone Not Around Any Longer - Sistar19 (Unit Purple)


INI, NIH, COVER SONG YANG AMPE KEBAWA MIMPI! Lagu dari Sistar19 ini dibawakan oleh Unit Purple dengan versi akustik. Unsur galaunya dapet. Outfit-nya classy. Lumayan bikin merinding, apalagi pas bagian adlib. Dan suara Yeontae di sini juga candu banget! (Yeontae itu yang pake lengan ban warna ungu).
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.

TAPI KENAPA UNIT INI HARUS TERELIMINASI SETELAH BAWAIN LAGU INI, SIH??? :( Masih episode empat juga. Okelah Yeontae dan Changmin bisa revive lagi. Tapi aku kasian sama member lain, terutama Yeonsuk. Padahal doi menurutku udah oke banget buat jadi idol. Agensi mana aja tolong tampung doi, please! :(

Yeon Seok
Yeonsuk oppa :( (nowkpop.com)


5. Dream Girl - Shinee (Unit Yellow)


Harusnya Unit Yellow ngecover lagu Seventeen, lho. Hiks. Gara-gara lagunya dituker, mereka pun harus tampil dengan lagunya Shinee buat nge-capture audience’s heart. Dalam penampilan ini, mereka membawakan konsep marine boy dan gerakannya juga witty. Biarpun semuanya pake baju putih, Jinseok tetap stand out, kok. :)))


6. Candy - H.O.T (Unit Sky)


Unit Sky jadi jagoannya master padahal, tapi aku nggak terlalu in banget sama unit ini. Faktor nggak ada bias kali, ya, heheheh. Tapi aku seneng nonton mereka pas nyanyiin lagunya H.O.T pas misi ngecover lagunya First Idol Generation. Sukaaaaaak banget pokoknya sama part-nya Hwayoung. Doi yang pake baju pink. Ini juga salah satu performance yang bikin aku ketawa gara-gara Hwayoung telat ngeluarin permen dari kantongnya XD Unit Sky juga kedatangan Insoo yang revive dari Unit Blue. Tapi sayang banget perannya di unit ini nggak segede pas di Unit Blue.


7. Brand New - Shinhwa (Unit Green)


Penampilan ini muncul di episode First Idol Generation. Unit Green memilih untuk ngecover lagu ini. Member yang revive, Hocheol, yang dari Unit Blue, dimasukan ke unit ini karena Unit Green dinilai kurang stand out di antara unit lain. Kan, Hocheol terkenal, wkwk. Kalau secara vokal, aku senang dengerinnya. Tapi kalo penampilan, menurutku kurang powerful. Hocheol-nya juga girly, sih.... Well, yang penting si Minhwan sama San lebih stand out dalam penampilan ini di mataku. Inpyo jangan ditanya. Chani? Lebih jangan ditanya lagi. :)))


8. Com' Back - Sechs Kies (Unit White)


Karena di mission sebelumnya Unit White dapet nilai paling rendah, mau nggak mau mereka dapat lagu ini pas disuruh nampilih First Idol Generation. Unit White juga ketambahan member baru, Inho, yang abis tereliminasi. Para master menilai Inho bisa ngebalance penampilan dari Unit White. Di antara lagu yang dicover Unit White, ini yang paling aku suka penampilannya.


9. Friday Night - god (Unit Yellow)


Unit Yellow membawakan lagu ini pas misi First Idol Generation. Mereka kedatangan Changmin, mantan member Unit Purple yang udah tereliminasi. Menurutku, sinergi mereka dalam penampilan ini makin keliatan. Seneng juga liat Jinseok nggak ngerap sendirian lagi. :’)


10. Never Let You Go - 2AM (Vocal Unit)


Ini misi khusus buat dapetin nilai tambah pas final. Jadi, masing-masing unit ngirim satu perwakilan buat tampil di vokal. Unit baru ini terdiri atas Inpyo (Green), Doha (White), Yeontae (Red), Hwayoung (Sky), dan Seonghwan (Yellow). Lagu yang harus mereka bawakan adalah Never Let You Go dari 2AM. Di sini mereka bisa lebih bisa mamerin kualitas vokal mereka. Seneng juga akhirnya Sunghwan dapet banyak screentime!


BONUS! 


Starlight - Unit Red


Aku nggak ada nyebutin Unit Red, ya? Sori sori, style-nya Unit Red itu bukan favoritku. Tapi aku seneng banget nonton mereka pas bawain lagu Starlight. Ini bukan lagu cover, ya. Lagu yang mereka bawakan emang lagu yang dibikin buat finalis Boys24 makanya nggak masuk list di atas. Mereka membawakan lagu ballad ini di final. Serius dibikin terharu. Mereka sempet-sempetnya nyantumin nama member yang udah tereliminasi di CG. And my engineering oppa played piano! <3


Adore U – Seventeen (Unit Green)


Cuman seneng aja ada lagu Seventeen yang dicover. Tapi sayang nggak masuk favorit. Soalnya terbiasa liat Seventeen ngebawain lagunya kali ya. Trus aku liat Unit Green juga masih kaku gitu. Kan, mereka biasanya bawain lagu pake ekspresi serius. Jarang lucu-lucuan gini :)))



2 komentar:

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.