Selasa, 27 Desember 2016

10 Lagu Terbaik Seventeen 2016 versi Asamelon


2016 sudah hampir berlalu disertai dengan beberapa kenangan. Tak terkecuali Seventeen yang produktif merilis tiga album dalam setahun. Album tersebut yaitu Love and Letter (dua versi), Love and Letter Repackage, dan Going Seventeen (tiga versi). Ada total 20 lagu baru serta 3 lagu remake yang terkumpul dalam tiga album tadi. Kalau total penjualan album... banyak banget pokoknya. Saking banyaknya sampai bisa ngeborong peringkat 1-2-3 di Hanteo. CMIIW.

Baik lagu, rap, serta koreografi dari semua lagu tadi, seperti biasa, dibikin oleh mereka sendiri, dengan bantuan beberapa pihak tentunya. Menurutku itulah yang membuat lagu-lagu yang ada dalam ketiga album ini punya nuansa Seventeen. Sampai-sampai temanku yang bukan fans Seventeen aja bilang kalo lagu-lagunya Seventeen itu punya ciri khas sendiri, yang entah gimana. Mungkin yang lebih tahu soal musik bisa jelasin... 


Lagu-lagu Seventeen tahun ini masih berkisar pada passion anak muda. Entah dalam hal mengejar mimpi sampai romantic things or whatever. Tapi yang bikin geer, mereka selalu bilang lagu-lagu yang mereka bikin ini buat Carat. Ceileh. Yang pastinya, Seventeen mengalami peningkatan imej. Kalau tahun 2015 mereka kayak anak SMA yang gemar ngejar noona-noona, sekarang mereka tetep boyish fresh ceria cuman didesain lebih mature dan strong.

Di antara 23 lagu dalam tiga album tadi, aku memiliki 10 lagu favorit. 10 lagu yang aku paparkan ini murni subjektif dan diambil berdasarkan preference-nya Audi, bukan berdasar pada peringkat di penjualan digital atau lainnya. Ketahuan males research. Dan kalau ada yang minta rekomendasi lagu Seventeen tahun 2016, 10 lagu di bawah ini yang kemungkinan besar akan aku rekomendasikan.

Apa aja lagunya? Langsung aja kita mulai dari peringkat 10....

10. 몰래 듣지 마요 (Don’t Listen in Secret)



Di urutan 10 ada lagu dari Vocal Team yang makin lama makin mellow. Beda banget sama dua lagu sebelumnya, yaitu 20 dan If I Grow Up yang ada dalam mini album pertama dan kedua. Lagu yang jadi track di album Going Seventeen ini genrenya ballad. Kalo dengerin, tuh, rasanya, hemm... ikutan broken-hearted, lah. Dan dari interview di showcase, barulah ketahuan kalo lagu ini dibikin oleh Woozi pas lagi menyendiri dalam kamar. Lagu ini dapat dibilang lagu yang dibikinnya paling cepat di antara lagu lain di album Going Seventeen karena selesai satu hari.


09. 빠른걸음 (Quick Pace)


Sebelum ada album Going Seventeen, aku udah tau lagu ini dari cerita teman-teman di grup chatting. Lagu ini pernah dinyanyiin sama Seventeen waktu konser. Lagunya juga lumayan enakeun. Jadi, ketika Seventeen akhirnya merilis lagu ini, aku udah seneng banget. Akhirnya aku juga bisa lihat koreografinya karena lagu ini juga dipilih sebagai side track. Beda sama lagu Seventeen yang biasanya, lagu ini feel-nya lebih kharismatik dan tegas. Kalau aku sendiri pas dengar lagu ini berasa ngeliat Seventeen tampil di restoran Itali atau Espana. Yah, pokoknya suasana latino gitu, lah, ya. Lagu ini berhasil nyantol di urutan ke-9.  


08. Say Yes


Peringkat 8 ini diduduki oleh lagu ballad lagi. Lagu ini muncul dalam album Love&Letter serta Repackage-nya. Yang nyanyi adalah duo main vocal yang nggak bisa diem, Seungkwan dan Dokyeom. Di sini mereka puaaaas banget pokoknya buat pamer kemampuan vokalnya. Aku selalu merasa kalo dua orang ini punya kemampuan buat memanjakan telinga pendengarnya. Mereka itu king of adlib buat aku. Trus bayangin kalo mereka ber-adlib ria dengan perpaduan high note Seungkwan dan falsetto-nya Dokyeom. Subhanallah. Pokoknya bisa ditemuin di lagu ini, deh.


07. No F.U.N



Lucky seven! Peringkat ini jatuh pada The Most Awaited Song, NO F.U.N! Lagu ini sudah pernah muncul di 17 Project. Waktu itu ditampilkan oleh Hoshi, Jeonghan, dan Wonwoo dengan konsep Kingsman dengan pakai suit, sepatu yang bunyi toketok gitu (yah pokoknya gitu lah, yang tau namanya silakan kasih komen), dan payung tentunya. Banyak banget yang menanti-nanti full version dari lagu ini. Ternyata lagunya muncul di album Repackage. Kalau feel lagu ini menurutku agak mirip sama Quick Pace, lebih manly. No F.U.N ini dinyanyikan oleh full member, tapi si Jojo nggak kebagian part L


06. Simple


Peringkat 6 jatuh pada single solo Woozi, Simple! Lagu ini pernah dibocorin di konser juga. Jadi, bagi yang bisa datang ke konsernya Seventeen yang di Korea sono bener-bener menang banyak. Soalnya banyak track yang belum rilis tapi udah ditampilkan. Di sini aku seneng banget sama arti dari liriknya, yaitu harapan bahwa kesulitan dan kekhawatiran dapat dipandang dengan lebih simple. Yap, intinya jangan terlalu overthinking sama masalah. Simple aja, gitu.


Waktunya mengumumkan lima besar....
Dugudugudugudugudu....


05. 떠내려가 (Drift Away)


Fans The8 yang pengen denger doi nyanyi banyak part, di sinilah lagunya! Lagu ini muncul di album Love&Letter beserta Repackage-nya. Lagu ini juga sudah pernah muncul di 17 Project dan ditampilkan oleh Joshua, Vernon, The8, dan Seungkwan yang saat itu tampil sebagai Team D. Untuk full versionnya sendiri dinyanyikan oleh mix unit yang terdiri atas Seungkwan, Joshua, The8, Jeonghan, Mingyu, dan S.coups.

Meskipun aku lumayan seneng sama full version-nya, tetep aja aku ngerasa lagu yang pas ditampilkan di 17 Project itu lebih bikin hanyut. Waktu itu mereka menampilkan secara musikal, nyeritain masa lalu mereka sebelum jadi trainee. Pokoknya feel-nya lebih kerasa waktu di 17 Project dibandingin sama yang masuk album. No offense. Dan aku juga ngerasanya suara Joshua paling cocok sama lagu ini. Yap, karena itulah lagu ini berhasil nangkring di urutan ke-5.


04. 아주 Nice (Very Nice)


Yuhuu, akhirnya title track muncul juga, dan ini disematkan pada lagu Very Nice yang ada di posisi ke-4. Aju... NICE!

Tapi mungkin fans Very Nice garis keras bakalan protes. Kok title track yang ini nggak masuk tiga besar, ya? Padahal kayaknya lagu ini, tuh, yang malah bikin fans Seventeen tambah banyak meskipun nggak pernah menang di music show.

Oke, kan udah dijelaskan, ya, kalau ini subjektif. Kalau udah pernah baca review-ku di MV Very Nice mungkin udah tau faktor-faktornya. Yup, lagu ini maksa aku buat cepet move on dari Seventeen yang lembut jadi ke agak agresif. Tepatnya culture shock, lah, ya. Apalagi lagu ini jaraknya cuman sekitar satu atau dua bulan dari akhir promosi Pretty U. Aku nggak bisa move on secepat itu :’)

Trus pas promosi Very Nice, rambutnya Joshua juga dicat jadi pink sehingga akunya culture shock lagi. Makanya kemaren aku sebenarnya nggak terlalu minat ngikutin perkembangan promosi Very Nice. Yah, sebenarnya itu suka-suka Joshua, sih. Aku mah apa atuh. Cuman, ya, nggak suka aja liatnya. Makanya aku sempet hijrah ke Dokyeom dulu. Tapi sambil nostalgia juga sama Joshua era debut sampai Pretty U. Huhuhu.

Tapi lagunya lama-lama juga enakeun, kok. Dan kalau dibiasain juga lama-lama seneng sama lagunya. Trus tetap bersyukur mereka masih boyish, meski agak agresif tadi. Mungkin yang bikin Seventeen jadi terlihat agresif gara-gara lagunya ribut banget kali ya wkwk.


Deg... deg... waktunya ngumumin 3 besar....
Sebenarnya aku juga susah banget nentuin tiga besar. Pokoknya tiga besar ini berkisar pada tiga lagu ini, tapi urutannya, duh, susaaah banget nentuinnya. Dengan beberapa pertimbangan, akhirnya tiga besar lagu terbaik Seventeen 2016 jatuh pada....


03. 붐붐 (BOOMBOOM)


BOOM! Dan peringkat ketiga jatuh pada BOOMBOOM!

Ini adalah track utama Seventeen pada album Going Seventeen. Kalau dilihat dari review MV BOOMBOOM yang pernah aku posting di sini, title track ini aku puji setinggi langit. Alasannya:
  1. Ekspektasi dark-nya itu nggak se-dark yang aku kira. Emang kesannya lebih strong tapi tetap boyish.
  2. MV-nya asyik banget buat dibedah.
  3. Lagunya bikin candu.
  4. Rambut Jojo balik jadi item lagi! Yeah!
Kalau mau review lengkapnya bisa langsung aja cek review MV BOOMBOOM Part 1 dan Part 2.

Title track yang satu ini berhasil bikin Seventeen menang di music show, di antaranya Show Champion, Mcountdown, dan Music Bank. Meskipun begitu, untuk keseluruhan lagu Seventeen di tahun 2016 ini, aku cuman bisa naruh lagu ini di urutan ketiga.


02. Chuck/엄지척 (Thumbs Up)


NAH! Ini, nih, lagu yang berhasil ngambil perhatianku selain title track. Thumbs Up! Berhasil meraih posisi runner up untuk lagu terbaik Seventeen tahun 2016.

Lagu ini muncul pertama kali di album Love&Letter serta muncul lagi di album Repackage. Lagu ini dijadikan side track waktu Seventeen promo Pretty U. Pertama kali denger lagunya dan nonton koreografinya waktu showcase Love&Letter. I fall in love at the first sight! Kan, lagu ini ditampilkannya paling awal. Gara-gara lagu ini, atmosfer showcasenya jadi terangkat. Bikin semangat pokoknya. Aku yang streaming live dari Youtube aja ngerasain semangatnya, gimana yang nonton langsung.

Lagu ini agak ke aliran hiphop. Kesannya juga strong tapi boyish. Dalam lagu ini terselip random “Brr brr huah!” ataupun “Chuck chuck brrr chuck!” yang bikin lagu ini stand out. Koreografinya juga singkron sama lirik. Point dance-nya dapet, yaitu mengacungkan jempol.

Lagu ini cuman dibikin satu hari doang, lho! Insprasinya didapat pas lagi ngobrol. Tapi sayang banget lagu ini cuman jadi side track. Kalau menurutku lagu ini cocok dijadiin title track tapi mungkin di album lain. 

Yang paaaaaling aku suka dari lagu ini adalah lirik lagunya. Overflowing with positivities! Yang aku bookmark banget itu lirik rap dari Wonwoo (yang nyanyi kedua di awal). Kalau diartikan itu begini:

“Aku kerja secara positif, ini nggak pernah aku sangkal. Orang-orang sekitarku bilang kalau mereka pengen jadi aku. Jadi, aku pengen bilang ke mereka, ‘BACA BUKU!’ dan orang lain akan ngasih kamu jempol seperti orang-orang sekitarku.

Kira-kira gitu inti liriknya. Berhubung yang punya lirik hobinya baca buku, makanya di lirik ini terselip suruhan buat baca buku. Biar keren! Menurutku, ini juga salah satu lagu yang dapat meningkatkan kepercayaan diri. Karena itulah lagu ini kandidat kuat buat jadi peringkat pertama.


Dan peringkat pertama, pasti udah pada bisa nebak...


01. 예쁘다 (Pretty U)


Yay! Lagu Terbaik Seventeen 2016 versi Ayam Saus Melon jatuh pada Pretty U!

Lagu ini adalah title track dari album Love&Letter. Muncul juga dalam album Repackage tapi dengan part switch di beberapa part. Ini adalah satu-satunya title track tahun ini yang langsung ngambil perhatianku waktu highlight medley. Kan, pas dengerin medley Very Nice dan BOOMBOOM, reaksiku lebih ke ini-lagu-apa. Beda pokoknya dibanding sama pas denger Pretty U. Udah kerasa sweet-nya.

Kalau baca ulasanku soal MV ini, sebenarnya aku sempat agak kecewa. Soalnya MV-nya cuman lari-lari gitu, trus mengampanyekan vandalisme. Padahal kayaknya kalau konsep MV bisa lebih sweet, lah. Sesuai sama lagunya.

Tapi karena lagu ini menduduki peringkat pertama, pastilah banyak keunggulannya yang otomatis bisa menutupi kekurangan dari MV-nya, yaitu:

  1. Konsepnya sweet. Ini murni preference. Aku seneng banget sama boy group yang promosi dengan konsep sweet dan boyish. Sama kayak dulu pas lagi suka banget sama lagu debutnya Boyfriend.
  2. Koreografinya unik. Kayak nonton musikal. Didukung dengan properti seperti sofa dan buku.
  3. Lagu ini lebih kerasa sweet lagi kalau instrumental.
  4. Stage outfit-nya down to earth. Kayak nggak dandan tapi sebenarnya dandan. Boyfriend material banget lah.
  5. Lagu ini bikin aku seneng warna-warna pastel! Jadi sekarang aku kalau milih apa-apa pasti pilih yang warna pastel.
  6. Kalau dalam lagu, kan, biasanya yang paling di-anticipated itu reff terakhir. Soalnya pengen dibikin merinding dan dapat klimaks dari lagu. Dan, yes, lagu ini menurutku dapet klimaksnya! Terutama  ADLIB 4 OKTAF SEUNGKWAN DAN INI SELALU DINYANYIIN LIVE! GILA NGGAK SIH. Selain itu karena Joshua kebagian part lagi, sih. Hehe.
  7. Bikin baper! Lagu ini katanya dibikin buat fans sehingga fans jadi ngerasa cantik. Huahahahahaha.

Lagu inilah yang berhasil bikin Seventeen meraih kemenangan pertama di music show, yakni di Show Champion. Masih ingat banget saat itu ketiga unit leader + Seungkwan nangis sampai nggak bisa ngasih proper speech. :’)


Itulah tadi 10 Lagu Terbaik Seventeen tahun 2016 versi Ayam Saus Melon. Intinya aku pendukung Sweet Seventeen garis keras! Boleh, lah, Seventeen comeback dark, tapi ntar bikin sweet lagi, deh. Hehe.


Apakah kalian punya versi berbeda soal 10 lagu terbaik Seventeen tahun ini? Sok atuh kasih komen~ ;)



BONUS!

Berikut lagu Seventeen yang nggak masuk album, tapi nggak boleh dilewatkan:


Check In



Ini merupakan mixtape dari Hiphop Unit yang MV-nya rilis sebelum comeback BOOMBOOM. Jakarta disebutin di sini, lho!

Marisong! (My Little Television Logo Song)


Kalau ini logo song dari variety show MBC, My Little Television. Jadi, Seventeen itu diundang buat bikin logo song acara ini. Mulai dari lagu, rap, sampai koreografinya. Kalau nonton live, mereka bikin semua itu dalam waktu 2 jam! Salut, lah. Jadi, kalau masih ragu Seventeen itu beneran self-produce atau nggak, coba aja nonton My Little Television episode 59 dan 60 :)

3 komentar:

  1. klw mnurutku lgu Smile Flowers yg ad di album Going Seventeen bgus jga kak....
    lgunya mellow gmna gtu pkoknya bkin melting lah.....
    "kenalin aq Zahra dri gris 97"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Zahra, iyaa bagus juga itu hehe,
      tapi mungkin masih belum bisa mengambil hati saya :')
      thanks udah ikutan nimbrung ^^

      Hapus
  2. semua orang kan pnya pndapat msing2 hehe......

    BalasHapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...