Selasa, 13 Desember 2016

Review MV Seventeen - BOOMBOOM (Part 2)


Sudah baca part sebelumnya? Kalau belum silakan klik di sini.

Sebelumnya sudah ada pembahasan mengenai teaser serta scientific lyrics yang ada dalam lagu terbaru Seventeen, yaitu BOOMBOOM. Naah, waktunya kita bahas MV!


Ada alur cerita yang bisa dinikmati di MV ini, diselingi dengan dance. Untuk alur cerita keseluruhannya sebenarnya aku nggak terlalu mengerti pada awalnya. Sama nggak mengertinya dengan ketika Scoups tiba-tiba meledak di akhir MV Very Nice. Tapi akhirnya ketahuan juga kalau itu spoiler untuk MV ini.


Karena banyak hal yang nggak terlalu aku mengerti, aku mencoba buat mengumpulkan adegan tersirat yang ada dalam MV ini, disertai dengan beberapa pembahasan. Ohya, ini pembahasannya bakalan ke mana-mana. Siap-siap yaaa:




1.  Jeonghan menemukan sebuah kapal yang terperangkap dalam botol


Adegan ini sudah ada sejak teaser. Waktu Jeonghan memegang botol ini, beberapa scene tiba-tiba muncul secara cepat. Antara flashback atau kejadian yang akan datang. Biasanya, kan, pesan yang dikirim pakai botol itu dikirimkannya lewat laut. Yang bakalan dapat pesan pun random, ke mana laut membawa. Nah, di sini random people yang kepilih itu ternyata si Jeonghan. Dan kayaknya random ini disengajain, soalnya Jeonghan juga terlibat dalam peristiwa flashback dari kapal tersebut.



Yang aku heran, kalo pesan dalam botol itu, kan, biasanya didapatkan di pinggir pantai. Ini, kok, di tengah rerumputan yang diselimuti kabut, ya? Kayaknya ada indikasi kalau pesan itu disengajain buat diberikan ke Jeonghan. Jangan-jangan itu dari si leader yang udah terlebih dahulu memungut botolnya di pinggir pantai waktu teaser foto pertama.


Ini juga kayaknya bukan cuma Jeonghan aja yang dikasih pesan, tapi semua member Seventeen. 
Cuman nggak diliatin aja. Ntar MV-nya kepanjangan kalau ngeliatin 13 member bergantian megang botol. Halah.

Kalau mau dihubung-hubungkan dengan semua teaser Seventeen, miniatur kapal itu dibikin oleh Performance Team dalam tema Make It Happen. Jadi, pesannya itu mengajak semua member Seventeen buat mewujudkan impian (atau dalam MV ini, misi) mereka, yakni bikin Seventeen (Make The Seventeen). Ujung-ujungnya, ya, promosi album secara tersirat gitu.

Hoshi waktu teaser Make It Happen. Tuh, miniatur kapalnya udah di botol, kan?

SO GAES BIARPUN ALBUMNYA TIGA VERSI TOLONG BELI KETIGANYA YAA, SEVENTEEN BUTUH DUIT! Gitu intinya.


2. Semua member Seventeen berkumpul untuk membahas sesuatu yang rapatnya itu dipimpin oleh S.coups selaku leader


Awal MV ini agak-agak ada hubungannya sama MV Very Nice. Kalau di akhir MV mereka lari-lari di garasi, di awal MV ini mereka jalan bareng di garasi buat ngumpul ke sebuah ruangan yang telah ditentukan.



Di sana, S.coups menjelaskan beberapa materi. Mungkin menjelasin mengapa mereka menjadi orang terpilih dalam melaksanakan misi. Kayaknya juga menjelaskan soal seluk beluk kapal yang mereka masuki itu.



Karena udah ngerasa ngomong banyak, akhirnya S.coups nunjuk DK sebagai co-leader. Jadi, tugas DK adalah membagi-bagi tugas ke member lain sesuai keahliannya.


3. Ada peta Atlantic Ocean


Ini bisa ditemukan pada 0:39. Terdapat tulisan seperti New Foundland, St. John, Cape Race, serta Field Ice Limit in April. Ketika aku iseng nyari di Google, ternyata kata-kata ini bermuara pada satu kata kunci utama, yaitu Titanic! Ini aku temukan di “RMS Titanic, Navigation and Ice Reports” oleh Dr. Paul Lee di sini.


OH, JADI TUGAS MEMBER SEVENTEEN INI PENGEN NGEJADIIN VERNON AKTOR UTAMA BUAT FILM TITANIC REMAKE KOREA YA?

Hmm... bisa jadi.

Bisa juga ini berhubungan dengan misi nantinya. Oke, dijelaskan di poin berikutnya.


4. Seungkwan tidur di sofa, di belakangnya ada botol berisi kapal yang dipegang Jeonghan beserta kapal yang lebih besar


Seungkwan juga dapat pesan dari botol! Ini, sih, yang aku tangkep. Cuman kenapa dia tidur, ya? Apakah misi itu hanya dalam mimpi? Atau dia dikasih obat tidur? Atau emang dianya yang ketiduran?


5. Woozi mengoperasikan komputer (yang dilayarnya ada lambang 1TheK, hehehehehe) yang menampilkan kamera CCTV. Dia juga melihat denah kapal.



Woozi ini tugasnya keren. Dia kayak memonitor semua pergerakan para member lewat CCTV. Sambil memonitor pergerakan para member, tentunya dia harus mempelajari denah dari kapal tersebut biar tau ini CCTV ada di bagian mana trus kalo ada apa-apa member harus lari ke mana, gitu. Make sense.


Perhatiin komputernya, ada lambang 1TheK!




6.  Jun milih baju bersama Seungkwan dan Joshua


Akhirnya Seungkwan dan Joshua jadi arek guna juga. Jadi, Jun ini bakalan menyamar buat melakukan misi. Maka dari itu Seungkwan dan si Jojo ngasih saran outfit apa yang cocok buat Jun biar dia nggak ketahuan jadi spy.


7. Dokyeom seperti melakukan pemetaan misi, yang dihadiri oleh Hoshi, Seungkwan, The8, Woozi, Jeonghan, dan Vernon. Tapi ketika dia belum selesai menjelaskan, member lain sudah bubar duluan. 



Ini udah jelas, sih. Pokoknya DK melaksanakan tugasnya sebagai co-leader. Ngebagi tugasnya ke member yang disebutin tadi. Cuman karena membernya ngerasa udah ngerti, ya ditinggalin aja. Paling penjelasannya sama aja kayak tadi. Mungkin gitu pikir mereka. Tapi kayaknya ada penjelasan DK yang pentiiiing banget yang dilewatin sama mereka. Hmm...





8.  Wonwoo mengaktifkan CCTV.


....tapi cuman CCTV di lift....

Mungkin dia tugasnya juga buat stand by di lift kali ya.


9.  Jun menyamar jadi kurir.


Ini kelanjutan cerita dari milih baju tadi. Jadi, Jun memutuskan jadi tukang antar barang. Dia memakai headset bluetooth dan mengantar dua box besar yang entah apa isinya (tapi yang jelas tertulis FRAGILE). Jun juga mendapat pesan di smartwatch yang dia pakai, yaitu BOOMBOOM sebanyak tiga kali pada pukul 5:57. Angka ini kalau dijumlahkan 5 + 5 + 7 = 17. SUBHANALLAH TOLONG DISHARE BIAR BANYAK SAUDARA KITA YANG TAU KALAU 5 + 5 + 7 = 17!




Jun ini kok agak-agak mencurigakan, ya? Jangan-jangan isi box-nya itu bom. Dan yang ngirim pesan itu nggak jelas dari siapa. Atau jangan-jangan komplotan....


10. Vernon ngambil sweater yang digantung di hanger yang, entah kenapa, ada di lorong kapal.


Ini kayaknya Vernon nggak mau ketinggalan pengen nyamar juga. Makanya dia ganti baju sambil ngerap. Trus nggak lupa joget depan lift sama member lain biar orang-orang tetap ngira dia rapper. Eh taunya....



11.   Vernon tiba sendirian ke lantai 17.



...eh taunya... dia naik sendirian ke lantai 17! Apa maksudnya ini?


12.   Ada misi yang harus dilalui oleh Seventeen.


Oke, sebenarnya misi ini harus dikasih tau dari awal biar ngerti jalan cerita di poin sebelumnya. Yang pasti kita tahu, Seventeen ini punya misi. Misi tersebut dibagi per lantai (bisa dicermati pada gambar). Lantai 17 menandakan bahwa misinya sudah GOAL. Secara tersurat, misi ini sederhananya adalah untuk sampai ke lantai 17. Kalau dihubungkan dengan penjelasan poin 1, inti dari misi ini adalah buat Make the Seventeen, biar bikin member Seventeen ini bener-bener berjiwa Seventeen.

Di sini kita sudah tahu bahwa Vernon sudah ke lantai GOAL, tapi sendirian. Artinya dia udah berhasil menjalankan misi ini, tapi nggak ngajak-ngajak gitu, lho.

Karena ada misi Hide The Box di lantai 1–6, artinya Jun yang membawa box tadi bisa diasumsikan bahwa dia kemungkinan berada di satu di antara enam lantai itu.

Misi Surveillance atau pengawasan ini dilakukan di lantai 7. Kita langsung bisa menyimpulkan kalau orang yang berada di lantai ini adalah Woozi, yang mengawasi lewat monitor.

Misi Disguise atau penyamaran ini dilakukan oleh Jun (dan Vernon?) yang outfitnya ada di lantai 8. Bedanya, Jun itu ke lantai bawah buat nyembunyiin box dulu sementara Vernon langsung caw ke lantai 17.

Avoid Laser Sensors di lantai 9. Ada di poin berikutnya.

Defend The Ship di lantai 10 – 13. Naah, ini mungkin yang berhubungan sama Titanic tadi. Mungkin mereka udah memetakan kalau kemungkinan mereka akan berhadapan dengan gunung es di Atlantik sono. Tapi nggak terlalu diperlihatkan banget. Mungkin juga ini lebih ke tanggung jawab DK (yang bagi tugas ke semua member), atau secara umumnya tugas S.coups sebagai leader. Nah, kayaknya tempat diskusi ada di satu dari empat lantai ini.

Avoid Bombs di lantai 14 – 16. Ada di poin berikutnya. 


13.   Hoshi dan The8 menghadapi laser sensor.


Mereka berdua di lantai 9! Di sini, Hoshi berusaha lewat secara fisik (LOL you tried), tapi The8 mengandalkan drone yang dia kendalikan dengan smartphone(?) buat melewati sensor itu.




Melihat The8 yang pakai smartphone, jangan-jangan dia, nih, yang kirim pesan BOOMBOOM ke Jun tadi. Kayaknya mereka berdua ini bersekongkol buat ngeledakin kapal sebagai balas dendam pada member lain karena nggak dapat banyak part di tiap title track Seventeen. Yakali.


14.   S.coups mengendarai motor.


Kayaknya si leader ini mengawasi kapal dari parkiran kali, ya. Atau sebagai tanda simbolis kalau doi berhak jadi ketua geng motor pengganti Stefan William di sinetron Anak Jalanan. Tau ah.


15.   Wonwoo sepertinya mau ngasih kode ke Woozi tapi Woozi-nya asyik makan


Ini, sih, adegan awal kelalaian pengawasan dari Woozi.

Tapi si Woozi CUTE banget di sini!


16.   Mingyu menginjak lantai yang aneh dan menyebabkan alarm berbunyi sehingga dia lari 
bareng S.coups dan Wonwoo buat menghindari bom.



Mereka bertiga ini ada di salah satu dari lantai 14 – 16. Kan, udah jelas tertulis misinya Avoid The Bombs. Kayaknya “avoid” ini lebih dari menghindari peledakan bom. Jadi, di lantai ini ada jebakan yang akan mengaktifkan bom yang sudah disetel di lantai ini dan para member yang dikasih tugas eksplor di lantai ini sebisa mungkin JANGAN SAMPAI bikin bom itu meledak.

Nah, kan tadi Wonwoo udah ngode si Woozi, nih. Kayaknya Wonwoo itu mau ke lantai 14 – 16 buat nyusul Mingyu dan S.coups. Dia pengen nanya ke Woozi soal karakteristik dari ruangan di lantai itu. Seperti tuntunan, lah, soal gimana caranya biar bisa eksplor semua lantai tersebut tanpa kedapatan bom. Tapi ya itu tadi, si Woozi nggak respon. Jadi dikiranya lantai itu aman-aman aja.

EH TERNYATA.



Herannya, kalau mereka kedapatan bom harusnya mereka mukanya panik gitu ya. Ini kok kayak seneng banget. Seperti baru nyalain petasan di malam takbiran.


17.  Dino memakai walkie talkie


Setelah alarm berbunyi, si maknae yang dipager di suatu tempat di kapal bertugas buat ngasih kode ke member lain biar keluar dari kapal semua lewat walkie talkie. Dia nggak lupa ngerap, “You without me is zero. If I’m together with you, then the synergy is several times more. So that’s why I substitute you with me. With the answer of us. I’m going to make an equation of love. JADI SEBAGAI BUKTI CINTA KITA MARI KITA LARI BARENG-BARENG KELUAR KAPAL INI!”


Daan... adegan lari pun muncul lagi. Larinya keluar kapal lewat garasi yang tadi mereka telusuri bareng-bareng.


18.   The8 dengan santainya nongkrong di bangku penonton stadion bola sambil main drone. 
Kok jadi di stadion bola, ya?


Nah, nah, ini dia yang bikin aku bingung lagi. Kayaknya ini nunjukin bahwa sebenarnya pemeran utama dari MV ini adalah The8. Bisa jadi dia sebenarnya adalah orang yang merancang semua misi yang harus dijalani oleh Seventeen tadi. Dia juga yang ngirim pesan dalam botol ke semua member. Kan, dia juga ikutan ngerancang miniatur kapal bersama Performance Team di teaser foto. Dia ikut-ikutan menjalankan misi buat pura-pura doang. Tapi intinya misi tersebut dia rancang sedemikian rupa buat nunjukin kalau dia itu paling pinter di antara member lain.  Nunjukin kalau dia berhak dapat part banyak dalam lagu. Dia berhak jadi center!

Atuhlah, suudzon jadinya ini mah.


19. Seungkwan tetap tidur sampai akhir MV.



Aaand our diva is sleeping beauty!

Tapi kayaknya tidurnya dia itu terjadi setelah semua misi itu selesai. Jadi dia memimpikan misi itu dan dari mimpinya dia nemuin kalau The8 itu otak dari semua misi itu.


Okay, get it?

Ribet banget emang kalau menginterpretasikan MV Seventeen yang satu ini. Tiap orang berhak punya pendapat berbeda, berhak punya pengertian yang berbeda soal MV ini. Tapi harapannya bagi yang nggak terlalu ngerti jalan ceritanya jadi agak ngerti setelah baca MV ini. Apa malah tambah bingung? Wkwk.

Buat aku, dibandingkan MV Pretty U dan Very Nice yang juga dirilis tahun ini, MV ini yang paling kece. Jalan ceritanya ribet jadi asyik banget buat diuraikan. Si Jojo, biarpun jarang banget ditampilkan di sini, tapi tetep kece, kok. Serius.


Cuman gelar The Most Kece-est Member of the MV aku sematkan pada Woozi! 

Thank you!

Untuk nilai, dari rentang 1-5, aku pengen ngasih 5 sebenarnya sebagai kepuasan atas terpenuhnya ekspektasi. Tapi aku agak nggak sreg sama outfit stage yang baju olahraga beserta jaket ijo lumutnya. Nggak nyambung kalau aku liatnya mah. Jadi, aku cuma mau ngasih 4,5.  


Koreografi lengkap Seventeen bisa dilihat di channel 1TheK di bawah ini. Mirrored lagi. Yang pengen belajar dance Seventeen mangga ditonton aja. IMHO, yang ini justru outfit terkece dari Seventeen di era BOOMBOOM! Mereka terlihat kayak model sweater buat winter, deh. Pokoknya kece, lah.



So far, comeback kali ini bikin kekhawatiranku akan dark concept langsung hilang begitu saja. Menurutku mereka tetep boyish. Kalau dari era Adore U sampai Pretty U mereka boyish-nya anak SMA, dari era Very Nice sampai Boom Boom ini mereka boyish anak kuliahan (mentang-mentang Dino udah ikut CSAT). Bener kata Hoshi, mereka lebih mature, bukan langsung dark. (((sujud syukur)))

Untuk konsep comeback selanjutnya, ya udah deh terserah yang bikin lagu. Aku mah cuman bisa berharap mereka tetap mempertahankan gaya Seventeen, baik mau cerah bling-bling lagi atau nyoba dark concept. Keep supporting our boys, Carat!  


Gambar diambil dari screenshot MV serta official Facebook Fanpage Seventeen.

3 komentar:

  1. Keren banget deh review-nya.. aku suka banget

    BalasHapus
  2. Aku sukaaaa banget sama review nya. Keren... Aaaa aku selain ngefans sama seventeen jd ikutan ngefas juga nih sama yg nulis review ini😍😍eheheheh

    BalasHapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...