Jumat, 13 Januari 2017

Resolusi 2017: Produktif!


Tahun baru itu istimewa. Gara-gara penambahan satu angka di tahun masehi ini, kembang api dan terompet laris manis di pasaran. Puncaknya tentu saja tanggal 1 Januari 2017 pukul 00.00 ketika kembang api jadi penguasa langit. Aku sampai terbangun tengah malam karena dengar suara kembang api. Padahal nantinya tetap masuk kerja. #tjurhat

HAH? Serius, nih, tanggal 1 Januari tetap masuk kerja?

Surprisingly, yes. Tapi dibawa senang aja, sih. Soalnya gara-gara masuk kerja, aku ngerasa jadi lebih produktif di awal tahun wkwk. 

Produktif. Jika ditanya tentang kata favoritku, jawabanku adalah itu. Ketika aku melakukan sesuatu hal yang menurutku produktif, aku ngerasa bahwa waktu yang sudah terbuang jadi lebih memiliki makna. Karena itulah garis besar resolusi tahun 2017 ini adalah menjadi lebih produktif. Dan itu sudah diawali dengan masuk kerja.

Nah, kalau di luar kerjaan, apakah bisa produktif juga? Hmm... this is questionable, actually. Karena jujur selama di sini siklus kegiatanku berkisar antara kerja-pulang-nonton Korea. Nggak ada ekskul. Nggak ada event seperti seminar, workshop, dan pameran. Pokoknya aku ngerasa sedikit hampa. Padahal rasanya Cha Eunwoo sudah bela-belain jadi pengisi hati. Hiks.

Image result for eunwoo gif

Untuk menghindari hati yang lebih hampa di tahun 2017, resolusi menjadi lebih produktif ini akhirnya dipecah lagi menjadi beberapa kegiatan yang lebih spesifik. Intinya, resolusi tahun ini sebenarnya merupakan lanjutan dari resolusi tahun sebelumnya. Karena ada resolusi yang masih belum terwujud, maka aku perlu memberi rincian berupa indikator keberhasilan resolusi tersebut serta bagaimana cara yang aku lakukan agar hal itu bisa diwujudkan.

Jadi... resolusiku tahun 2017 ini adalah...


Menerbitkan buku solo

Image result for seventeen book gif
Trus bukunya dibaca sama Wonu :))
Indikator: terbitnya buku dengan nama sendiri di cover

Serius. Ini adalah resolusi yang selalu tertunda. Udah punya tekad buat nerbitin buku sejak SMP. Trus udah pernah bilang “Pokoknya sebelum umur 17 tahun!” tapi setelah lewat 17 tahun, bilang lagi “Sebelum umur 20!” and right now I’m going 22 dan belum punya buku solo. Procrastination is real.

Jadi, ada baiknya aku memantapkan tekad ini sehingga resolusi ini nggak akan muncul tahun depan. Aku mulai bikin timeline berupa target seperti tanggal spesifik draft harus selesai, proses editing, dan lain-lain.


Bisa Bahasa Korea secara pasif

Image result for seventeen korean gif
Ekspresiku kalo udah ngerti drama tanpa subtitle

Indikator: bisa nonton drama Korea dan variety show tanpa subtitle; mengerti lirik lagu Kpop;  mengerti artikel berbahasa Korea

Maybe this resolution is kinda muluk for a beginner Korean learner like me. Tapi jujur aku pengen banget sampai level ini. Nggak usah lancar ngomong, yang penting ngerti dulu aja. Bagi aku yang udah serius sama Korea sejak 2011 (sampai beli kamus sama buku grammar-nya), kalau masih belum ngerti bahasanya sampai hari ini sebenarnya cukup bikin frustrasi juga.  

Cara mewujudkannya dengan memperbanyak hafalan kosakata terlebih dahulu. Sumbernya dari lagu atau variety show. Menghafal kosakata ini juga dibantu dengan beberapa aplikasi Android yang sudah aku install.  


Tambah kurus
Image result for im nayoung ioi
Pengennya gini sih... (sumber: alwaysdreaminghigh.com)
Indikator: yah, tau sendiri, lah.

Makin dekat akhir tahun, aku makin dibilang tambah gemuk. Sebenarnya mau cuek karena aku seneng makan. Tapi, ya, gimana lagi. Badan yang melar udah mulai nggak bisa menyesuaikan dengan baju. Karena aku nggak mau menghabiskan uang buat nyari baju lagi, mau nggak mau ya harus diet.

Salah satu yang aku terapkan adalah program “Mie Instan Seminggu Sekali”. Jadi, aku berpikir bahwa berat badanku naik gara-gara aku keseringan makan mie. Nggak cuman sering, sekali makan mie itu minimal dua bungkus hehehe. Akhirnya angka konsumsi mie instan pun aku tekan hingga cuman sekali dalam seminggu. Selain itu, aku mulai mengurangi porsi makan. Harus olahraga juga biar lebih efektif.


Jadi orang yang berkecukupan

Image result for seventeen eating gif
Alhamdulillah bisa makan tiap hari.

Indikator: segala macam keinginan terpenuhi, dalam hal materi.

Berkecukupan itu artinya penghasilanku cukup dalam memenuhi kebutuhan dan keinginanku dalam satu tahun ini (dan semoga seterusnya). Mau makan di restoran ini, ada duitnya. Adek tiba-tiba minta beliin kamera, ada duitnya. Seventeen ngeluarin album lagi, ada duitnya. Pokoknya keuangan tetap bisa stabil.

Caranya dengan menyisihkan sebagian pendapatkan untuk ditabung. Baik ke ATM tabungan maupun investasi. Aku juga menggunakan celengan buat nampung uang receh karena aku masih percaya “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”. Selain itu, aku pengen mendapatkan penghasilan lain selain dari kerja. Ya itu tadi, balik ke resolusi di awal: bikin buku solo. :)

Untuk pengeluaran, sebisa mungkin pengen aku kurangi. Maksudnya kalau emang nggak penting-penting banget, aku nggak pengen beli. Spend on what I need, not what I want.


Hobi ngeblog makin berkembang

gifs website

Indikator: banyak page view; ranking Alexa naik; dapat tawaran job review

Ada beberapa resolusi ngeblog yang terwujud tahun kemarin. Di antaranya yaitu pakai TLD dan dapat tawaran job review. Tahun ini aku pengen meneruskan hobi ini sekaligus mengembangkannya sehingga ngeblog nggak akan jadi hobi biasa.

Tahun 2017, aku masih pengen dapat tawaran job review. Tapi semoga tawarannya kali ini lebih tinggi. Karena itulah ada beberapa hal yang harus aku benahi, seperti konten, layout, serta bagaimana cara aku ngeshare artikel tersebut ke sosial media. Selain itu, aku juga pastinya harus belajar dari blogger lain dengan melakukan blogwalking secara rutin.


Kuliah tambah mantap

Image result for seventeen gif
"Kuliahnya yang rajin. Janji ya~"

Indikator: makin senang dengan jurusan kuliah; IPK naik; menerbitkan artikel ilmiah yang berhubungan dengan bidang keilmuan

Resolusi “makin senang dengan jurusan kuliah” sebenarnya sudah ada sejak tahun kemarin. Tapi entah kenapa aku masih ngerasa kurang menyatu dengan jurusan sendiri. Kalau orang yang sudah in sama jurusannya, kan, pasti punya curiosity terhadap apapun yang berhubungan sama jurusannya. Sedangkan aku woles. Tipe mahasiswa yang punya prinsip “yang penting lulus” tanpa ingin menorehkan jejak.

Jika tahun ini aku kembali lanjut S1, aku pengen mengubah cara belajarku. Pokoknya harus dekat-dekat sama teman yang motivasi belajarnya bagus biar ketularan. Tidak lupa harus meluruskan niat kuliahku lagi bahwa aku kuliah memang buat belajar, bukan buat asal-lulus-dapat-gelar aja.  


Mood lebih bagus

Image result for seventeen gif
apaan sih....

Indikator: bisa mengendalikan diri ketika bad mood

Aku sadar punya mood swing yang lumayan ekstrem sejak SMA. Dalam satu hari, aku sering ngerasa senang di pagi hari kemudian mendadak bad mood malam harinya. Kalau sudah bad mood, aku sering merepotkan orang lain, entah secara fisik maupun batin. Nggak perlu dijabarkan banget lah, ya. Hehe.

Untuk cara mengatasinya, aku lebih senang menyendiri saat bad mood. Lumayan bisa dibawa tidur. Tapi yang repot itu ketika aku mengalaminya di tengah orang banyak. Di sinilah aku ngerasa bahwa aku memerlukan gadget. Aku bisa mengalihkan perasaan bad mood itu dengan mendengarkan lagu, buka sosmed (dengan syarat: timeline-nya adem), atau baca webtoon.



Dengan menetapkan indikator serta langkah yang harus dicapai, aku berharap semua resolusi tadi bisa aku wujudkan sehingga pada akhirnya aku akan menghabiskan waktuku dengan lebih produktif. Bagi yang sudah memiliki resolusi, semoga resolusinya terlaksana, ya! 

12 komentar:

  1. Semoga semua resolusi nya di segerakan. Saya tahun ini pengen gemuk aja. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...
      duh kok terbalik sih wkwk

      Hapus
  2. aku aminin semua ya...amiiin

    BalasHapus
  3. Mood lebih bagus, itu yang pertama. Kalau kita udah bahagia, konon gampang meraih tujuan.
    Ngomong2 resolusi, 2017 aku pengen lebih berisi aka bahenol. Hahaha *kebalik*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget mbak, pokoknya mood bagus bikin semangat.
      duh, kebalik :')

      Hapus
  4. resolusi 2017 nya sama denganku hehehe, btw banyak juga ya fans kpop ini

    BalasHapus
  5. wahhh gif nya korea semuaa....


    ko gak ada produktif ngemil

    BalasHapus
  6. terima kasih mba Audia Azani tentang artikelnya keren banget jadi pengen buat resolusi produktif versi yuliyuliawati.com

    BalasHapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...