Rabu, 20 September 2017

Jenis-Jenis Pengeluaran Fangirl Kpop


Banyak orang awam yang geleng-geleng ngeliat kelakuan fangirl Korea. Dari sekadar histeris liat bias walau cuman liat di laptop sampai jumlah pengeluaran yang dikeluarkan demi artis idola. Untuk pengeluaran ini aku akui fangirl itu jarang banget main-main. Beberapa fangirl ada yang berdedikasi banget buat sang idola sampai memprioritaskan idola di atas segala-galanya. Yah, kalau emang mampu okelah. Tapi kalau sampai bikin bokek gimana atuh?

Aku termasuk salah satu fangirl yang kena karma. Waktu aku masih SMA dulu, aku dengar cerita ada fangirl yang tabungannya dihabisin buat kpop. Trus aku nyinyirin, “Ih, ngapain nabung buat itu doang? Mending tabungannya buat yang lain aja.” And now I’m one of them, yang kalo grup kpop kesayangan lagi ngeluarin produk pengen langsung disambar. Emang godaan banget, sih, gara-gara udah punya penghasilan. Masih single pula. Cuman ujung-ujungnya jadi....yagitulah.

Kok fangirl bisa ampe ngeluarin duit segitu banyaknya, sih, buat artis korea?

Hmm, gimana ya? Diriku juga sebenarnya bingung. Kok magnet Korea ini kuat banget, ya, buat narik duit dari dompet? Aku dan temanku, Iga, pernah diskusi soal ini dan keluarlah istilah “santet universal” saking efek kpopnya udah bikin fangirl kayak kena santet. Rasanya pengen banget ngebikin bias senyum terus gitu. Yawes borong aja albumnya biar dia bahagia. Gitu mungkin, ya.

Related image

Untuk itulah di postingan ini aku ngedaftar beberapa hal yang biasa jadi pengeluaran fangirl. Buatku sendiri, ini biar jadi reminder biar aku bisa ngukur kekuatan finansialku. Mana yang sekiranya bisa aku afford tanpa harus bokek dan mana yang berpotensi buat bikin miskin seketika.

Keterangan: harga dalam rupiah.


1.       Kuota Internet

People, Hand, Apple, Iphone, Technology, Gadget
sumber: pixabay
Harga: mulai dari 50k per bulan

Kuota internet ini adalah modal utama dalam memasuki dunia per-fangirl-an. Berguna banget buat ngikutin kabar di sosmed, streaming MV, nonton variety show, dan download segala macam yang berhubungan dengan bias. Untuk itulah penting banget untuk memilih operator seluler yang nyediain internet murah dan cepat. Tapi kalau bisa pake wifi, sih. Kalaupun ga punya wifi dan kuota, bisa nongkrong di tempat makan ber-wifi dengan minimal beli es teh.


2.       Merchandise Unofficial

Slogan unofficial Im Youngmin, yang jual orang Bandung ;)
Harga: tergantung jenis barang, bisa didapat dari 5k

Kalau merchandise official yang langsung dari Korea sekiranya kemahalan dan nyampenya lama, merch unofficial bisa jadi pilihan. Merchandise ini nggak diproduksi langsung sama agensi. Siapa aja bisa bikin, sih, asal punya desain dan perlengkapan buat memproduksinya. Bentuk merchandise-nya macam-macam, bisa berupa pin, photocard, poster, stiker, gantungan kunci, handfan, slogan, t-shirt, dan sebagainya. Kelebihan merch unofficial ini adalah harganya yang lebih bersahabat. Yang memproduksi juga bisa jadi satu domisili dengan wilayah kita sehingga barang bisa kita terima dengan cepat.  


3.       Album

Koleksi album Seventeen
Harga: biasanya sekitar 150k-350k

Ini adalah barang impiannya kpopers. Kayaknya ngefans itu nggak lengkap kalo belum beli albumnya. Selain itu, merch tambahan yang biasa jadi bonus setiap beli album kpop juga bikin banyak yang pengen mendapatkan albumnya. Makanya album kpop itu mahal. Isinya nggak cuman satu keping cd aja. Biasanya dapat bonus photobook, photocard, dan poster.

Isi lengkap album Kpop pernah aku unboxing di postingan berikut ini:


4.       Sign album



Harga: mulai dari 500k

Bedanya sama album biasa, sign album ini dapat tanda tangan asli dari artisnya! Makanya harganya sampai dua kali lipat dari harga aslinya. Sign album ini setauku bisa didapat dari Mwave. Biasanya ada grup ordernya jika ingin pesan.

Aku pernah beli signed album yang udah aku unboxing di Unboxing Seventeen First Album Love Version (Signed byJOSHUA!) + GIVEAWAY


5.       Streaming Pass

Image result for melon streaming pass
sumber: jkloop

Harga: sekitar 150k per bulan

Buat ngebantuin idola biar menguasai chart musik Korea, banyak yang akhirnya memilih buat streaming lewat aplikasi musik Korea seperti Melon, Genie, dan Naver. Soalnya streaming di Joox sama Spotify nggak dihitung, heuheu. Dalam perhitungan chart musik, penjualan digital dihitung lebih tinggi dari nilai lain.  Fans biasanya ngebantu dengan streaming lagunya sepanjang hari, apalagi pas lagi masa-masa promosi.


6.       Photocard


Harga: mulai 50k

Ini khusus untuk photocard bonus album, ya. Kan, biasanya kalau nerima album itu dapat bonus photocard member dan random. Nah, ada beberapa fangirl yang niat ngumpulin photocard semua member dari album yang sama. Buat koleksi dan kepuasan pribadi tentunya. 



7.       Light stick



Harga: sekitar 250k – 600k

Datang ke konser kayaknya nggak lengkap kalau nggak bawa light stick. Apalagi sekarang light stick makin bervariasi dan desainnya makin lucu. Carat Bong contohnya, hehehe.


8.       Merchandise Fansite

Merchandise dari fansite Im Youngmin @LuminousMoon_YM

Harga: tergantung jenis barang, bisa mulai dari 100k

Biasanya, kan, kalo artis kpop ke mana-mana pasti ada foto eksklusifnya. Mau pas dia ke music show, ke bandara, pas konser, fansign, dan event lainnya. Foto-foto ini diambil sama orang yang disebut fansite. Dari hasil foto tadi, mereka biasanya bikin merchandise dan dijual secara global. Biasanya, sih, slogan set. Cuman biasanya selesainya agak lama, sih. Musti nunggu 1-2 bulan.


9.       Tiket konser

Seat plan Diamond Edge Jakarta dari Mecima
Harga: sekitar 800k – 4 juta

Siapa, sih, yang nggak seneng kalo artis kpop idolanya datang ke Indonesia? Kalau udah ada kabar sini, siap-siap aja merongoh kocek lebih dalam. Apalagi kalo pilih tempat paling depan. Cuman hati-hati aja, ya, buat beli tiket konser. Usahakan langsung beli sama agen resminya. Kalopun nitip usahakan sama orang yang kita percaya. Soalnya banyak yang kena tipu akibat beli sama calo.


10.   DVD Konser

Image result for shining diamond concert dvd download
DVD konser Shining Diamond Seventeen

Harga: mulai dari 300k

Kalo idol ngadain konser, biasanya ada dokumentasinya. Ini bisa jadi hiburan tersendiri bagi yang nggak bisa datang ke konsernya. Cuman sayangnya nggak ditampilin secara full. Trus di dvd konser ini juga biasanya dilengkapi sama behind the scene konser sama photobook selama konser.


11.   Hadiah buat bias


Harga: tergantung hadiahnya apa

Saking terlalu sayangnya sama bias, rasanya pengen banget ngasih hadiah ke bias. Jadi ingat dulu pernah ngasih scrapbook ke L Infinite wkwk. Seiring dengan makin meningkatnya perekonomian fangirl, barang-barang yang dikasih itu sering nggak main-main. Yang branded. Yang ngasih gadget keluaran terbaru. Bahkan ada yang ngebeliin tanah di bulan. Serius. Yang bersifat kemanusiaan juga ada kok, biasanya kayak ngasih donasi ke suatu pihak dan atas nama bias.

Hadiah juga bisa dalam bentuk project. Sering banyak project itu pas ada yang ultah atau pas mau konser. Project-nya itu lebih kayak ngasih hadiah bareng-bareng tapi atas nama fans. Bagi yang mau ikutan bisa berdonasi. Harganya kadang ditentuin, kadang ada juga yang sukarela. Nanti yang ikut berdonasi sering ada benefit juga.


12.   Official fanclub

Image result for seventeen official fanclub

Harga: sekitar 600k per tahun

Official fanclub itu kayak jadi membership. Kalo daftar official fanclub akan dapat banyak benefit. Selain mendapat merchandise khusus member official, dapat juga benefit misal kayak jadi VIP kalo idol lagi ngadain fanmeeting atau dapat diskon kalo idol ngadain acara apa. Official fanclub ini bakalan berguna banget seandainya tinggal di Korea.


13.   Produk yang diiklanin idol

Image result for innisfree produce 101
Innisfree featuring Produce 101 Season 2

Harga: tergantung produk, biasanya mulai dari 100k

Idol yang ngetop banget biasanya banyak dapat tawaran endorse. Soalnya peluang produknya buat laku itu lumayan tinggi. Contoh nyatanya adalah Innesfree. Habis diendorse sama anak-anak Produce 101 Season 2, penjualannya langsung naik 300% (and I’m one of the buyer). Bahkan sering ada kasus pas idol lagi pakai baju apa trus bajunya langsung sold out. Sering juga ada produk yang kalo dibeli dengan jumlah tertentu bisa dapat bonus poster idol. Intinya, ngendorse pake idol itu teramat menjanjikan karena fangirl bisa langsung menyerbu produknya walau lagi ga butuh.


14.   Majalah yang ada idolnya

Majalah Ceci featuring Nuest W dan MXM
Harga: mulai dari 100k

Ini khusus untuk majalah yang diterbitin di Korea. Biasanya majalah tersebut akan melakukan sesi pemotretan dan wawancara dengan idol. Majalah-majalah tersebut seperti Ceci, W, Star1, High Cut, Dazed, dan Nylon.


15.   Photobook

Related image
Ize Photobook Seventeen
Harga: sekitar 500k – 800k

Ini juga kayak majalah. Bedanya, majalah itu isinya bisa beberapa idol sedangkan photobook ini khusus buat satu grup idol. Biasanya juga photobook lebih tebal dan lebih eksklusif sehingga harganya lebih mahal.


16.   Travel ke manapun idol berada

sumber: fallinhosh
Harga: berjeti-jeti

Apalagi kalo idol yang disuka lagi ngadain tour. Rasanya nggak puas kalo cuman nonton di satu negara. Habis dari negara sendiri, rasanya pengen ketemu lagi di negara tetangga atau bahkan negara di seberang samudera sono. Udah kebayang, kan, duitnya bakalan keluar buat apa aja?


Di antara barang-barang tadi, pengeluaranmu udah ke mana aja? Apakah ada pengeluaran fangirl lain yang nggak ada di list? Sok atuh cerita di komen~


2 komentar:

  1. hmm tbh aku baru aja terjeblos ke fandom svt :")))
    jadi mohon bimbingannya ya au /w\

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiii welcome to the fandom! silakan tanya2 aja dengan sesuka hati ^^

      Hapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...