Selasa, 19 September 2017

Pengalaman Jadi Live Online Audience di After School Club Arirang (Feat. Jung Sewoon!)


Minggu siang, aku lagi sibuk-sibuknya nyiapin acara makrab. Trus pas istirahat dan buka hp, tiba-tiba ada notif e-mail masuk. E-mail itu langsung bikin aku teriak gaje sambil mengguncang-guncang tubuh temanku yang lagi sibuk bikin ppt di sampingku. Dia cuman ngucapin selamat biarpun nggak ngerti aku senangnya karena apa, haha. 

YESSSS aku terpilih jadi live online audience di After School Club Arirang!

Dan guest star-nya adalah Jung Sewoon! 

Image may contain: 1 person, text

Btw, live online audience itu apa, sih?

After School Club ini semacam acara talk show yang interaktif. Artisnya nggak cuman diwawancarai sama MC, tapi juga sering jawab pertanyaan fans atau mengabulkan request. Kan, kalo acara-acara di TV (biasanya talk show) suka ada penontonnya di studio. Penonton ASC juga ada. Cuman penontonnya itu nggak ada di studio. Penontonnya live secara online! Makanya ini disebut Live Online Audience (LOA). Para peserta LOA biasanya muncul di layar yang terdapat di belakang tempat duduknya guest star. 

Layar yang menampilkan peserta LOA. Sumber: @ongslove

Ada sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan teman-temanku ketika tau aku kepilih buat LOA: kok bisa? Caranya gimana?

Caranya gampang banget! Pokoknya follow sosmednya After School Club Arirang. Nanti di sana bakal ada info siapa yang jadi guest star hari Selasa nanti. Setelah itu bakalan ada formulir buat daftar jadi LOA. Tinggal isi formulir tersebut dan tunggu kabar. Kalau kepilih, nanti akan ada e-mail pemberitahuan. Biasanya hari Minggu. 

Daftarnya gampang, tapi kepilihnya itu yang nggak gampang karena pastinya harus saingan sama 100-an lebih orang. Makanya aku seneng banget karena udah kepilih. :')

Hari H

After School Club biasanya disiarkan secara live pada hari Selasa pukul 13.04 waktu Korea (pukul 11.04 WIB). Peserta LOA dikirimin link buat live dua jam sebelum acara (pukul 9 pagi WIB). Live-nya memakai Google Hangout. Jadi pastikan kamu punya akun Google dulu, ya! 

Aku udah stand by sejak pukul 9 pagi. Ketika masuk ke link hangout, baru ada satu orang yang udah stand by. Awalnya tatap-tatapan awkward gitu. Trus akhirnya dia memulai chat duluan. Kenalan, deh. Wkwk. Trus mendekati mulainya acara, satu persatu peserta LOA udah online. 

Ohya, ada satu aturan yang harus dipatuhi pas jadi LOA: pastikan mic-nya di-mute biar nggak ganggu peserta LOA lainnya. Soalnya aku pas live lupa nge-mute mic trus diomelin sama yang lain huhuhu. I'm so sorry :(

Pas acaranya udah mulai, selain aku aktif di hangout, aku juga buka link streaming live-nya. Link-nya itu biasanya Youtube dan V app. Aku lebih senang pakai Youtube, sih. Nggak terlalu lemot soalnya. 

Hangout sambil nonton live ASC. Jangan lupa mute mic-nya!
And I enjoyed the show! 

Sempat kecewa, sih, karena aku nggak dapat kesempatan buat tampil di layar LOA. Cuman beberapa orang aja yang berhasil terpampang di layar. Channel hangout-nya lama banget baru diganti. Jadi semua yang ikutan LOA nggak kebagian jatah buat tampil di layar. Hilanglah kesempatan buat eksis di TV Korea. Lol. 



Tapi nggak apa-apa, deh. Bisa ikut online juga udah seneng banget. Pokoknya lain kali mau nyoba lagi, deh. Semoga nanti lebih berutung, ya! Selamat mencoba juga bagi yang mau nyoba~ ^^


Sosial media After School Club
Facebook: After School Club
Twitter: @arirang_ASC
Instagram: arirang_asc

2 komentar:

  1. lah keren bisa jadi loa-nya asc episode Jung Sewoon :" btw i'm Sewoon biased nih xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi sewoon biased ;)
      samaa aku udah suka sewoon sejak PR video. seneng banget bisa ikut loa-nya hehehe. semoga kamu bisa ketemu sewoon-nya langsung yaak

      Hapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...