Rabu, 18 Oktober 2017

7 Kuliner di Cirebon Ini Punya Kelezatan yang Sulit Dilupakan

(sumber : serenamix.com)
Aku udah pernah cerita kalo aku sering banget ganti domisili. Maklum, anak rantau. Mulai dari selatan Pulau Kalimantan, ke Jawa bagian barat dan timur, sampai ujung utara Pulau Sulawesi. Masing-masing daerah memiliki keunikan kulinernya tersendiri, membuktikan bahwa daerah-daerah Indonesia emang kayak akan kuliner. Tak terkecuali di Cirebon.
Cirebon merupakan kota yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat sehingga sering dijadikan tempat persinggahan. Pengendara yang melakukan perjalanan ke arah Timur atau Barat kerap kali mampir ke kota udang ini. Namun, siapa sangka, kawasan tersebut menyimpan kekayaan wisata kuliner! Nggak cuman tahu gejrot aja, lho. Konon, aroma dan kelezatan masakan di kota ini membuat ketagihan.
Kota Walisongo ini memiliki puluhan sentra kuliner hampir di seluruh kecamatan. Berikut ini tujuh rekomendasi kuliner terbaik di Cirebon yang bisa kamu cicipi.

1.       Mi Koclok Plered
Bosan dengan mi rebus biasa? Cobalah menyantap sepiring mi koclok di kawasan Plered, Kabupaten Cirebon. Kuliner tersebut memberikan sensasi rasa gurih dengan menambahkan kuah santan. Tak ketinggalan, sajian dilengkapi kecambah, kol, daun bawang, irisan ayam, serta setengah butir telur. Ketika disantap dalam keadaan hangat, makanan ini semakin terasa nikmat.
2.       Nasi Jamblang Ibu Nur
Nasi jamblang merupakan salah makanan khas Cirebon yang tersohor di Nusantara. Keunikan santapan ini, yaitu disajikan menggunakan daun jati. Isinya berupa nasi dan lauk-pauk, seperti perkedel kentang, sambal goreng tempe, serta cumi saus hitam. Untuk mencicipinya, Anda bisa mampir ke warung nasi jamblang Ibu Nur. Setiap hari, tempat ini ramai disambangi penikmat kuliner.
3.       Docang Plered
Umumnya, oncom dage dianggap sebagai makanan beracun atau limbah. Namun, orang Cirebon berhasil mengolah dage menjadi bahan dasar docang. Santapan tersebut disajikan bersama lontong, daun singkong, parutan kelapa, taoge, serta taburan kerupuk. Kamu bisa mengunjungi kawasan Plered untuk menemukan kuliner ini. Harganya hanya Rp5.000-6.000 per porsi.


4.       Bakso Mang Sam
Jajanan bakso mungkin tidak asing lagi bagi pencinta kuliner daerah. Jika ke Cirebon, sempatkan menyambangi daerah pangkalan di Kecamatan Plered. Kamu akan menemukan makanan bakso Mang Sam dengan kelezatan tanpa tanding. Mulai dari rasa bakso hingga olahan bumbunya. Sajian bakso tersebut ditawarkan dalam dua bentuk, yaitu kering dan basah.
5.       Es Doger Pasar Kanoman
Tak jauh dari Keraton Kanoman, kamu bisa menemukan penjual es doger. Jajanan khas Cirebon ini populer hingga ke ibu kota Jawa Barat. Meskipun penyajiannya sederhana, es doger memiliki rasa gurih dan segar. Isi es tersebut antara lain, santan, tape, susu, ketan hitam, dan sagu mutiara. Selain itu, ada tambahan es serut berwarna merah sehingga tampilannya semakin menggoda selera.
6.       Empal Gentong Mang Mul
Tidak dimungkiri, empal gentong merupakan kuliner yang paling diburu wisatawan. Selain rumah makan H. Apud, empal gentong Mang Mul juga tak kalah lezat. Warung kaki lima ini terletak di belakang Hotel Sunyaragi Indah. Untuk menikmati semangkuk empal gentong, kamu hanya perlu membayar Rp10.000-15.000.
7.       Wedang Ronde di Alun-Alun Cirebon
Alun-alun Kota Cirebon tidak hanya menjadi tempat berkumpul, tetapi juga pusat kuliner. Wedang ronde merupakan salah jajanan yang kerap kali disantap oleh pengunjung. Minuman ini berisi air jahe, irisan roti, bulatan ketan aneka warna, serta kacang. Selain itu, terdapat aroma cengkeh yang sangat menyegarkan. Lebih nikmat jika disantap dalam keadaan hangat.
Itulah 7 tempat wisata kuliner di Cirebon yang layak dikunjungi. Tentunya melahap semua makanan ini nggak cukup cuman satu hari. Kalau kamu bukan orang Cirebon dan pengen bersinggah untuk icip-icip makanannya, tentunya kamu perlu banget tempat penginapan murah. Serahkan aja pada Airy! Situs ini menyediakan hotel murah di Cirebon dengan fasilitas mumpuni, seperti TV kabel, WiFi, dan pendingin ruangan.


Proses pemesanan kamar pun sangat mudah; tinggal membuka situs web atau aplikasi Airy melalui smartphone. Untuk melunasi biaya booking, bisa lewat transfer ATM, gerai Indomaret, atau kartu kredit.
Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, jelajahi wisata kuliner di Indonesia dan percayakan akomodasinya pada Airy! ;)

13 komentar:

  1. bikin ngileeerrr.. pengen bakso & es doger, sayang kurang poto2nya mbaa :D kl ada poto2nya pasti bikin tambah ngileer hihihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk makasih masukannya mba, tapi tanpa foto juga udah bikin ngiler kan? hehehe

      Hapus
  2. wahhh saya paling suka empal gentong tuhh..nikmatnya tiada duanyaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap mba (y)
      coba kuliner lain juga boleh biar lebih jos hehe

      Hapus
  3. semuanya pasti enak dan sayangnya saya gk bisa ngerasain :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan kapan2 datang aja ke cirebon mas :)

      Hapus
  4. Yang nomor 1 kok kayaknya aneh ya? Mi kocok tapi pakai santan. Gimana rasanya? Hmmm *membayangkan*

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan2 kalo beli mie kocok kasih santan sendiri mungkin biar nyoba dulu sebelum ke cirebon XD

      Hapus
  5. Kuliner cirebon yang aku suka empal gentong mba rasanya masih terngiang2 selalu saking enak atau aku yang lebay wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbaa soal lidah itu kalo udah nemu yang enak suka kebayang2 pastinya :')

      Hapus
  6. Coba dikasih gambar semuanya, Teh, biar gak penasaran..hehe
    Jadi pengen coba kuliner khas Cirebon nih..

    Btw, salam kenal ya, Teh..

    BalasHapus

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...