Senin, 01 Januari 2018

10 Lagu Terbaik Seventeen 2017 versi Asamelon


Aku bersemangat banget ketika mau menyambut tahun 2017. Soalnya kalo di-bahasa inggris-kan jadinya: two thousand aaaand SEVENTEEN! Yap, mentang-mentang boiben favorit namanya pake angka 17. Jadi apa-apa yang 17 pasti nyangkutnya ke Seventeen yang kpop.

Nah, 2017 ini menurutku tahunnya Seventeen, sih. Kalo dilihat dari perolehan award emang nggak sesangar tahun kemaren. Cuman kalo dilihat dari lagu-lagu yang diproduksi, sumpah, makin KECE! Tahun ini Seventeen cuman ngeluarin dua album yang terdiri atas satu mini album (Al1) dan satu full album (Teen, Age). Tapi strategi marketing-nya nyata sekali. Album Al1 memiliki 3 versi dan album Teen, Age punya 4 versi. Trus di album Al1 ada dua lagu yang cuman ada di CD alias nggak ada versi digitalnya (lagu legalnya, lho) jadi mau nggak mau harus beli CD-nya kalo pengen denger dua lagu tadi huhuhu. 

Walaupun begitu aku nggak nyangka banget Seventeen berani mengeksplor warna musik yang baru. Feel-nya juga baru. Seventeen udah merambah ke ranah EDM. Trus di albumnya juga semua member bener-bener dikasih kesempatan buat stand out! Jadi di beberapa lagu, yang biasanya cuman kebagian part beberapa detik bisa berpuas diri.


Untuk konsep promosinya, karena Seventeen udah punya duit, ya, gede-gedean. Ada total 7 official MV yang keluar tahun ini. Bahkan pas mau comeback Al1 teasernya itu satu member satu video! Di US lagi syutingnya. Maapkeun sekarang Audi nggak pernah lagi bahas MV. Kuliah padet T.T

Untuk lirik lagunya sendiri, Seventeen lagi-lagi ngegombal dengan bilang kalo lagunya dibikin sambil mikirin Carat. Huhuhu. Tapi kalo emang didengerin lagi, aku personally tersentuh, sih. Ada lagu yang sampai bikin aku mewek padahal aku belum ngerti liriknya. Apalagi kalo sambil baca liriknya. Hiks.

Langsung aja, berikut 10 lagu terbaik Seventeen 2017 versi Ayam Saus Melon. Mulai dari peringkat 10 yaa...

CAUTION AND SPOILER

Karena yang nulis ini sukanya vocal team, jadi maapkeun yak kalo list ini banyakan isinya vocal hehe.


10. Hello


AKHIRNYA LAGU INI RILIS JUGA! Yang ngikutin Seventeen Project pasti familiar. Lagu ini dibawakan oleh DK, Jun, dan Mingyu waktu dapat misi self-producing dengan member yang di-mix dari semua unit. Konsepnya itu sweet and lovely. Trus kalo misalnya kebanyakan lagu Seventeen itu ada campur tangan Woozi, lagu ini surprisingly di-compose sendiri oleh DK (dibantu Bumzu) serta liriknya ditulis DK, Jun, dan Mingyu.  


9. Change Up



Inget banget, ini MV rilis dua hari setelah konser Diamond Edge di Jakarta. Soalnya waktu konser si Hoshi berkali-kali promosi (sekalian ngasih spoiler juga wkwk). Lagu ini mengawali rangkaian Seventeen Project Chapter 2 yang merupakan prolog sebelum full album Teen, Age dirilis. Yang menyanyikan lagu ini adalah tiga orang leader dari masing-masing unit, yaitu S.coups, Woozi, dan Hoshi. Menurutku lagunya lumayan catchy. Hoshi juga udah mulai merambah dunia rap di sini.


8. Flower 



Di album Teen, Age, Seventeen banyak melakukan kolaborasi dengan sesama member. Salah satunya dengan membentuk unit mix seperti yang pernah dilakukan di album Love & Letter. Salah satu lagu mix unit favoritku adalah Flower. Lagu ini dinyanyikan oleh S.coups, Jeonghan, Wonwoo, The8, Seungkwan, dan Dino.


7. Crazy in Love


Kita udah sampai ke peringkat ke-7! Setelah dari tadi kita ngomongin lagu-lagu dari album Teen, Age, sekarang kita beralih ke album Al1. Salah satu lagu favoritku adalah Crazy in Love, yang juga ditampilkan selama promosi Don’t Wanna Cry. Kalo denger lagu ini, aku ingatnya sama bulu yang dipegang Wonwoo karena itu menurutku random banget dijadiin koreo. XD


6. 입버릇 (Habit)


Oke, waktunya ngomongin vocal team! Ada lagu berjudul 입버릇 (Habit) yang berhasil mendapatkan perhatianku dan nangkring di peringkat 6. Lagu ini merupakan salah satu track di album Al1. Lagi-lagi vocal team menyanyikan lagu ballad dengan sedih. Emang kalo Woozi yang nulis lirik, mah, dibikin baper mulu L Yang membuatku tertarik, di antara lirik lagunya ada “haha hoho”-nya. Ini lagunya kayak ada story telling-nya. 


Waktunya kita ngeliat 5 besar!

Dan peringkat ke-5 jatuh kepada......



5. 모자를 눌러 쓰고 (Without You)


Ternyata peringkat ini diisi oleh 모자를 눌러 쓰고 (Without You) yang merupakan side track di album Teen, Age. Kalo untuk performance-nya sendiri pertama kali nontonnya waktu Mnet Present. Waktu awal lagu ini mulai, kita bakalan ngeliat pose yang similiar banget. Yap, pose itu juga merupakan pose penutup di lagu Don't Wanna Cry! Nantinya pose terakhir dari lagu ini juga bakalan menjadi pembuka untuk lagu Clap! Dengan kata lain, lagu ini adalah jembatan antara dua title track di album Seventeen yang rilis tahun 2017. Yoksi, ini kerjaannya si Hoshi dan segenap performance team yang bertugas. *angkat topi*

Biar lebih clear, penampilannya bisa dilihat di sini:


Yang aku suka dari performance-nya Without You, instead of nampilin koreografi yang powerful kayak di lagu lain, Seventeen bisa lebih fokus buat menyampaikan emosi yang ada dalam lagu ini dengan koreografi yang minimalis. Salut!

  
 4. 캠프파이어 (Campfire)



Ini juga lagu yang manis~~ Feel-nya itu kayak lagu Healing. Lagu yang bakalan ngademin ketika lagi ngerasa hectic. Makanya bisa masuk ke posisi 4. Dari denger intro yang ada suara gitarnya itu, aku udah suka. Ketika mendalami arti dari lirik lagunya, aku ngerasa geer. Soalnya lagu ini kayak bener-bener dibikin buat fans. Hoshi pernah ngomong pas Vapp kalo dia pengen konsep konsernya nanti menyerupai campfire, kayak camping dengan ditemani api unggun sambil berkumpul bersama para member dan fans. Menurutku, kalian lebih akan relate sama lagu ini kalo kalian jadi fans-nya Seventeen. 

Kita akan masuk ke tiga besar! 

Dugudugudugudug..........

Dan peringkat ketiga diduduki oleh.......



3. 울고 싶지 않아 (Don't Wanna Cry)



Akhirnya title track kita muncul juga! Yup, MV lagu ini bener-bener dinantikan banget karena (1) teaser-nya mewah; (2) syutingnya di Amerika; (3) katanya ada audisi buat nyari 13 orang cewek yang bakalan jadi model MV ini makanya penasaran banget siapakah cewek-cewek beruntung tadi yang bisa bersanding dengan oppa-oppa kita. Halah.

Terlepas dari MV-nya, lagunya sendiri bener-bener beda banget dari lagu Seventeen yang sebelum-sebelumnya. Biasanya selalu bright, yang ini malah bikin galau. Trus biasanya, kan, ada kalo title track ada salam pembuka kayak "Seventeeeeen~" atau "Seventeen-teen-teen", nah di lagu ini nggak ada blas. Trus rapper-nya dipaksa nyanyi alias nggak ada rap-nya. Trus lagu ini biarpun syuting di US liriknya full Bahasa Korea. 

Lalu, apakah dengan perubahan feel lagunya tadi, koreografinya juga loyo? Ternyata tidak! Malah sangat-sangat-sangat powerful dan tersinkronisasi dengan baik sampai level kayaknya-kalo-orang-lain-ngecover-dance-lagu-ini-nggak-bakalan-bisa-menyamai-penyanyi-aslinya. Bahkan pas dijadiin double speed di Weekly Idol juga mereka tetap sinkron! Kayaknya kalo mereka ikut lomba LBB bisa jadi kandidat juara satu, deh!


Ohya, pas lagu ini rilis, banyak yang berpendapat kalo lagu ini mirip sama lagunya Chainsmoker. Mungkin karena EDM kali, ya. 


Oke, kita beralih ke peringkat kedua.

Dan runner-up untuk lagu Seventeen tahun ini adalah.....




2. 바람개비 (Pinwheel)


TERNYATA YANG MENJADI RUNNER-UP ADALAH LAGUNYA VOCAL TEAM!

Udah diingetin di awal, kan, ya?

Ini, nih, lagu yang bikin aku mewek biarpun aku nggak tau artinya apa :') Lagu ini adalah side track dari album Teen, Age. Vocal team kembali menyanyikan lagu ballad yang, seperti biasa, liriknya ditulis oleh Woozi. Entah kenapa kalo Woozi yang nulis lagunya, pasti liriknya sangat puitis dan menyentuh. Woozi sendiri pernah bilang kalo dia menumpahkan perasaan itu susah banget kalo diungkapkan dengan kata-kata. Tapi kalo nulis lagu, wuih, lancar banget! Makanya lahirlah lagu ini.

Dan buat aku, dari semua lagu yang pernah dinyanyiin sama Joshua, dia paling cocok sama lagu ini *subjective at its level*

Tbh, karena adanya rumor kalo Seventeen bakalan dark concept, aku sebenarnya jadi kurang antusias buat menyambut comeback. Tapi lagu ini bikin aku ter-trigger buat tetap optimis menatap album barunya Seventeen yang ternyata lagunya worth listening semua. Elah.


Daaan tibalah saatnya mengumumkan peringkat pertama!


Pasti udah bisa nebak, sih.



Dan lagu itu adalah....



Tak lain dan tak bukan....





adalah.........


1. 박수 (CLAP)


TERNYATA SONG OF THE YEAR-NYA SEVENTEEN ADALAH CLAP! Seventeen right here! *Tepuk tangan*

Lagu ini merupakan title track dari album Teen, Age. Durasinya cuman sekitar 2 menit 48 detik serta menjadi title track paling singkat buat Seventeen. Ohya, sebelum lagunya rilis, ada rumor yang beredar, lho, kalo Seventeen bakalan comeback dengan dark concept. Seketika aku agak nggak rela buat melepas imej remaja 20 tahunan yang ceria dan enerzetik ala Seventeen. Trus konsep itu didukung juga sama teaser foto ala-ala bad boy. And I was like, duh, siap-siap aja buat ngeliat sisi lain Seventeen (yang sebenarnya nggak mau cepet-cepet aku liat itu). 

Daaaaan ternyata itu cuma clickbait, pemirsa! Nyatanya konsepnya malah balik lagi ke Seventeen yang ceria dan enerzetik disertai dengan MV yang colorful! *sujud syukur* Itu bikin aku bener-bener senang nggak ketulungan sehingga lagu ini pas awal rilis berhasil aku putar on repeat saking senengnya. 

Bagi yang ngikutin Seventeen dari awal debut, pas liat MV lagu ini pasti banyak bernostalgia sama lagu-lagu sebelumnya. Yap, konsep MV-nya ini adalah konsep di dalam konsep alias conception (concept + inception, hehehe). Ceritanya Seventeen atau SVT ini berubah jadi perusahaan pembikin video bernama Specialized Videotape Technology Inc. Makanya di sini kayak behind the scene-nya semua video Seventeen. Kalo MV-nya diulas seru pokoknya. Banyak teori yang beredar. Bisa dicari sendiri, ya! ;) Pokoknya buat aku MV ini adalah MV terbaiknya Seventeen. 

Intro lagu ini agak nge-rock gimana gitu, ya. Ini juga didukung dengan koreografi yang powerful dan singkron seperti biasanya. Point dance-nya pun sederhana: tepuk tangan. Jadi tiap aku tepuk tangan, aku ingat sama Seventeen. 

Fanchant-nya juga! Duh, itu Seventeen ngebikin fanchant kayak nyodorin lagu rap. Tapi karena fanchant yang challenging itulah aku jadi nggak sabar buat menantikan Seventeen buat konser lagi di Tangerang Selatan Jakarta. Yeah! 

Mengenai lirik lagunya, aku kira lagunya cerita soal cinta-cintaan kayak zaman Adore U sampai Boom Boom. Ternyata lagu ini liriknya juga bikin nyaman! Kayak mereka itu pengen bilang kalo kita lagi menghadapi hal yang buruk, kita itu nggak sendirian. Yuk, ngumpul dan tepuk tangan! 


Nah, itu tadi 10 Lagu Terbaik Seventeen versi Ayam Saus Melon. Jika ditelusuri lagi, selain merambah ranah musik baru, Seventeen juga berusaha ngebikin para pendengarnya jadi nyaman dengan liriknya. Semoga tahun depan Seventeen tetap bisa berkarya, ya! 

Dan kalo kalian punya versi sendiri mengenai lagu Seventeen di tahun 2017 ini, sok atuh dikomen~ ;)

Baca juga:


BONUS!

言行一致 (언행일치) [UNHAENGILCHI!]


Ini adalah Mixtape Vol. 14. Mencuri hatiku sejak Diamond Edge di Jakarta. Belum masuk album, sih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...