Belajar Apa Hari Ini?


Ujian akhir semester telah usai. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, pasti setelahnya ada waktu nganggur minggu remedial sekaligus waktu buat nunggu liburan. Pastinya ini jadi aku pake buat maraton drama atau film, atau buat hiburan lainnya. Namun, sering aku merasa bersalah kalo misalkan waktu luangnya tidak aku gunakan untuk lebih produktif. Untungnya ada sesuatu--lebih tepatnya seseorang--yang bikin aku tertarik buat belajar hal-hal baru.

Baca juga: Studying is Bored, Learning is Fun.

Akhir-akhir ini aku lagi suka sama boyben Korea yang namanya The Boyz. Berawal dari nonton dance-nya Q, sampai pada akhirnya aku jadi nonton beberapa acara mereka yang lain dan jadi kenal semua membernya. Nah, di antara 12 orang member The Boyz, perhatianku teralihkan ke Kevin.


Kok kayaknya Audi mudah banget ngefans sama orang ya? Wkwk.

Yagimanaya, semakin aku memperbanyak referensi tontonan The Boyz, semakin banyak pula aku menemukan sisi charming dari Kevin. Sama halnya ketika aku jadi suka nonton film-filmnya Christoper Nolan gara-gara ngefans sama Im Youngmin, Kevin juga bikin aku jadi ingin mencoba beberapa hal. Berhubung lagi banyak waktu luang, maka hal-hal di bawah inilah yang mulai aku pelajari:

1. Masak

Sesungguhnya kata 'Audi' dan 'memasak' itu susah banget digabungin dalam satu kalimat. Saking nggak bisanya. Mulai dari SD sampai kuliah, ketika masak, pasti ada aja yang diketawain sama orang. Mulai dari cara megang pisau sampai ngupas duku. Saking nggak bisanya. Pernah juga aku curhat mengenai masak-memasak di blog ini, tepatnya pas Hari Kartini. Bisa dibaca di sini.

Kemudian aku random nonton videonya The Boyz. Ada acara ketika mereka punya waktu luang di dorm. Trus si Kevin, bersama Juyeon dan Younghoon, memilih buat masak di dapur. Kevin memilih buat nyoba bikin no bake cheesecake.


Selain di video itu, sebenarnya bakat memasaknya Kevin itu udah keliatan dari variety 'Flower Snack' ketika The Boyz disuruh buka toko snack dan Kevin ditunjuk sebagai kepala chef-nya. Selain itu, di variety 'The 100' Kevin juga dipercayain buat memandu teman-temannya untuk masak makan malam, biarpun agak failed. LOL.

Setelah ngeliat bakatnya Kevin tadi, entah kenapa aku jadi kepengen masak sesuatu. Nah, kebetulan waktu itu lagi hot-hotnya berita Kai - Jennie, yang gosipnya kenalan gara-gara sandwich Inkigayo. Akhirnya aku tertarik buat bikin sandwich-nya sekaligus penasaran gimana rasanya sayur salad dan kombinasi kentang-telur-crab stick dipadukan dengan selai stroberi dalam satu gigitan.

Begini hasilnya.

Seharian kenyang!
Komentar tester, "Kentangnya belum mateng."

Oke.

Kemudian aku juga iseng pengen bikin cheesecake juga. Cuman mungkin beda sama Kevin ya. Aku bikinnya di box bekal plastik gitu, trus juga pake Oreo. Kirain bakalan mulus banget masaknya seperti yang di tutorial. Eh, adonan cheesecake-nya malah gosong :(

Adonan gosong

Fotonya kurang cantik, pokoknya gini hasilnya
Tapi pas aku kasih ke tester, dia ternyata doyan sama makanannya. Gosongnya nggak berasa, katanya. Alhamdulillah. Aku sendiri juga doyan tbh wkwk. Well, semoga nanti pas bikin lagi bisa jadi lebih perfect, ya, masakannya.


2. Doodling dan Kaligrafi

Ini sebenarnya hal yang udah lamaaaaaaaa banget pengen aku pelajari. Cuman sering banget terlupakan karena tugas-tugas kuliahku lebih urgent. Ea. Ketika aku nonton beberapa videonya Kevin dan tau kalo dia jago gambar, keinginanku buat mempelajari ini jadi terpacu lagi.

Credit on pic
Aku senang gambar sebenarnya. Cuman aku masih belum terlalu kreatif. Orang yang emang udah terlatih banget itu imajinasinya udah main jadi tinggal sret-sret-sret, jadi deh. Sedangkan aku masih liat-liat Pinterest dulu buat nemuin inspirasi pengen gambar apa. Akhirnya aku mencoba beberapa. Inilah hasilnya. Feel free to judge.




3. Dasar-dasar Musik

Sebenarnya aku ngerasa bodo amat kalo dengerin musik. Gimanapun nadanya, melodinya, atau apanya, yang penting enakeun kalo didengerin. Gitu. Namun, ada beberapa waktu ketika aku mulai punya banyak pertanyaan soal musik. Kok orang ini bisa mash up lagu ini sama itu? Kok kayaknya satu line lagu itu selalu 8 hitungan? Kok ada orang yang kalo denger lagu bisa langsung tau kunci yang dipake? Serta beberapa pertanyaan lainnya.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut aku biarkan mengambang sampai akhirnya aku nonton ini.


Another question: KOK BISAAA???

Bagi yang nggak ngerti mereka lagi ngapain, mereka lagi ngedance dari satu buah lagu utama yang di-mix dengan lagu-lagu random, sedangkan mereka harus tetap fokus ngedance lagu utamanya. Misalkan kita mau nari Saman. Lagu utamanya lagu Aceh. Tapi lagu Aceh tersebut nanti akan di-mix sama lagu-lagu Sunda, Jawa, Papua, Minahasa, dan lain-lain. Challenge-nya: kita harus tetap menari Saman dengan lagu Aceh walaupun nanti lagunya ganti-ganti. Untuk itu awareness terhadap beat lagu utama itu sangat diperlukan biar challenge-nya sukses.

Member lain ngasih testimoni kalo Kevin itu beat-nya bagus. Makanya daripada dia ikut ngedance, dia bantu teman-temannya dengan menghitung beat kayak metronom jalan. Akhirnya itu bikin aku penasaran buat belajar dasar-dasar musik, walaupun aku nggak main alat musik apapun. Sembari mengingat pelajaran musik yang pernah aku dapat waktu SMP, sih.

Btw, another Kevin also triggered me to learn music. Kevin-nya itu adalah Kevin temannya Umu yang memandu channel Youtube ReacttotheK. Channel reaction itu paling aku suka karena react-nya itu nggak sembarangan, pake dasar pengetahuan tentang musik juga. Karena itulah biar aku bisa nyambung sama apa yang mereka omongin, aku jadi belajar dasar-dasar musik.

Ini sampel dari videonya.



Selain Kevin The Boyz, Joshua dan kawan-kawannya di Seventeen juga bikin aku belajar puisi akrostik. Ini sudah dibahas di postingan Mengenal Puisi Akrostik (Acrostic Poem) bersama Joshua.

Setelah belajar beberapa hal tersebut, ada satu garis besar yang aku temukan: everything is not as easy as it seems. Kirain masak, mah, tinggal belah, potong, campur gitu-gitu, ternyata ada tekniknya juga biar masakannya jadi perfect. Trus soal gambar menggambar juga perlu banyak latihan lagi supaya bisa lebih smooth. Belajar musik juga ternyata harus dibangun dari basic dulu supaya tercipta musik yang enak didengar. Yap, setiap bidang yang dipelajari itu punya kesulitannya masing-masing.

Terima kasih buat Kevin yang sudah mensponsori waktu nganggurku.

Jadi, mau belajar apa hari ini? ;)




Notes
This post is dedicated to Kevin Moon from The Boyz. I scheduled this exactly at 00.00 KST on his birthday (February 23rd, 2019). Besides, I want to tell the readers that Kpop is not only about spending money on fangirling, shouting oppa's name, or any other negative things that has become stereotype among the netizen. But it also about how they can give impact to someone's life. 


Sumber




Belajar Apa Hari Ini? Belajar Apa Hari Ini? Reviewed by Audia Azani on Februari 22, 2019 Rating: 5

1 komentar:

Thanks for coming! ^^
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam.

Diberdayakan oleh Blogger.